Sukses

Piala Dunia 2022: Volume Perdagangan Token Penggemar Melonjak

Liputan6.com, Jakarta - Ketertarikan pada mata uang kripto jenis token penggemar, biasanya dikaitkan dengan tim olahraga dari berbagai cabang olahraga misalnya sepak bola. Volume perdagangan dari fan token atau token penggemar meningkat semenjak gelaran Piala Dunia FIFA 2022 digelar.

Dilansir dari Channel News Asia, Rabu (30/11/2022), menurut Kaiko, sebuah perusahaan data kripto yang berbasis di Paris, volume perdagangan harian rata-rata untuk token ini telah meningkat menjadi sekitar USD 300 juta (Rp 4,7 triliun) pada November dari USD 32 juta (Rp 503,2 miliar) pada bulan sebelumnya.

Kapitalisasi pasar keseluruhan untuk koin penggemar melonjak menjadi USD 401 juta pada akhir pekan pembukaan Piala Dunia, dari USD 256 juta sekitar 10 hari sebelumnya, menurut data dari CoinGecko, tetapi sejak itu turun kembali di bawah USD 300 juta.

Untuk beberapa pembeli, token ini menawarkan kesempatan untuk terlibat dengan tim dukungan mereka dan mendapatkan keuntungan seperti kesempatan untuk memenangkan hadiah dan memberikan suara pada lagu yang diputar di pertandingan. Bagi yang lain, koin yang dapat diperdagangkan memberikan peluang investasi baru.

Token tim Argentina yang beranggotakan Lionel Messi merosot 25 persen menjadi USD 5,26 menyusul kekalahan mengejutkan tim dari Arab Saudi dalam pertandingan pembukaan Piala Dunia mereka. 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Koin Cristiano Ronaldo Melonjak

Kemudian token itu telah turun 22 persen lagi sejak kemenangan tim berikutnya atas Meksiko membawa kelegaan bagi penggemar.

Koin Cristiano Ronaldo-nya Portugal naik 119 persen menjadi USD 7 dalam 10 hari menjelang turnamen tetapi kemudian terus kehilangan hampir setengah nilainya meskipun tidak terkalahkan dan berada di puncak grup, yang dimenangkannya untuk mencapai babak sistem gugur.

Demikian pula, di sepak bola klub, token Arsenal telah turun 12,5 persen sejak awal musim menjadi USD 1,68 meskipun mereka berhasil naik ke puncak Liga Utama Inggris.

Kelesuan pasar kripto yang lebih luas sebagian menjadi penyebab penurunan harga, menurut para peneliti yang mengatakan aset-aset yang tidak stabil itu layu karena investor menghindari risiko.

3 dari 4 halaman

Jelang Piala Dunia 2022, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi Jajaki NFT

Sebelumnya, gelaran Piala Dunia FIFA 2022 semakin dekat, hal unik yang terjadi pada gelaran piala dunia tahun ini adalah kontribusi aset digital yang semakin memeriahkan pertandingan sepak bola antar negara ini. 

Belum lama ini, salah satu pesepak bola ternama di dunia, Cristiano Ronaldo, mengumumkan peluncuran koleksi Non Fungible Token (NFT) miliknya sendiri. Koleksi CR7 NFT akan dirilis pada 18 November, di platform Binance NFT. Binance pertama kali mengumumkan kemitraan dengan Cristiano Ronaldo pada Juni 2022.

Bintang sepak bola itu mengatakan peluncuran koleksi NFT untuk semakin dekat dengan para penggemarnya. 

"Hubungan saya dengan para penggemar sangat penting bagi saya, jadi gagasan untuk menghadirkan pengalaman dan akses yang belum pernah terjadi sebelumnya melalui platform NFT ini adalah sesuatu yang ingin saya ikuti. Saya tahu para penggemar akan menikmati koleksinya seperti saya,” kata Ronaldo, dikutip dari BeinCrypto, Jumat (18/11/2022).

 

4 dari 4 halaman

Lionel Messi Investasi di Sorare

Meskipun begitu, belum ada detail lebih lengkap banyak dari koleksi NFT Ronaldo. Namun, para penggemar dapat melihat koleksi NFT dalam waktu dekat. Beberapa penggemar sangat senang dengan peluncuran tersebut.

Lionel Messi berinvestasi di Sorare

Legenda sepak bola Argentina, Lionel Messi, tidak berada di belakang saingannya Ronaldo dalam mendapatkan eksposur ke Web3 dan NFT. Menurut laporan CNBC, Lionel Messi bergabung dengan permainan kartu perdagangan NFT Prancis Sorare sebagai investor dan duta merek.

“Kami percaya Messi akan membantu kami menetapkan standar baru dalam cara kami melakukan ini, dan kami berharap dapat membagikan konten baru dan pengalaman penggemar yang telah kami kolaborasikan segera,” kata salah satu pendiri Sorare, Nicolas Julia.

Ini bukan kali pertama Messi terjun memasuki industri Web3. Tahun lalu, saat bergabung dengan Paris Saint Germain, dia menerima token PSG, token penggemar klub, sebagai bonus penandatanganan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS