Sukses

Saham Pertukaran Kripto Coinbase Tergelincir ke Posisi Terendah Sepanjang Masa

Liputan6.com, Jakarta - Saham pertukaran cryptocurrency Coinbase (COIN) yang berbasis di AS mencapai harga terendah sejak perusahaan go public pada April 2021. COIN turun menjadi USD 40,62 (Rp 639.391) pada Senin, 21 November 2022 turun 10 persen dan 39 persen pada November 2022. 

Penurunan saham Coinbase ini karena investor mundur dari aset digital, sebagian berkat kejatuhan dari kebangkrutan kripto exchange FTX. Saham Coinbase sempat diperdagangkan sedikit di atas USD 400 tahun lalu pada saat perusahaan go public di Nasdaq, yang ternyata menjadi titik tertinggi mereka. 

Pada saat itu setidaknya satu ahli memperingatkan investor harus memasang sabuk pengaman mereka dan mengharapkan perjalanan yang liar.

Tahun lalu, harga bitcoin (BTC) naik ke rekor tertinggi mendekati USD 69.000 pada November 2021, tetapi pasar kripto telah jatuh sejak saat itu, seperti halnya saham Coinbase. Saham tersebut telah kehilangan lebih dari 80 persen nilainya tahun ini, berkinerja buruk di sebagian besar mata uang kripto.

Analis pasar senior Oanda Edward Moya mengatakan saham Coinbase tidak bisa istirahat. 

“Bursa cryptocurrency utama belum meyakinkan investor bahwa harga sahamnya akan stabil seperti beberapa kripto top lainnya karena skeptisisme investor tentang perdagangan di bursa tumbuh,” ujar Moya dikutip dari CoinDesk, Selasa (22/11/2022). 

Obligasi yang diterbitkan oleh Coinbase juga turun pada bulan November karena selera investor terhadap kripto merosot setelah kebangkrutan FTX memicu penularan di seluruh industri. 

Obligasi Coinbase turun 15 persen nilainya bulan ini dan diperdagangkan pada 50 sen dolar, menurut perusahaan data Finra-Morningstar.

“Coinbase memiliki eksposur kecil ke FTX, tetapi sebagian besar kelemahan baru-baru ini berasal dari kekhawatiran banyak pedagang kripto mungkin memilih penyimpanan dingin daripada menyimpan uang di bursa,” kata Moya. 

Moya menambahkan, Coinbase memiliki jalan yang sulit sampai investor memiliki kejelasan lebih lanjut tentang cadangan perusahaan dan paparan aset kripto lainnya.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Harga Kripto Selasa Pagi 22 November 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto jajaran teratas lainnya bergerak di zona merah pada perdagangan Selasa (22/11/2022). Mayoritas kripto jajaran teratas cenderung melemah.

Berdasarkan data Coinmarketcap, Selasa, 22 November 2022, harga kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar bitcoin (BTC) berada di zona merah dalam 24 jam terakhir. Harga bitcoin susut 2,82 persen. Dalam sepekan terakhir, harga bitcoin terpangkas 4,4 persen. Saat ini, harga bitcoin berada di posisi USD 15.801,95 atau sekitar Rp 248,70 juta (asumsi kurs Rp 15.739 per dolar AS).

Demikian juga harga ethereum (ETH) cenderung tertekan dalam 24 jam terakhir. Harga ethereum susut 2,34 persen. Selama sepekan terakhir, harga ethereum susut 9,7 persen. Kini, harga ethereum berada di posisi USD 1.112,65 atau sekitar Rp 17,50 juta.

Selanjutnya, harga binance coin (BNB) merosot 3,55 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga BNB terpangkas 8,68 persen. Saat ini, harga BNB berada di posisi USD 254,61 atau sekitar Rp 3,99 juta.

Sementara itu, harga XRP bergerak di zona hijau. Harga XRP naik 1,24 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga XRP merosot 2,6 persen. Kini, harga XRP berada di posisi USD 0,3659.

 

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Harga cardano bergerak di zona merah selama 24 jam terakhir. Harga cardano susut 2,34 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga cardano terpangkas 8,39 persen. Saat ini, harga cardano berada di posisi USD 0,3046.

Demikian juga harga dogecoin (DOGE) cenderung melemah. Harga dogecoin tersungkur 3,1 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga cardano tergelincir 13,66 persen. Kini, harga dogecoin berada di posisi USD 0,07474.

Sementara itu, harga polygon (Matic) turun 0,94 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga polygon susut 13 persen. Saat ini, harga polygon berada di posisi USD 0,7983.

Stablecon coin cenderung menguat. Salah satunya tether (USDT). Harga tether naik 0,02 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga tether naik 0,01 persen. Kini, harga tether berada di posisi USD 0,9991.

USD Coin (USDC) justru melemah. Harga USDC melemah 0,02 persen dalam 24 jam terakhir. Harga USDC turun 0,03 persen selama sepekan terakhir. Saat ini, harga USDC berada di posisi USD 1,00.

Harga binance USD (BUSD) juga berada di zona merah. Harga binance USD tergelincir 0,04 persen dalam 24 jam terakhir.  Dalam sepekan terakhir, harga BUSD terperosok 0,05 persen. Kini, harga BUSD berada di posisi USD 1,00.

4 dari 4 halaman

Jalankan Skema Ponzi Kripto, Manajer Investasi di Ohio Ditangkap

Sebelumnya, seorang manajer investasi berusia 27 tahun, Rathnakishore Giri yang tinggal di New Albany, Ohio, ditangkap pada Jumat (18/11/2022) atas tuduhan kriminal karena menjalankan penipuan investasi cryptocurrency yang mengumpulkan setidaknya USD 10 juta atau sekitar Rp 156,4 miliar dari investor. 

Dilansir dari CoinDesk, Sabtu (19/11/2022), menurut siaran pers Departemen Kehakiman, Giri diduga menyesatkan investor dengan mempromosikan dirinya sebagai pedagang kripto ahli dengan spesialisasi turunan bitcoin. 

Menurut surat dakwaan, Giri secara tidak benar menjanjikan pengembalian yang menguntungkan kepada investor atas uang yang mereka investasikan dengannya, tanpa risiko terhadap kepala sekolah. 

Pada kenyataannya, dia menggunakan dana dari investor sebelumnya untuk melunasi investor baru dalam pengaturan skema Ponzi klasik. Giri didakwa dengan lima dakwaan penipuan kawat dan menghadapi hukuman maksimal 20 tahun sebelumnya untuk setiap dakwaan jika terbukti bersalah.

Pada Agustus 2022, Commodities Futures and Trading Commission (CFTC) AS mengeluarkan perintah gencatan dan penghentian terhadap Giri dan dua perusahaannya, menuduh dia menipu investor lebih dari USD 12 juta dan berusaha membuat Giri membayar kembali investornya. 

CFTC menuduh Giri menggunakan uang investor untuk mendanai gaya hidup mewah jet pribadi, persewaan kapal pesiar, dan lainnya. 

Di tengah siklus kripto yang disebut dengan crypto winter, masih banyak aktor jahat yang memanfaatkan aset kripto untuk kepentingan pribadi. Mereka seolah-olah menjadi ahli investasi kripto dan mengumpulkan dana dari masyarakat. 

Pada praktiknya, mereka tidak benar-benar berinvestasi pada kripto melainkan memberikan dana investor bari kepada investor lama dalam perekrutan skema ponzi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.