Sukses

Bursa Kripto FTX Bangkrut, Gemini, BlockFi, hingga Genesis Kena Getahnya

Sejumlah perusahaan terkait kripto terkena dampak kebangkrutan FTX.

Liputan6.com, Jakarta - Imbas kebangkrutan FTX minggu lalu, unit pemberi pinjaman dari bank investasi kripto Genesis Global Trading menghentikan pembuatan dan penebusan pinjaman baru, perusahaan mengumumkan dalam serangkaian cuitan pada Rabu, 16 November 2022.

Mengutip CNBC, Kamis (17/11/2022), dengan pinjaman bank melayani basis klien institusional dan dikenal sebagai Genesis Global Capital. Pada akhir kuartal III, Genesis memiliki total pinjaman aktif lebih dari USD 2,8 miliar, menurut situs web perusahaan.

"Kami menyadari betapa menantang minggu terakhir ini karena dampak dari berita FTX. Di Genesis kami sepenuhnya fokus untuk melakukan semua yang kami bisa untuk melayani klien kami dan menavigasi lingkungan pasar yang sulit ini. Prioritas #1 kami adalah melayani klien kami dan menjaga aset mereka," tulis Genesis dalam tweet, dikutip Kamis (17/11/2022).

Kemudian, pada Rabu pagi, bursa Winklevoss brothers’ Gemini mengatakan sedang menghentikan penarikan pada akun Earn berbunga sebagai hasil dari perubahan Genesis. Genesis adalah mitra pemberi pinjaman untuk program itu.

"Kami bekerja sama dengan tim Genesis untuk membantu pelanggan menebus dana mereka dari program Earn secepat mungkin. Kami akan memberikan lebih banyak informasi dalam beberapa hari mendatang,” kata Gemini. 

Gemini juga mencatat perubahan tersebut tidak memengaruhi produk dan layanan Gemini lainnya.

Sekitar tengah hari waktu setempat, muncul laporan layanan Gemini sedang offline. Perusahaan mengatakan mengalami pemadaman layanan web Amazon di salah satu basis data utamanya dan sedang bekerja untuk mengembalikan pertukaran.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

BlockFI Dikabarkan Ajukan Kebangkrutan

Genesis Trading, yang bertindak sebagai broker/dealer Genesis Global Capital, dikapitalisasi secara independen dan dioperasikan secara terpisah dari unit peminjaman tersebut, menurut CEO interim Derar Islam kepada pelanggan melalui telepon pada Rabu, dikutp dari CoinDesk.

"Bisnis perdagangan spot dan derivatif dan kustodian kami tetap beroperasi penuh. Terkait pinjaman, prioritas nomor satu kami adalah melayani klien kami dan menjaga aset mereka. Oleh karena itu, kami telah mengambil keputusan sulit untuk menangguhkan sementara penebusan dan pinjaman baru dalam bisnis pinjaman. Kami bekerja dengan rajin untuk menopang likuiditas yang diperlukan untuk memenuhi kewajiban klien pemberi pinjaman kami," kata Juru bicara Genesis.

Keputusan tersebut mencerminkan tanda penularan di luar BlockFi, yang dilaporkan sedang mempersiapkan pengajuan kebangkrutan potensial, menurut The Wall Street Journal.

Pemberi pinjaman cryptocurrency telah menghentikan penarikan simpanan pelanggan dan mengakui memiliki "eksposur signifikan" terhadap pertukaran kripto FTX yang sekarang bangkrut dan rumah perdagangan saudaranya, Alameda Research.

The Journal, mengutip orang-orang yang mengetahui masalah ini, menambahkan BlockFi juga berencana untuk memberhentikan lebih banyak pekerjanya karena bersiap untuk kemungkinan pengajuan Bab 11, meskipun perusahaan berhenti mengatakan bahwa sebagian besar asetnya disimpan oleh FTX.

Perwakilan dari BlockFi tidak segera menanggapi permintaan komentar.

3 dari 4 halaman

FTX Ajukan Kebangkrutan

Pertukaran cryptocurrency Sam Bankman-Fried FTX mengajukan perlindungan kebangkrutan Bab 11 di AS minggu lalu, menurut pernyataan perusahaan yang diposting di Twitter. Bankman-Fried juga mengundurkan diri sebagai CEO dan digantikan oleh John J. Ray III, meskipun kepala yang keluar akan tetap membantu transisi.

Sekitar 130 perusahaan afiliasi tambahan adalah bagian dari proses, termasuk Alameda Research, firma perdagangan kripto Bankman Fried, dan FTX.us, anak perusahaan AS perusahaan.

Dalam hitungan hari, FTX berubah dari valuasi USD 32 miliar menjadi bangkrut karena likuiditas mengering, pelanggan menuntut penarikan, dan saingan pertukaran Binance merobek perjanjian tidak mengikatnya untuk membeli perusahaan. 

Pendiri FTX Bankman-Fried mengakui minggu lalu bahwa dia "f---ed up."

FTX mungkin memiliki lebih dari 1 juta kreditur, menurut pengajuan kebangkrutan yang diperbarui pada Selasa, mengisyaratkan dampak besar dari keruntuhannya pada pedagang kripto.

 

 

4 dari 4 halaman

Terdampak FTX, Platform Pinjaman Kripto SALT Bekukan Penarikan

Sebelumnya, platform pinjaman kripto SALT mengatakan sedang menghentikan penarikan. SALT menjadi perusahaan yang menghentikan penarikan terdampak dari runtuhnya pertukaran kripto FTX.

"Runtuhnya FTX berdampak pada bisnis kami," kata CEO SALT, Shawn Owen dalam pesan yang dikirim ke konsumen, dikutip dari Decrypt, Rabu (16/11/2022).

Pengumuman melanjutkan, SALT akan menentukan sejauh mana dampak ini dengan perincian spesifik yang akurat secara faktual. Maka dari itu, perusahaan telah menghentikan sementara setoran dan penarikan pada platform SALT.

SALT Lending diluncurkan pada awal 2018, memungkinkan pemilik cryptocurrency mengambil pinjaman menggunakan kripto mereka sebagai jaminan. Dengan begitu, pengguna dapat menerima pinjaman tunai tanpa menjual kepemilikan kripto mereka.

Pada September 2020, SALT Lending terjerat kasus oleh Securities and Exchange Commission dengan tuduhan menjual sekuritas yang tidak terdaftar dan diperintahkan untuk membayar kembali USD 47 juta (Rp 731,8 miliar) yang dikumpulkannya dalam Initial Coin Offering (ICO) pada 2017.

Owen mengatakan, perusahaan bekerja dengan rajin dengan para mitranya untuk mengamankan jalur yang jelas ke depan dan berencana untuk setransparan mungkin. 

"Tanpa gagasan yang jelas tentang aset dan liabilitas, peminjam dan pemberi pinjaman sama-sama tidak dapat menilai risiko pihak lawan dengan tepat, yang merupakan pendorong keputusan utama untuk menyebarkan modal ke pasar uang,” ujar Owen.

Dalam suratnya kepada pelanggan, SALT mengatakan akan menggunakan deposit on-chain tetapi sangat disarankan untuk tidak menyetor lebih banyak dana ke akun pelanggan sampai perusahaan dapat meyakinkan mereka tentang rencana masa depannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.