Sukses

Inflasi AS Picu Bitcoin Tembus Rp 354,3 Juta

Liputan6.com, Jakarta - Laporan Indeks Harga Konsumen (CPI) AS pada Juli menjadi musik indah bagi pasar sekaligus investor kripto. Laporan tersebut mengirim harga bitcoin lebih tinggi beberapa menit setelah Departemen Perdagangan AS menerbitkan pembacaan inflasi Juli. 

Laporan ini menunjukkan harga turun pada tingkat yang sedikit lebih rendah dari yang diperkirakan sebagian besar analis.  Bitcoin baru-baru ini diperdagangkan di sekitar USD 23.850 atau sekitar Rp 352,1 juta, naik hampir 3 persen selama 24 jam terakhir.

Cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar sebelumnya berhasil melewati ambang USD 24.000 atau sekitar Rp 354.3 juta. 

Pasar jelas merasa lebih berharap Federal Reserve AS berhasil dalam upayanya untuk menjinakkan inflasi tanpa memasukkan ekonomi ke dalam resesi, dan dapat meningkatkan suku bunga pada tingkat yang lebih moderat di pertemuan berikutnya pada September.

Ethereum menembus angka USD 1.800 untuk kedua kalinya dalam tiga hari, meningkat lebih dari 8 persen dibandingkan hari sebelumnya. Kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar telah mendapatkan momentum bahkan tanpa berita CPI. 

Blockchain Ethereum mendekati proses penggabungan yang diharapkan, yang akan mengubah protokol dari proof-of-work ke model proof-of-stake yang lebih hemat energi. 

Analis pasar kripto di jaringan investasi sosial eToro, Simon Peters mengatakan pasar kripto tidak hanya diam dalam merespon data seperti ini. 

“Laporan mendorong harga kripto lebih tinggi meskipun tidak ke level yang lebih tinggi secara radikal daripada beberapa hari terakhir,” ujar Peters dikutip dari CoinDesk, Kamis (11/8/2022). 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Saham Naik

Kripto lagi-lagi berkorelasi ketat dengan ekuitas AS. Indeks ekuitas utama, yang sebagian besar telah dilacak oleh kripto sepanjang tahun, menikmati berita CPI dengan Nasdaq dan S&P 500 yang sarat teknologi masing-masing naik hampir 3 persen dan 2,1 persen. 

Investor sekarang didorong Federal Reserve akan menaikkan suku bunga 50 basis poin daripada 75 poin yang lebih agresif yang tampaknya merupakan opsi yang lebih mungkin. Probabilitas tingkat target bahkan sebelum CPI telah menggeser peluang 68 persen dari kenaikan 75 basis poin menjadi 38 persen.

Berita Industri Kripto

Sementara itu, industri kripto mengalami campuran berita baik dan buruk yang didominasi Coinbase (COIN) setelah rilis hasil kuartal kedua yang mengecewakan dari raksasa pertukaran kripto itu.

JPMorgan Chase mencatat beberapa tanda positif bagi perusahaan bahkan selama kuartal yang penuh tantangan. Namun dalam laporan triwulanannya, Coinbase mengungkapkan pihaknya sedang diselidiki oleh regulator sekuritas AS atas proses daftar tokennya serta program taruhannya dan produk yang menghasilkan hasil.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Kamis Pagi 11 Agustus 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang seragam pada perdagangan Kamis, 11 Agustus 2022. Mayoritas kripto kembali menguat setelah sempat melemah 1 hari terakhir.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Kamis (11/8/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menguat 3,32 persen dalam 24 jam terakhir dan 3,07 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 23.970 per koin atau setara Rp 353,9 juta (asumsi kurs Rp 14.766 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga kembali menguat pagi ini. Selama 24 jam terakhir, ETH melesat 8,85 persen dan 13,66 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.860 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) turut naik. Dalam 24 jam terakhir BNB naik tipis 0,93 persen dan 9,07 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 328,48 per koin. 

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Kemudian Cardano mengikuti jejak kripto lainnya yang menguat. Dalam satu hari terakhir ADA menguat 3,68 persen dan 5,76 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,5363 per koin.

Adapun Solana (SOL) juga meroket pagi ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL terbang 3,72 persen dan 7,62 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 42,17 per koin.

XRP kembali pulih pada perdagangan pagi ini. XRP menguat 3,03 persen dalam 24 jam terakhir dan 2,00 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3807 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama melemah 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya kembali ke level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam kembali menguat ke level USD 1,1 triliun, dari sebelumnya berada di kisaran USD 1 triliun. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.