Sukses

Harga Kripto Hari Ini Selasa 12 Juli 2022: Bitcoin Cs Kompak Melemah

Pasar kripto kembali melemah pada perdagangan Selasa (12/7/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang seragam pada perdagangan Selasa, 12 Juli 2022. Pergerakan harga pasar kripto kembali tertahan di zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Selasa (12/7/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) melemah 3,21 persen dalam 24 jam, tetapi menguat 1,15 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 20.112 per koin atau setara Rp 301,8 juta (asumsi kurs Rp 15.010 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga kembali melemah pagi ini. Selama 24 jam terakhir, ETH turun 4,71 persen dan 2,05 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.108 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) turut tertahan di zona merah. Dalam 24 jam terakhir BNB anjlok 2,54 persen dan 0,53 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 227,16 per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) pagi ini harus kembali melemah. Dalam satu hari terakhir ADA melemah 5,18 persen dan 5,22 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,4396 per koin.

Adapun Solana (SOL) turut melemah pagi ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL turun 7,41 persen dan 5,58 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 34,05 per koin.

XRP juga masih terkoreksi pagi ini. XRP terkoreksi 2,16 persen dalam 24 jam terakhir dan 2,85 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3167 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama melemah 0,01 persen. Dengan begitu membuat USDT berada di level USD 0,9992 dan USDC dihargai USD 1,00.

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,16 persen dalam 24 jam terakhir, yang membuat harganya bertahan di level USD 1,00

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam terakhir kembali turun cukup besar yaitu di level USD 896,4 miliar dari sebelumnya di level USD 933,5 miliar.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kripto Kembali Melemah, Analis Sebut Pergerakan Harga Bakal Bergejolak

Sebelumnya, pasar kripto melemah sepanjang akhir pekan, dengan bitcoin sempat kembali jatuh ke USD 20.000 atau sekitar Rp 299,6 juta. Pada senin pagi, Bitcoin sempat menyentuh USD 21.000, tetapi tak lama kembali turun ke level USD 20.000. 

Sampai saat ini, beberapa analis menyematkan USD 17.000 sebagai level dukungan pasar utama. CEO BitBull Capital DiPasquale mengungkapkan masih melihat pergerakan harga kripto akan terus berombak beberapa waktu ke depan.

"Penawaran yang lebih kuat di sekitar level USD 17.000, jika bitcoin jatuh di sana lagi, akan menjadi sinyal yang kuat untuk kenaikan dan mungkin mengindikasikan pembentukan potensi bawah di sekitar harga itu,” kata DiPasquale dikutip dari CoinDesk, Senin (11/7/2022). 

Para investor minggu ini akan mengamati pembacaan indeks harga konsumen AS terbaru, yang diharapkan akan rilis pada Rabu mendatang. Laporan tersebut dapat mempengaruhi ekspektasi pasar atas langkah Federal Reserve selanjutnya, pada pertemuan akhir bulan ini; pada pembacaan terakhir, inflasi adalah yang tercepat dalam empat dekade.

Satu poin pertimbangan, laporan Jumat lalu tentang pertumbuhan lapangan kerja AS di pada Juni telah meredakan beberapa kekhawatiran negara dalam resesi; yang seharusnya memudahkan The Fed untuk melanjutkan kenaikan suku bunga 75 basis poin (0,75 poin persentase), atau tiga kali lebih cepat dari siklus kenaikan suku bunga sebelumnya.

Soal hal ini, analis pasar senior Oanda, Ed Moya mengatakan minggu lalu, jika inflasi memberikan kejutan kenaikan lainnya, pertemuan September dapat melihat ekspektasi sepenuhnya dihargai dalam kenaikan suku bunga setengah poin tetapi itu bisa dengan mudah naik ke 75 basis poin.

3 dari 4 halaman

Begini Prospek Pasar Kripto di Tengah Dominasi Sentimen Negatif

Sebelumnya, pergerakan market kripto sejak awal Juli 2022, tidak cukup memuaskan. Selama akhir pekan lalu, sejumlah aset kripto berkapitalisasi besar atau big cap masih bergerak di bawah level resistance-nya. Meskipun sempat menguat, secara keseluruhan kripto masih berada di kisaran harga yang telah ditempati sejak lama. 

Misalnya Bitcoin dalam meskipun menguat, harganya masih terjebak di kisaran USD 20.000 atau sekitar Rp 299,5 juta. Walaupun ada penguatan tinggi, sejauh ini Bitcoin hanya bisa menyentuh USD 21.000.

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono menjelaskan pergerakan kripto ke depan berdasarkan analisis data on-chain dan sisi teknikal, aset kripto masih berpotensi melemah cukup dalam, meskipun level harga aset kripto saat ini terbilang sideways atau datar. 

"Pergerakan pasar kripto sejatinya mengikuti sentimen investor secara umum yang tengah menghindari risiko, sama seperti yang tercermin dari pelemahan di pasar saham AS," ujar Afid kepada Liputan6.com, Selasa, 5 Juli 2022.

4 dari 4 halaman

Sisi Teknikal

Sampai saat ini, investor yakin ekonomi AS sesegera mungkin akan masuk ke jurang resesi. Mereka juga takut pertumbuhan ekonomi AS bakal makin terjerembab mengingat bank sentral AS, The Fed, berkali-kali menegaskan kekukuhannya untuk mengerek suku bunga acuan demi mengekang inflasi.

"Dari sisi teknikal, Bitcoin saat ini memiliki support terdekat di level USD 17.700 dengan resistance terdekat di USD 21.051. Namun, terlihat pekan ini investor masih bersikeras untuk mempertahankan harga BTC tidak anjlok di bawah USD 19.000,” kata Afid.

Namun, menurut Afid jika melihat volume trading pada pekan ini tampak masih anjok yang cukup dalam, sehingga semakin besar pula potensi BTC untuk melanjutkan pelemahannya dan menguji level support kuatnya di USD 15.500 dalam jangka panjang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.