Sukses

Harga Ethereum Hari Ini Selasa 28 Juni 2022

Riwayat transaksi Ethereum mengungkapkan tidak dapat kehilangan level dukungan USD 1.100.

Liputan6.com, Jakarta - Pergerakan pasar aset kripto masih terlihat datar dalam beberapa waktu terakhir. Harga kripto melemah di tengah tipisnya volume trading di akhir pekan. 

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Selasa (28/6/2022) siang, Ethereum, kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar, berada di harga USD 1.180 atau sekitar Rp 17,4 juta. 

Ethereum melemah 3,11 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih menguat 5,29 persen dalam sepekan. Meskipun begitu, Ethereum masih berada pada level yang sama yang telah dipegangnya selama seminggu terakhir, karena investor melanjutkan pendekatan hati-hati mereka terhadap aset berisiko. 

Dilansir dari Crypto Briefing, Indikator Tom DeMark (TD) Sequential baru-baru ini menyajikan sinyal jual pada grafik sembilan jam Bitcoin dan Ethereum. Meskipun BTC dan ETH menukik tajam setelah perkembangan teknis, belum ada pelanggaran yang jelas terhadap support atau resistance.

Riwayat transaksi Ethereum mengungkapkan tidak dapat kehilangan level dukungan USD 1.100. Menembus zona permintaan vital seperti itu dapat memicu aksi jual lain yang mengirim ETH ke USD 600. Oleh karena itu, penting bagi Eter untuk menembus penghalang resistensi USD 1.320 untuk memiliki peluang untuk naik menuju USD 1.700.

Prospek ekonomi makro sejauh ini masih tidak terlihat menguntungkan karena kekhawatiran resesi meningkat. Untuk alasan ini, sangat penting untuk menunggu penutupan yang menentukan di bawah resistance atau di atas support untuk memasuki pasar. 

Meskipun beberapa metrik menunjukkan bagian bawah sudah dekat, mungkin ada lebih banyak pergerakan ke bawah sebelum pada akhirnya tren berbalik.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Harga Kripto Selasa Pagi 28 Juni 2022

Sebelumnya, harga kripto jajaran teratas termasuk bitcoin masih melanjutkan koreksi pada Selasa (28/6/2022). Bahkan mayoritas kripto jajaran teratas lainnya betah di zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Selasa pagi, 28 Juni 2022, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, bitcoin (BTC)  turun 1,39 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, harga bitcoin menguat 2,07 persen dalam sepekan. Saat ini, harga bitcoin berada di posisi USD 20.848,15 atau sekitar Rp 308,76 juta (asumsi kurs Rp 14.811 per dolar AS).

Sementara itu, ethereum melemah tipis selama 24 jam terakhir. Harga ethereum melemah 0,65 persen. Dalam sepekan, harga ethereum menguat 9,09 persen. Kini, harga ethereum berada di posisi USD 1.204,60 atau sekitar Rp 17,83 juta.

Harga binance coin (BNB) juga masih berkutat di zona merah dalam 24 jam terakhir meski turun tipis. Harga BNB turun 0,18 persen. Selama sepekan, harga BNB melompat 9,37 persen. Saat ini, harga BNB di posisi USD 235,18.

Selain itu, harga XRP juga tergelincir 1,31 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan, harga XRP melesat 10,72 persen. Saat ini, harga XRP berada di posisi USD 0,3555.

 

3 dari 5 halaman

Harga Kripto Lainnya

Harga cardano (ADA) susut 0,59 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga cardano naik tipis 0,90 persen. Kini, harga cardano ditransaksikan di posisi USD 0,4899.

Harga kripto jajaran teratas lainnya yang lesu yaitu solana. Harga solana (SOL) tergelincir 2,35 persen dalam 24 jam terakhir. Akan tetapi, selama sepekan, harga solana melejit 11,78 persen. Saat ini, solana ditransaksikan di posisi USD 38,81.

Harga dogecoin (DOGE) anjlok 1,34 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, selama sepekan, harga dogecoin bertambah 21,90 persen. Saat ini, harga dogecoin ditransaksikan di posisi USD 0,07277.

Stablecoin seperti tether juga masih melemah. Harga tether susut 0,03 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga tether berada di zona hijau. Kini, harga tether di posisi USD 0,9991.

Sementara itu, USD Coin (USDC) berada di zona hijau dalam 24 jam terakhir. Harga USDC naik 0,02 persen. Namun, selama sepekan, harga USDC melemah terbatas 0,02 persen. Saat ini, USDC di posisi USD 1,00.

Harga binance USD (BUSD) menguat 0,09 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan, harga BUSD naik 0,25 persen. Saat ini, harga binance USD di posisi USD 1,00.

4 dari 5 halaman

Perusahaan Kripto Ini Gagal Bayar Pinjaman Rp 9,9 Triliun

Sebelumnya, perusahaan dana lindung nilai kripto terkemuka Three Arrows Capital dilaporkan telah gagal membayar pinjaman senilai lebih dari USD 670 juta atau sekitar Rp 9,9 triliun. 

Pialang aset digital Voyager Digital mengeluarkan pemberitahuan pada Senin pagi, yang menyatakan dana tersebut gagal membayar kembali pinjaman sebesar USD 350 juta dalam stablecoin USDC dan 15.250 bitcoin yang dipatok dolar AS, senilai sekitar USD 323 juta dengan harga hari ini.

Krisis solvabilitas 3AC terjadi setelah berminggu-minggu karena gejolak di pasar kripto, yang telah menghapus nilai ratusan miliar dolar. [Bitcoin ](crypto "")dan eter keduanya diperdagangkan sedikit lebih rendah dalam 24 jam terakhir, meskipun jauh dari tertinggi sepanjang masa. 

CEO Voyager, Stephen Ehrlich mengatakan akan mengejar pemulihan dari 3AC (Three Arrows Capital). Untuk sementara, broker menekankan platform terus beroperasi dan memenuhi pesanan dan penarikan pelanggan. 

Jaminan itu kemungkinan merupakan upaya untuk menahan ketakutan akan penularan melalui ekosistem kripto yang lebih luas.

“Kami bekerja dengan rajin dan cepat untuk memperkuat neraca kami dan mengejar opsi sehingga kami dapat terus memenuhi permintaan likuiditas pelanggan,” kata Ehrlich, dikutip dari CNBC, Selasa (28/6/2022). 

Pada Jumat, Voyager mengatakan memiliki sekitar USD 137 juta dalam dolar AS dan memiliki aset kripto. Perusahaan juga mencatat mereka memiliki akses ke uang tunai USD 200 juta dan revolver USDC, serta revolver 15.000 bitcoin (USD 318 juta) dari Alameda Ventures.

5 dari 5 halaman

Risiko Penularan?

Three Arrows Capital masih menghadapi krisis kredit yang diperburuk oleh berlanjutnya tekanan pada harga mata uang kripto. Sementara itu, Federal Reserve AS telah mengisyaratkan kenaikan suku bunga lebih lanjut dalam upaya untuk mengendalikan inflasi yang merajalela.

3AC, yang merupakan salah satu hedge fund terbesar yang berfokus pada kripto, telah meminjam sejumlah besar uang dari berbagai perusahaan dan berinvestasi di sejumlah proyek aset digital yang berbeda. Itu telah memicu kekhawatiran penularan lebih lanjut di seluruh industri.

Wakil presiden pengembangan perusahaan dan internasional di pertukaran kripto Luno, Vijay Ayyar menjelaskan masalah ini disebabkan nilai aset 3AC yang telah menurun secara besar-besaran dengan pasar, jadi secara keseluruhan, bukan pertanda baik.

“Yang harus dilihat adalah apakah ada pemain besar yang tersisa yang terpapar, yang dapat menyebabkan penularan lebih lanjut,” ujar Ayyar. 

Sampai saat ini sejumlah perusahaan kripto menghadapi krisis likuiditas karena kemerosotan pasar. Bulan ini, perusahaan pemberi pinjaman Celsius menghentikan penarikan untuk pelanggan, dengan alasan kondisi pasar yang ekstrem.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.