Sukses

Mengenal Jaringan Serum yang Dikembangkan Miliarder Kripto Sam Bankman-Fried

Serum didirikan oleh Sam Bankman-Fried yang merupakan CEO pertukaran derivatif cryptocurrency FTX.

Liputan6.com, Jakarta - Serum adalah pertukaran terdesentralisasi (DEX) dan ekosistem yang membawa kecepatan tinggi dan biaya transaksi rendah ke keuangan terdesentralisasi (DeFi) yang dibangun di atas blockchain Solana.

Menurut informasi dari situs Coinmarketcap, Serum diciptakan untuk menghilangkan kerentanan di ranah DeFi saat ini yang ada karena desentralisasi yang tidak lengkap. Ia mengklaim sepenuhnya terdesentralisasi dan berjalan di bursa non-penahanan dengan dukungan perdagangan lintas rantai dan tidak ada persyaratan KYC.

Solana adalah blockchain skala web yang dapat mencapai 50.000 transaksi per detik. Ini dicapai melalui fungsi penundaan yang dapat diverifikasi, yang dikenal sebagai rantai hash SHA 265, yang memungkinkan kontrol bersamaan yang optimis.

Serum dikembangkan oleh Serum Foundation, yang didukung oleh sekelompok ahli dalam cryptocurrency, perdagangan, dan keuangan terdesentralisasi. Proyek ini juga mendapat dukungan dari sejumlah besar perusahaan. Serum juga memiliki token kripto utilitas di jaringannya yang disebut SRM Coin.

Siapa Pendiri Serum?

Serum didirikan oleh Sam Bankman-Fried. Dia juga CEO pertukaran derivatif cryptocurrency FTX dan salah satu pendiri perusahaan perdagangan kuantitatif Alameda Research. Bankman-Fried juga bekerja sebagai direktur pengembangan untuk The Center for Effective Altruism dan sebagai pedagang di Jane Street.

Bankman-Fried lulus dari Massachusetts Institute of Technology dengan gelar sarjana fisika.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keunikan Serum

Apa yang Membuat Serum Unik?

SRM adalah token utilitas yang digunakan dalam ekosistem Serum. Protokol pertukaran lintas rantai memungkinkan pengguna untuk bertukar aset antar blockchain dengan cara yang tidak mempercayai pihak tertentu.

Serum menawarkan buku pesanan batas penuh otomatis terdesentralisasi yang memberi pedagang kendali penuh atas setiap pesanan. Integrasi penuh Ethereum dan Solana membuat Serum lebih cepat dan lebih efisien sekaligus memungkinkannya untuk dapat dioperasikan dengan token ERC20.

Kontrak lintas rantai yang diselesaikan secara fisik memungkinkan penentuan posisi margin yang mudah di DeFi pada aset sintetis. Serum BTC adalah model untuk membuat token berbasis ERC-20 atau Solana untuk Bitcoin (BTC), dan SerumUSD adalah model untuk membuat stablecoin yang dipatok dolar AS terdesentralisasi.

 

3 dari 4 halaman

Harga SRM Coin

Imbalan staking didistribusikan berdasarkan kinerja node, memperhitungkan tindakan on-chain yang penting, seperti memasok riwayat blockchain untuk validasi penyelesaian lintas-rantai.

Pengguna juga dapat mempertaruhkan terhadap node lain. Sebagian dari biaya staking node diberikan kepada pemimpin dan semua node menerima hasil staking. Penghargaan ini ditingkatkan melalui partisipasi produktif dalam tugas-tugas simpul.

Harga SRM

Berdasarkan data Coinmarketcap, Senin (13/6/2022), harga SRM Coin adalah Rp 13.255 dengan volume perdagangan 24 jam sekitar Rp 2,6 triliun.

SRM melemah 0,54 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 110 dengan kapitalisasi pasar Rp 3,4 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sekitar 263,2 juta Qi Coin dari maksimal 10,1 miliar SRM Coin.

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Senin Pagi 13 Juni 2022

Sebelumnya, mengawali pekan ketiga Juni 2022, harga Bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau alami pergerakan harga yang seragam pada Senin pagi, 13 Juni 2022. Mayoritas kripto jajaran teratas yang berhasil menguat tipis kemarin kini kembali melemah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Senin (13/6/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) melemah 5,26 persen dalam 24 jam dan 8,78 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 27.359,60 per koin atau setara Rp 399.8 juta (asumsi kurs Rp 14.614 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga harus kembali melemah hari ini. Selama 24 jam terakhir, ETH ambles 4,71 persen dan 18,98 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.471,22 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin yang masih melemah sejak kemarin. Dalam 24 jam terakhir BNB turun 4,08 persen dan 13,18 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 261,38 per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) juga turut melemah. Dalam satu hari terakhir ADA turun 8,79 persen dan 10,31 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,5154 per koin.

Adapun Solana (SOL) harus melemah pagi ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL melemah 6,87 persen dan 19,53 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 32,06 per koin.

XRP yang sempat menguat beberapa hari, kini harus kembali melemah. XRP melemah 2,96 persen dan 10,83 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3539 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Dengan begitu membuat USDT berada di level USD 0,9991. Sedangkan USDC  dihargai USD 1,00.

Binance USD (BUSD) menguat 0,08 persen dalam 24 jam terakhir. Meskipun begitu, harga BUSD turun sedikit di level USD 0,9994.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.