Sukses

Pasar Kripto Belum Kondusif, Bitcoin Gagal Melesat

Sentimen negatif pasar yang belum mereda membuat harga Bitcoin gagal melesat.

Liputan6.com, Jakarta - Pasar kripto secara keseluruhan belum kondusif pada pekan terakhir Mei 2022. Sepanjang pekan ini, pasar masih bergerak bervariasi, tapi masih terjebak di zona merah atau cenderung bearish.

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono menuturkan, pasar kripto tampak belum bergairah pada pekan akhir Mei ini. 10 aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar atau big cap belum sukses melaju ke zona hijau dalam beberapa hari terakhir.

"Kinerja buruk beberapa aset kripto pada pekan ini disebabkan oleh kondisi pasar yang kurang stabil. Hal itu tercermin dari penguatan nilainya yang cenderung tidak signifikan dan terkesan bikin laju harganya jalan di tempat,” kata Afid dalam keterangan tertulis, Jumat (27/5/2022).

“Kripto bisa melaju kencang asal volatilitas di pasar berisiko mereda dan prospek makroekonomi yang membaik," lanjut Afid.

Afid melanjutkan sentimen negatif pasar yang belum mereda membuat harga Bitcoin gagal melesat. Nilai Bitcoin masih nyaman berada di level terendah sekitar USD 28.000 atau sekitar Rp 408,1 juta dan belum bisa naik, karena selama dua minggu terakhir BTC diperdagangkan dalam kisaran harga USD 30.000.

"Bitcoin tidak bisa stabil sampai Wall Street terlihat tenang. Namun, hal itu tampaknya tak akan terlihat dalam jangka waktu dekat. Dari analisis teknikalnya, BTC akan naik dari level oversold yang dapat mengindikasikan fase pemulihan singkat," ujar Afid.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terra Resmikan Blockchain Baru

Kabar menarik pada pekan ini datang dari Terralabs Form, perusahaan yang bertanggung jawab atas Terra Blockchain (LUNA) siap untuk memperbarui jaringan dan menerbitkan koin baru untuk ekosistemnya. 

Setelah melewati proses voting, akhirnya Terra mencapai persetujuan dengan para investor LUNA untuk membuat blockchain baru.

Dalam jaringan baru nanti, UST tidak akan ada lagi karena Terra tidak memiliki stablecoin lagi. Kemudian, blockchain dan koin yang Terra lama diubah menjadi Terra Classic dengan koin Luna Classic (LUNC) dan UST Classic (USTC).

"Blockchain baru Terra ini menjadi babak baru. Semua akan dimulai dari awal di mana eksositem akan dibentuk kembali. Menarik untuk melihat sentimen pasar terhadap keputusan Terra ini," pungkas Afid.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Jumat Pagi 27 Mei 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau kembali alami pergerakan harga yang kompak pada Jumat pagi, 27 Mei 2022. Mayoritas kripto jajaran teratas harus kembali berada di zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Jumat pagi, 27 Mei 2022, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) melemah tipis 0,56 persen dalam 24 jam dan 1,87 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 29.627,70 per koin atau setara Rp 432,8 juta (asumsi kurs Rp 14.610 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga masih melemah hari ini. Selama 24 jam terakhir, ETH turun 6,33 persen dan 8,35 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.840,08 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin yang sebelumnya menguat, kini kembali melemah. Dalam 24 jam terakhir BNB rontok tipis 4,58 persen tetapi masih menguat 2,99 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 313,25 per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) juga masih melemah pagi ini. Dalam satu hari terakhir ADA merosot 5,84 persen dan 7,20 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,4864 per koin.

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Adapun Solana (SOL) juga masih berada di zona merah. Sepanjang satu hari terakhir SOL melemah 8,07 persen dan 13,02 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 44,67 per koin.

XRP juga masih merosot hari ini. Dalam satu hari terakhir, XRP ambles 2,05 persen dan 4,31 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3987 per koin. 

LUNA kembali melemah setelah kemarin sempat menguat. LUNA ambles 26,50 persen dalam 24 jam terakhir dan 4,32  persen dalam sepekan. Saat ini Terra dihargai USD 0,0001361 per koin.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat, 0,01 persen dan 0,06 persen. Dengan begitu membuat USDT berada di level USD 0,9991. Sedangkan USDC  dihargai USD 1,00.

Binance USD (BUSD) melemah 0,04 persen dalam 24 jam terakhir. Saat ini harga BUSD turun sedikit ke level USD 0,9997 per koinnya. 

Sedangkan Stablecoin Terra, Terra USD (UST) melemah 25,42 persen dalam 24 jam terakhir. Membuat harganya berada di level USD 0,06937.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.