Sukses

Badan Regulasi Kripto Global Bakal Hadir pada 2023

Ashley Alder mengatakan ledakan mata uang digital seperti Bitcoin adalah salah satu dari tiga area utama.

Liputan6.com, Jakarta - Regulator pasar global akan meluncurkan badan regulasi kripto global pada tahun depan untuk mengoordinasikan aturan cryptocurrency dengan lebih baik. 

Ketua Organisasi Internasional Komisi Sekuritas (IOSCO), Ashley Alder mengatakan ledakan mata uang digital seperti Bitcoin adalah salah satu dari tiga area utama yang menjadi fokus otoritas, di samping COVID dan perubahan iklim.

"Jika Anda melihat risiko yang perlu kami atasi, risikonya berlipat ganda dan ada dinding kekhawatiran tentang ini (kripto) dalam percakapan di tingkat institusional," kata Alder, dikutip dari Channel News Asia, ditulis Minggu (14/5/2022) selama konferensi online yang diselenggarakan oleh thinktank OMFIF pada Kamis.

Dia mengutip keamanan siber, ketahanan operasional, dan kurangnya transparansi di dunia kripto sebagai risiko utama yang tertinggal dari regulator. Fokus pada pasar kripto telah meningkat lagi minggu ini di tengah volatilitas yang lebih liar yang telah lama diwaspadai oleh pengawas.

Runtuhnya apa yang disebut 'stablecoin' Terra USD membuat ketua Komite Perbankan Senat pada Rabu mendesak anggota parlemen AS untuk memperkuat peraturan kripto. 

Alder mengatakan kelompok global yang mencoba menyelaraskan aturan kripto jelas diperlukan, menyamakannya dengan berbagai pengaturan yang sudah ada untuk pembiayaan iklim, termasuk satu di bawah kelompok ekonomi terkemuka G20.

"Tidak ada yang seperti itu untuk kripto saat ini. Tapi saya pikir sekarang ini dilihat sebagai salah satu dari tiga C (COVID, iklim dan crypto) jadi itu sangat, sangat penting. Itu sudah menjadi agenda, jadi saya tidak berharap itu menjadi kasus yang sama tahun depan,” kata Alder, yang juga CEO Komisi Sekuritas dan Berjangka Hong Kong.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Stablecoin Terra Jeblok, Begini Respons Menteri Keuangan AS Janet Yellen

Sebelumnya, Menteri Keuangan AS, Janet Yellen menyoroti berita terbaru tentang Stablecoin algoritmik UST yang kehilangan pasak dolarnya beberapa hari ini. Hal itu Yellen sampaikan selama sidang Komite Perbankan Senat, Kamis waktu setempat. 

Yellen fokus pada kesulitan yang sedang berlangsung dari stablecoin UST selama kesaksian di depan panel Senat AS, hanya beberapa jam setelah UST terus turun hingga nilai terendahnya. 

Saat Komite Perbankan Senat menjadi tuan rumah dengar pendapat tentang risiko terhadap stabilitas sistem keuangan AS, Janet Yellen mengatakan kepada para senator, UST "mengalami penurunan dan nilainya menurun."

"Saya pikir itu hanya menggambarkan ini adalah produk yang berkembang pesat, dan ada risiko terhadap stabilitas keuangan, dan kami membutuhkan kerangka kerja yang sesuai," katanya, dikutip dari CoinDesk, ditulis Sabtu (14/5/2022). 

 

3 dari 4 halaman

Atasi Regulasi Kripto

Dia kemudian mengatakan undang-undang untuk mengatasi regulasi kripto akan tepat keluar tahun ini. 

"Mereka tumbuh sangat pesat,” kata Yellen, mengacu pada aset digital. “Mereka menghadirkan jenis risiko yang sama yang telah kita ketahui selama berabad-abad sehubungan dengan bank run,” ujar dia. 

Yellen menambahkan mata uang digital bank sentral di Amerika Serikat dapat memiliki “dampak yang sangat signifikan pada struktur intermediasi keuangan,” meskipun berpotensi memiliki risiko lebih sedikit daripada stablecoin. 

UST mulai turun sejak Senin ketika aksi jual massal memicu volatilitas ekstrem pada harga LUNA dan banyak mata uang kripto utama termasuk Bitcoin (BTC) dan Ether (ETH). 

4 dari 4 halaman

Terra USD Anjlok, SEC Beri Isyarat Pengetatan Aturan Stablecoin

Sebelumnya, seorang pejabat tinggi di Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) memberi isyarat pada Kamis soal aturan yang lebih ketat untuk stablecoin semakin dekat.

Pasar cryptocurrency memiliki nilai keseluruhan sekitar USD 1 triliun atau sekitar Rp 14.623 triliun minggu ini di tengah runtuhnya stablecoin Terra USD dan penurunan stabilitas di Tether, yang saat ini merupakan Stablecoin terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar.

Stablecoin adalah mata uang digital yang nilainya dipatok ke aset tradisional seperti dolar. Mengacu pada peraturan yang lebih ketat, Komisaris SEC, Hester Peirce mengatakan melihat beberapa pergerakan di stablecoin.

"Satu tempat kita mungkin melihat beberapa pergerakan adalah di sekitar stablecoin," kata Peirce, dikutip dari Channel News Asia, Jumat, 13 Mei 2022.

"Itu adalah area yang jelas minggu ini mendapat banyak perhatian," tambah Peirce, menggarisbawahi potensi stablecoin yang dapat digunakan di masa depan di pasar yang dibangun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.