Sukses

Ini Penyebab Meme Coin Makin Populer

Koin meme sebagian besar dikenal sebagai cryptocurrency yang berasal dari meme di internet atau karakteristik lucu.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia telah banyak menyaksikan kemunculan koin dengan sedikit atau tanpa potensi yang mendapatkan daya tarik sangat besar di pasar kripto, salah satunya adalah banyak bermunculan Meme Coin atau koin meme.

Para ahli dalam sebuah acara webinar yang diselenggarakan oleh Huobi Research Institute membahas faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kesuksesan Meme Coin

Huobi Research Institute didirikan pada April 2016. Sejak Maret 2018, telah berkomitmen untuk memperluas penelitian dan eksplorasi berbagai bidang blockchain secara komprehensif. 

Sebagai objek penelitian, tujuan penelitian adalah untuk mempercepat penelitian dan pengembangan teknologi blockchain, mempromosikan penerapan industri blockchain, dan mempromosikan optimalisasi ekologi industri blockchain.

Koin meme sebagian besar dikenal sebagai cryptocurrency yang berasal dari meme di internet atau karakteristik lucu, dan tidak sedikit koin meme memiliki reputasi buruk secara keseluruhan dalam perdagangan kripto.

Namun, pada akhirnya banyak koin seperti itu yang memudar dari mata publik, sehingga tersisa koin meme besar yang masih konsisten bertahan hingga saat ini. 

Kemudian harga yang meroket dari beberapa koin meme menimbulkan pertanyaan yaitu faktor apa saja yang berkontribusi terhadap kesuksesan koin meme

Jawabannya, menurut para ahli dalam webinar yang diselenggarakan oleh Huobi Research Institute adalah terletak pada kombinasi sentimen pro rakyat biasa dan anti elit, yang juga disandingkan dengan aksesibilitas yang tinggi.

Koin meme berbagi beberapa fitur umum seperti ukuran dan harga masuk yang rendah. Idealisme yang mendasari di balik penciptaan dan distribusi mereka sering berfokus pada keadilan dan kesetaraan. 

"Orang-orang menyukai koin meme karena mudah dikenali,” kata Direktur Huobi Research Institute, Flora Li dalam siaran pers, Selasa (8/2/2022). 

Li menambahkan bahwa pembeli koin meme sering terpikat oleh janji untuk menjadi kaya dalam waktu semalam.

"Mereka cenderung memilih koin bernilai rendah, di mana seseorang dapat membeli volume besar dengan sedikit uang, sehingga pendatang baru kripto mendapatkan rasa kepuasan ditambah ilusi bahwa kerugian terburuk juga minimal,” ujar Li.

Menurut Li, koin meme juga mewakili kebangkitan budaya kontra elit. Dunia secara tradisional dikendalikan oleh para elit, sehingga gagasan bahwa sejarah dapat dibuat oleh kekuatan warga biasa sangat menarik bagi banyak orang. 

Co-Chairman of the Singapore Blockchain Association Chia Hock Lai, menjelaskan ada dua syarat yang dapat mendukung keberhasilan koin meme.

“Pertama-tama membutuhkan pasar bull. Kedua, membutuhkan ulasan positif dan dukungan dari influencer, seperti dukungan publik Elon Musk terhadap Dogecoin,” ujar Lai. 

Menurut Lai, dua elemen ini akan menimbulkan kenaikan harga parabola untuk koin meme pada masa yang akan datang. 

 
 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Elon Musk Ingin McD Terima Dogecoin

Sebelumnya, CEO Tesla Inc, Elon Musk yang juga merupakan seorang penggemar Dogecoin terkenal, pada Selasa meminta McDonald's untuk menerima meme coin sebagai bentuk pembayaran yang sah untuk burger dan kentang goreng. 

Miliarder itu menawarkan untuk memberi McDonald's publisitas jika mereka menyetujui proposalnya.

"Saya akan makan happy meal di tv jika @McDonalds menerima Dogecoin," cuitan Elon Musk, Selasa, 25 Januari 2022.

Dilansir dari Nypost, Kamis, 27 Januari 2022, menurut Coinbase.Harga Dogecoin naik lebih dari 7 persen menjadi USD 0,14 atau Rp 2.006 setelah tweet yang ditulis Musk.

McDonald's menanggapi tweet Musk, dengan mengatakan "hanya jika Tesla menerima grimacecoin.” 

Tawaran Musk datang pada McDonald's yang terlihat berulang kali terlibat dengan komunitas kripto di media sosial dalam beberapa hari terakhir. Pekan lalu, McDonald's menanggapi pengguna Twitter yang mengklaim bahwa dia akan makan makanan cepat saji lebih sering jika mereka menerima Dogecoin.

“Kami menghargai mendengar minat Anda dan terus mengevaluasi pengalaman pembayaran,” kata McDonald sebagai tanggapan.

McDonald's juga mereferensikan cryptocurrency pada Senin karena token digital seperti Bitcoin, Ethereum, dan Dogecoin mengalami perubahan harga yang liar. 

Cryptocurrency telah bergejolak dalam beberapa pekan terakhir karena investor memutar kembali investasi berisiko menjelang kenaikan suku bunga yang diharapkan Federal Reserve.

Presiden El Salvador Nayib Bukele membagikan meme dirinya dalam seragam McDonald's saat harga Bitcoin jatuh pada Senin lalu. Di bawah kepemimpinan Bukele, El Salvador menjadi negara pertama yang mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah tahun lalu.

Awal bulan ini, harga Dogecoin melonjak setelah Musk mengumumkan bahwa Tesla akan menerimanya sebagai pembayaran untuk barang dagangan dan produk lainnya di situs webnya. Barang-barang seperti “Cyberquad for Kids” Tesla.

Musk menyebut dirinya sebagai "The Dogefather." tahun lalu, pendiri Tesla mereferensikan Dogecoin selama penampilannya sebagai pembawa acara di “Saturday Night Live.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.