Sukses

[Terima Kasih 2013] Jadi Penulis, Cita-citaku Sejak Dulu

Citizen6, Makassar: Semakin sering muncul pernyataan tentang resolusi atau target apa saja yang sudah dicapai dan yang ingin dicapai nantinya di penghujung tahun 2013. Terkadang, menjelang pergantian tahun, saya sering merenung tentang hasil apa saja yang sudah saya capai selama 12 bulan yang sudah saya lalui. Suka-duka-senang-sedih selalu berganti selama 365 hari berjalan itu. Namun, sebagai manusia biasa, saya sadar bahwa setiap kita akan berada pada titik itu. Tinggal bagaimana kita bangkit dari duka-sedih yang kita alami dan bagaimana memanfaatkan suka-senang yang datang untuk jadi pribadi yang lebih baik.

Sejak lulus SMA kemarin, saya bercita-cita menjadi penulis hebat dan terkenal. Mendaftar di universitas mengambil jurusan bahasa dan sastra, namun hanya berhasil masuk di pilihan kedua: jurusan Manajemen. Namun hal itu tak lantas membuat saya patah semangat. Di sela-sela kesibukan kuliah, saya mengikuti berbagai lomba menulis yang diadakan media-media online atau pun penerbit buku. Satu-dua kali saya ikut, gagal. Ikut lagi, gagal lagi, dan lagi.

Tapi sikap gigih dan pantang menyerah saya akhirnya membuahkan hasil. Puncaknya, seminggu sebelum Ramadan kemarin, tulisan saya berhasil masuk nominasi cerpen terbaik dari lomba yang diadakan sebuah self-publishing besar di Indonesia. Dari ribuan naskah yang masuk, dua naskah saya masuk di antara sekitar 100 naskah terbaik yang dipilih.

Hasil yang memuaskan itu, tak langsung membuat saya cepat puas. Saya terus mengikuti berbagai lomba menulis. Kali ini, saya mencoba menantang diri saya dengan mengikuti lomba yang syarat dan ketentuannya lebih tinggi lagi. Akhirnya, November lalu, satu naskah cerpen saya berhasil menembus salah satu penerbit mayor di Yogyakarta. Terpilih bersama 85 naskah lainnya dan dibukukan dengan judul "buku Berbeda".


Cerpen "Di Tengah Hujan" yang masuk 85 naskah terbaik dalam buku "Ibuku berbeda".

Hasil ini membuat saya semakin bersemangat menulis. Ke depannya, saya berharap bisa menyelesaikan naskah saya dan menerbitkannya di penerbit mayor untuk mewujudkan cita-cita saya sebagai penulis hebat dan terkenal. (mar)

Penulis
Firmansyah
Makassar, immanxxxx@gmail.com

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 3 Desember sampai 13 desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Terima Kasihku untuk 2013". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Pria Meninggal Mendadak di Warung Makan

Tutup Video