Sukses

10 Anime Romantis dengan Kisah Tragis yang Menyedihkan, Jangan Nonton Sendirian!

Dalam dunia anime, terkadang kita menemukan kisah cinta tragis yang menghantui, yang membuat kita berharap bisa mengubah alur ceritanya.

Liputan6.com, Jakarta Ketika berbicara tentang menyentuh hati penonton dan membuat mereka menangis, anime romantis memang memiliki kekuatan yang luar biasa.

Meskipun genre tersebut dipenuhi dengan kisah-kisah cinta yang unik dan berkesan, ada beberapa cerita yang benar-benar memiliki tingkat kesedihannya yang mendalam.

Terkadang, cinta dalam anime tidak berujung bahagia seperti tragedi tak terelakkan menghampiri, atau keadaan takdir yang dapat merenggut kesempatan untuk meraih kebahagiaan.

Dalam dunia anime, terkadang kita menemukan kisah cinta tragis yang menghantui, yang membuat kita berharap bisa mengubah alur ceritanya.

Tentunya, beberapa anime romantis memiliki kemampuan untuk merusak hati secara emosional, dan inilah 10 anime dengan romantis yang paling mengharukan berdasarkan peringkat, melansir dari CBR, Senin (10/06/2024).

10. Nana

Nana adalah salah satu anime yang selalu unggul dalam menghadirkan tema dan narasi yang matang.

Ceritanya berfokus pada dua karakter wanita muda bernama Nana, yang secara tak terduga bertemu dan menjadi teman dekat.

Kedua Nana ini memiliki kepribadian yang sangat berbeda, dan anime ini menggambarkan perjalanan mereka dalam mengejar impian yang penuh dengan tragedi, terutama dalam hal hubungan yang tidak sehat dan kehilangan orang yang dicintai.

Salah satu adegan paling menyedihkan dalam anime ini adalah kematian Ren dan dampaknya yang mendalam pada Nana Osaki.

Di sisi lain, Nana Komatsu mengalami konflik dalam hubungannya dengan Takumi dan merasa kesepian karena kurangnya hubungan yang bermakna.

Kisah cinta yang rumit namun realistis dalam Nana membuatnya menjadi pengalaman menyentuh bagi para penonton yang bisa relate dalam cerita yang sama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

9. Oshi No Ko

Anime breakout tahun 2023 yaitu Oshi No Ko tidak hanya tentang romansa, namun menggambarkan berbagai bentuk cinta yang tragis.

Ceritanya melibatkan plot cinta yang tak biasa dan tersembunyi di balik emosi karakter yang tak terbalaskan.

Awalnya, Ai hamil oleh seseorang yang tak dikenal ketika dia masih muda dan polos. Namun, terungkap bahwa dia sebenarnya mencintai orang tersebut. Namun, situasi membuat mereka berpisah, dan Ai harus terpaksa melahirkan anaknya di tempat terpencil.

Di sisi lain, Aqua, yang merupakan penggemar berat Ai dalam kehidupan sebelumnya, bereinkarnasi sebagai putranya. Cinta atau obsesinya pada Ai jauh lebih kompleks daripada cinta seorang anak pada ibunya.

Selain itu, karakter lain seperti Kana Arima juga terperangkap dalam perasaan yang menyakitkan karena mencintai Aqua, namun sadar bahwa perasaannya tidak akan pernah terbalas.

Secara keseluruhan, cerita ini menggambarkan bahwa tidak ada cinta dalam Oshi No Ko yang tampaknya akan berakhir bahagia.

3 dari 10 halaman

8. Anohana: The Flower We Saw That Day

Anohana merupakan salah satu anime dengan kisah yang mengharukan namun memberi inspirasi kepada para penontonnya tentang kehilangan, cinta, dan persahabatan.

Serial ini dimulai dengan tragedi di mana enam teman dekat kehilangan salah satu dari mereka yaitu Meiko Menma dalam sebuah tragedi kecelakaan, yang membuat kelima teman yang tersisa tersebut meninggalkan luka yang mendalam dan mereka tumbuh dewasa tanpa dapat mengatasi trauma dan emosi yang belum terselesaikan.

Cerita ini mengikuti lima teman yang tersisa setelah beberapa tahun ketika Menma muncul sebagai hantu bagi Jinta, mantan pemimpin de facto grup tersebut.

Perjalanan yang sulit dimulai bagi Jinta dan teman-temannya karena mereka harus menghadapi perasaan yang telah lama mereka sembunyikan satu sama lain, terutama bagaimana beberapa konflik yang belum terselesaikan mempengaruhi kejadian penting dalam hidup mereka.

Anohana bukanlah anime yang mudah ditonton karena tidak hanya bercerita tentang cinta yang hilang atau bertepuk sebelah tangan, namun ini adalah kisah yang penuh makna tentang kesembuhan bersama dan pentingnya menghadapi perasaan yang terpendam.

4 dari 10 halaman

7. Banana Fish

Dalam anime ini ada Ash Lynx, seorang pemimpin geng yang kejam, dimana ia merasa sulit untuk menemukan makna dalam hidupnya setelah masa kecil yang traumatis.

Namun, segalanya berubah ketika ia bertemu dengan Eiji, seorang fotografer Jepang yang baik hati. Meskipun tetap terjebak dalam dunia kejahatan, Ash menemukan penghiburan dan cinta tanpa syarat dalam hubungannya dengan Eiji, yang membawa harapan baru ke dalam hidupnya.

Meskipun sifat hubungan mereka tidak selalu jelas, hubungan Ash dan Eiji adalah salah satu titik terang dalam hidup Ash, dimana hubungan ini membantu Ash mengatasi masa lalunya yang tragis dan memberinya motivasi baru.

Meskipun Banana Fish penuh dengan cerita yang tragis, terutama dalam konteks kehilangan, itu juga adalah cerita tentang cinta, pengampunan, dan pengorbanan yang mengharukan.

5 dari 10 halaman

6. Ef: A Tale of Melodies

A Tale of Melodies merupakan kelanjutan dari Ef: A Tale of Memories, yang menyelami masa lalu para karakter pendukung dari seri sebelumnya.

Cerita ini mengikuti perjalanan rumit Himura dan Yuuko, dua anak yatim piatu yang bertemu kembali setelah lama berpisah dan menghidupkan kembali cinta masa kecil mereka yang tak terbalaskan.

Meskipun mereka sempat terpisah setelah Himura menolak Yuuko, namun takdir memberi mereka kesempatan kedua untuk bersama.

Meskipun romansa adalah fokus utama, cerita juga menyoroti perjuangan emosional Himura yang kesulitan mengatasi perasaan pedihnya setelah kehilangan Yuuko.

A Tale of Melodies adalah cerita yang penuh air mata dan tragedi, namun juga memberikan pesan penting tentang menghargai kenangan yang telah dibagikan dengan orang yang dicintai.

6 dari 10 halaman

5. Rumbling Hearts

Rumbling Hearts mengisahkan kisah cinta segitiga yang sangat menyakitkan dalam dunia anime romantis.

Ceritanya dimulai dengan Haruka dan Narumi yang dijodohkan oleh teman mereka yaitu Mitsuki. Namun, sebuah kecelakaan tragis membuat Haruka jatuh dalam keadaan koma, dan selama tiga tahun, Narumi dan Mitsuki rupanya telah menjalin hubungan.

Namun, situasi menjadi semakin rumit ketika Haruka tiba-tiba sadar, tetapi pikirannya masih terperangkap di masa lalu dan seiring berjalannya waktu, hubungan antara ketiganya semakin rumit, menimbulkan drama dan kesedihan yang dalam.

Meskipun Rumbling Hearts lebih banyak menampilkan drama daripada tragedi, cerita ini secara kuat menggambarkan perjuangan cinta yang terhalang oleh situasi yang sulit atau tidak dapat dihindari.

7 dari 10 halaman

4. Orange

Cerita dalam anime ini menggambarkan cinta untuk seorang teman. Ketika Naho dan teman-temannya menerima surat dari diri mereka di masa depan, mereka diberitahu untuk menghindari kesalahan-kesalahan tertentu, salah satunya Kakeru yaitu seorang siswa pindahan yang memiliki pikiran untuk bunuh diri, dapat menghindari niat tragisnya tersebut.

Namun di sisi lain Naho rupanya jatuh cinta pada Kakeru, tetapi Kakeru memiliki masalah emosional yang serius, termasuk depresi dan kesedihan karena kehilangan ibunya. Meskipun Naho dan teman-temannya mencoba untuk membantunya, Kakeru tetap terpuruk dalam kegelapan pikirannya sendiri.

Meskipun demikian Orange bukan hanya tentang romansa, melainkan juga tentang persahabatan yang kuat.

Kisah ini menunjukkan bahwa dibutuhkan lebih dari sekadar cinta romantis untuk menyelamatkan seseorang dari pikiran gelapnya, tetapi juga dukungan dan cinta dari teman-teman yang peduli.

8 dari 10 halaman

3. Your Lie in April

Cerita dalam anime ini menggali tema yang mendalam, melebihi sekadar kehilangan orang yang dicintai. Cerita dimulai dengan Kousei Arima yang mengalami masa kecil yang keras dan kehilangan kemampuan bermain musik setelah kematian ibunya.

Namun, pertemuannya dengan Kaori membawa warna baru dalam hidupnya, memungkinkannya untuk kembali merasakan keajaiban musik.

Namun, cinta Kousei pada musik tidak datang tanpa harga, dimana ia harus menghadapi kenyataan pahit kehilangan orang yang berarti baginya.

Your Lie in April bukan hanya tentang romansa, tetapi juga tentang pertemanan dan kesedihan yang datang dari cinta yang tak terbalaskan.

Tak hanya menghadirkan tradedi yang menyedihkan saja, namun anime ini juga merayakan semangat untuk merasakan cinta sejati, meskipun harus melewati rasa sakit yang mendalam.

9 dari 10 halaman

2. Plastic Memories

Meskipun anime ini tidak berakhir bahagia, pesannya disampaikan melalui karakter-karakternya dengan sangat kuat. Sebagai contoh, hubungan antara Tsukasa dan Giftia menunjukkan potensi romantis, namun juga menyoroti keterbatasan waktu dalam kebahagiaan mereka.

Anime ini menjadi sangat menyayat hati ketika penonton menyadari bahwa Giftia yang bekerja dengan Tsukasa juga akan mencapai akhir masa hidupnya.

Tema emosional yang dijelajahi oleh Plastic Memories memberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya menikmati momen-momen yang ada, meskipun perpisahan tidak dapat dihindari.

Perpisahan pada akhirnya menjadi tema sentral dalam anime ini yang menggarisbawahi bahwa tidak peduli seberapa kuatnya kita mencintai, kita tidak dapat melawan kenyataan bahwa segala sesuatu akan berakhir.

10 dari 10 halaman

1. Clannad

Anime ini menempatkan penonton di tengah-tengah tragedi yang mengguncang dan efek yang mendalam bagi para karakternya.

Setelah kehilangan Nagisa dalam persalinan, Tomoya merasa hancur dan bersembunyi diri dari dunia, bahkan dari putrinya sendiri yaitu Ushio.

Hanya dengan bantuan orang-orang terdekatnya, Tomoya perlahan-lahan mulai melihat kembali arti kehidupan, terutama sebagai seorang ayah bagi Ushio. Namun, ketika Tomoya mulai menemukan kembali kehangatan hidup, tragedi kembali menghantamnya.

Clannad adalah campuran yang kompleks antara realisme dan keputusasaan manusia untuk mencapai kebahagiaan, dimana anime ini menggambarkan bagaimana beberapa orang dapat menjadi bagian dari jiwa seseorang yang tidak mudah dilupakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.