Sukses

8 Bahan yang Terkandung dalam Shampo untuk Meluruskan Rambut, Cek di Sini!

Ada salah satu senyawa yang digunakan pada shampo untuk Meluruskan Rambut yang membantu meluruskan rambut, melembutkan, meningkatkan kemudahan penataan, serta mengurangi kerusakan dan kekeringan.

Liputan6.com, Jakarta Banyak perempuan yang menginginkan untuk memiliki rambut panjang, lurus, dan tergerai indah. Alasannya karena rambut lurus identik dengan kecantikan perempuan. Alhasil, banyak cara dilakukan untuk mendapatkan rambut lurus, misalnya menggunakan shampo untuk meluruskan rambut. 

Memang faktanya, jenis rambut setiap orang berbeda-beda yang dipengaruhi bentuknya karena genetika. Apalagi untuk orang Indonesia yang rata-rata memiliki rambut ikal. Belum lagi kebiasaan mengikat rambut terlalu ketat dan styling rambut yang membuat rambut justru kehilangan pola alaminya karena kesalahan perawatan. Jika ingin mendapatkan rambut lurus tetap sehat, ada baiknya kamu melakukan perawatan yang tepat. 

Mengaplikasikan serum sebelum menggunakan alat pelurus rambut misalnya. Bisa juga menghindari meluruskan rambut saat basah dan istirahatkan rambut secara teratur dari penataan rambut dari alat styling. Selain itu, cobalah menggunakan shampo untuk meluruskan rambut yang membantu menata rambut lebih mudah. 

Agar lebih jelas, simak beberapa kandungan yang ada dalam shampo untuk meluruskan rambut, untuk membantu mengatasi rambut yang kusut dan berantakan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Jojoba Oil

Jojoba oil atau minyak jojoba merupakan salah satu bahan alami yang ada pada shampo untuk meluruskan rambut. Minyak yang diekstrak dari tumbuhan jojoba ini  dapat membantu membentuk lapisan pelindung pada kulit kepala, sehingga rambutmu terlindungi dari kerusakan akibat panas, polusi, dan bahan kimia dalam produk perawatan rambut. Minyak jojoba juga dapat membantu melonggarkan ujung rambut yang kusut dan kering, membuat rambut lebih mudah diatur dan kurang rentan terhadap kerusakan.

3 dari 9 halaman

2. Guar Hydroxypropyltrimonium Chloride

Kalau kamu sering memerhatikan ingredients pada sampo, pasti sudah nggak asing lagi sama bahan yang satu ini. Yup, Guar Hydroxypropyltrimonium Chloride adalah senyawa kimia yang sering digunakan dalam produk perawatan rambut, terutama sampo dan kondisioner. Senyawa ini dinilai mampu membantu meluruskan rambut, melembutkan, meningkatkan kemudahan penataan, serta mengurangi kerusakan dan kekeringan. 

Guar Hydroxypropyltrimonium Chloride sering dijadikan bahan pada Shampo untuk Meluruskan Rambut karena kemampuannya dalam membantu meratakan permukaan helai rambut, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya kusut dan membuat rambut lebih mudah diatur. Senyawa kimia ini jadi salah satu bahan yang sering dicari dalam produk perawatan rambut yang dirancang untuk memberikan kelembutan dan kemudahan penataan.

4 dari 9 halaman

3. Argan Oil

Rambut yang kering dan rusak cenderung terlihat kusut, berantakan, dan susah untuk diatur. Nah, argan oil yang biasanya terkandung pada shampo untuk meluruskan rambut memiliki nutrisi penting, seperti vitamin E dan asam lemak omega yang dapat membantu memperbaiki rambut rusak dan menjadikannya lebih mudah diatur. Selain itu, argan oil juga punya sifat conditioning yang tinggi sehingga dapat membantu meratakan kutikula rambut dan menghaluskannya. Tentu kandungan yang baik ini dapat membuat rambutmu tampak lebih halus, berkilau, dan terhindar dari kekusutan.

5 dari 9 halaman

4. Keratin

Keratin merupakan salah satu protein alami yang sangat bermanfaat bagi pembentukan struktur rambut. Protein alami ini sebenarnya banyak digunakan di beberapa perawatan rambut yang disebut keratin treatment. Perawatan ini memang dirancang untuk meratakan rambut yang kusut, bergelombang, atau berkerut, sehingga memberikan tampilan yang lebih lurus dan halus. Namun, nggak jarang keratin juga terkandung dalam produk sampo dan kondisioner sehingga kamu bisa mendapatkan rambut yang lurus dengan mudah dan terjangkau.

6 dari 9 halaman

5. Olive Oil

Olive oil merupakan salah satu minyak yang diekstrak dari biji buah zaitun. Minyak ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk rambut, terutama dalam hal memperbaiki rambut yang kusut, ikal, dan berantakan. Kandungan sterol dan squalene pada olive oil dapat membantu menjaga kelembapan alami rambut dan melindunginya dari kerusakan akibat faktor lingkungan, serta kerap dimasukkan ke dalam produk shampo untuk meluruskan rambut. 

7 dari 9 halaman

6. Polyquaternium

Polyquaternium termasuk ke dalam kelompok senyawa polimer yang sering digunakan dalam produk-produk self care, termasuk produk-produk perawatan rambut. Polyquaternium memiliki sifat kondisioning yang baik sehingga membuat rambutmu tampak lebih halus dan lembut. Selain itu, Polyquaternium dapat membantu mengurangi frizz dan membuat rambut lebih mudah untuk diatur.

8 dari 9 halaman

7. Cyclomethicone

Cyclomethicone adalah salah satu jenis silicones yang sering digunakan dalam produk-produk perawatan rambut. Silikon ini bisa menguap jika telah diaplikasikan beberapa saat. Tidak banyak memberikan efek perlindungan, tetapi mampu memberi efek rambut yang halus dan lembut ketika dalam kondisi setelah keramas. Banyak dipakai dalam produk perawatan rambut yang dibilas.

9 dari 9 halaman

8. Amodimethicone

Amodimethicone merupakan salah satu jenis senyawa silikon yang sering digunakan dalam produk perawatan rambut, seperti sampo, kondisioner, dan produk perawatan rambut lainnya. Fungsi utamanya adalah untuk melindungi dan merawat rambut dengan cara yang berbeda dari senyawa silikon lainnya.

Amodimethicone memiliki sifat yang cukup unik karena dapat menempel pada permukaan rambut dengan baik, terutama pada bagian yang rusak, kusut, dan bercabang. Kandungan ini dapat membantu melapisi setiap helai rambut dan memberikan perlindungan tambahan. 

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.