Sukses

4 Manfaat Menambahkan Sejumput Garam ke Air Minum Saat Cuaca Panas

Ternyata, saat cuaca sedang panas seperti ini, menambahkan garam ke air minum Anda dapat memberikan beberapa manfaat yang dirasakan.

Liputan6.com, Jakarta Akhir-akhir ini rasanya cuaca semakin panas, ya. Tidak hanya di siang hari yang cukup terik, tapi juga di malam hari juga terasa gerah. Saat-saat seperti ini menjadi tanda bahwa kita harus mulai memperhatikan asupan air yang masuk ke dalam tubuh sepanjang harinya.

Sebab, tujuannya supaya Anda tetap terhidrasi sepanjang hari. Pastinya selain menyiapkan botol air yang cukup besar, Anda juga bisa meminum jus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Dengan meningkatkan asupan air dapat membantu menjaga energi dan menahan panas tubuh. Namun, ternyata itu saja tidak cukup, lho.

Sebenarnya ada cara sederhana yang bisa dilakukan agar Anda terhindar dari dehidrasi. Sudah tahu belum? Ya, caranya dengan menambahkan sejumput garam. Dengan begitu, bisa memberikan dampak yang cukup signifikan dalam menjaga upaya hidrasi sehari-hari.

Nah, Anda sendiri apakah pernah mendengar tren kesehatan yang satu ini? Apakah semua ini bisa memberikan manfaat kesehatan yang berarti?

Nehal Satish Patel, Sports Nutritionist - Fast&Up akan memberikan informasi selengkapnya tentang empat manfaat dari menambahkan sejumput garam dalam air putih Anda, sebagaimana melansir dari Herzindagi, Jumat (3/5/2024).

1. Mengembalikan Elektrolit

“Saat kita berkeringat, kita kehilangan air dan elektrolit seperti natrium, kalium, dan magnesium. Elektrolit penting untuk mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh kita dan menjaga otot-otot kita berfungsi dengan baik. Jadi, ketika kita melakukan aktivitas fisik dalam waktu lama atau berkeringat berlebihan, kita perlu mengisi kembali simpanan air dan elektrolit kita. Di situlah pentingnya menambahkan garam ke dalam rutinitas hidrasi kita,” kata ahli gizi tersebut.

Para ahli menambahkan bahwa meminum minuman kaya elektrolit seperti minuman elektrolit dan air kelapa juga bermanfaat selama musim panas. Namun, dia menyarankan untuk memeriksa label dan memilih minuman yang benar-benar memberi Anda kelima elektrolit penting atau setidaknya tiga hingga empat elektrolit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Menggantikan Natrium

Menambahkan sedikit garam ke dalam air atau minuman olahraga dapat membantu menggantikan natrium yang hilang melalui keringat dan membantu hidrasi.

3. Mencegah Kram Otot Dan Kejang

Mengonsumsi natrium dalam jumlah yang tepat membantu mencegah kram dan kejang otot, yang biasanya terjadi karena ketidakseimbangan elektrolit. Terutama selama olahraga intens atau musim panas. 

4. Meningkatkan Kinerja Atletik

Menambahkan sejumput garam ke dalam air atau minuman lain membantu menyeimbangkan elektrolit dan memberi bahan bakar pada tubuh Anda dengan kadar natrium yang cukup. Keduanya penting untuk kinerja atletik yang optimal karena mendukung hidrasi dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

3 dari 3 halaman

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Nah, itu tadi empat manfaat kesehatan dari menambahkan sejumput garam dalam air putih Anda untuk konsumsi harian. Meskipun begitu, tren kesehatan ini tentunya tidak bisa diikuti oleh semua orang karena bisa memiliki efek yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, perhatikan beberapa hal berikut sebelum melakukannya, di antaranya:

  • Tren kesehatan yang satu ini sebaiknya diikuti oleh mereka yang melakukan aktivitas fisik dalam waktu lama atau berkeringat berlebihan.
  • Bagi rata-rata orang yang tidak melakukan olahraga intens, menambahkan terlalu banyak garam ke dalam makanannya bisa berbahaya dan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.
  • Sebaliknya, pertahankan pola makan seimbang dengan asupan natrium dalam jumlah sedang dan minum banyak air sepanjang hari.
  • Jika Anda sedang menjalani perawatan kesehatan, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengikuti tips kesehatan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.