Sukses

10 Rekomendasi Skincare yang Mengandung Retinol Terbaik Edisi Terbaru 2024

Retinol adalah salah satu kandungan yang sering terdapat pada skincare dan memiliki peran aktif untuk perawatan wajah. Berikut 10 rekomendasi skincare dengan kandungan Retinol edisi terbaru, yuk simak!

Liputan6.com, Jakarta Dalam dunia perawatan kulit yang terus berkembang, Retinol tetap menjadi salah satu bahan aktif yang paling dicari oleh para penggemar skincare. Kekuatan regeneratifnya yang terbukti dalam mengatasi tanda-tanda penuaan telah membuatnya menjadi pilihan favorit.

Mempertimbangkan bahan yang terkandung sebelum memilih produk skincare Retinol adalah langkah yang penting. Namun, memilih produk skincare dengan kandungan Retinol yang tepat bisa menjadi pilihan yang sulit karena banyaknya pilihan yang tersedia. 

Oleh karena itu, dibawah ini terdapat beberapa rekomendasi skincare berdasarkan riset menyeluruh untuk mengumpulkan produk-produk terbaru yang memberikan manfaat optimal bagi kulit.

 

Simak dan ikuti 10 rekomendasi skincare dengan kandungan Retinol berikut ini, yang telah disajikan dari berbagai sumber pada Selasa (16/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 16 halaman

1. The Originote Retinol B3 Serum

Dengan tiga jenis retinol yang berbeda, termasuk retinol terenkapsulasi, retinal, dan HPR, serum ini dapat menghaluskan dan mengurangi tampilan kerutan di wajah. Tidak hanya itu, produk ini juga efektif dalam memperlambat tanda-tanda penuaan awal dan mengembalikan kesegaran kulit.

Serum retinol ini dirancang khusus untuk merawat kulit yang rentan terhadap jerawat dan kemerahan, serta memberikan kelembapan tambahan tanpa meninggalkan rasa lengket. Produk ini cocok bahkan untuk kulit sensitif, karena tidak mengandung bahan alkohol. Untuk harganya sekitar Rp 64.000.

3 dari 16 halaman

2. Azarine Retinol Smooth Glowing Serum

Serum terbaru Azarine x Marvel ini mempersembahkan formula retinol yang terenkapsulasi dengan lembut, dirancang untuk memberikan kulit yang halus dan bercahaya.

Gabungan antara retinol dan berbagai bahan berkualitasnya memiliki kemampuan untuk mengurangi garis-garis halus, menyempurnakan tekstur kulit, serta memberikan efek pencerahan.

Yang menarik, produk ini juga dapat merangsang produksi kolagen kulit dan mempercepat siklus regenerasi sel. Harga produk ini cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 59.000.

4 dari 16 halaman

3. WhiteLab Retinoid Care Serum

Serum Perawatan Retinoid dari Whitelab tidak hanya mengandung retinol, tetapi juga menggabungkan peptide dan hyalucomplex-10. Peptide berperan dalam menjaga elastisitas dan kekencangan kulit, sementara hyalucomplex-10, gabungan dari 10 molekul asam hyaluronat, membantu menjaga kelembapan kulit.

Dengan kehadiran serum ini, kulit wajah tetap terhidrasi sepanjang hari, serta memberikan sensasi kulit yang lebih lembut dan kencang. Produk ini sangat cocok digunakan bagi mereka yang menghabiskan banyak waktu di ruangan ber-AC yang dapat membuat kulit menjadi kering. Untuk harganya sekitar Rp 106.000.

5 dari 16 halaman

4. Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum

Malam hari adalah waktu yang ideal untuk melakukan perawatan kulit yang lebih intensif. Bagi mereka yang sering terpapar sinar UV, serum retinol ini dapat menjadi solusi yang tepat. 

Serum retinol ini diformulasikan dengan tambahan ekstrak buah delima untuk memberikan perlindungan tambahan terhadap kulit dari dampak negatif sinar UV.

Selain memberikan perlindungan terhadap sinar UV, ekstrak buah delima juga memiliki kemampuan untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, kulit akan tetap terjaga kesehatannya, terasa lebih kencang, dan tanda-tanda penuaan dini dapat diperlambat. Produk ini menawarkan harganya sekitar Rp 75.000.

6 dari 16 halaman

5. Wardah Renew You Anti Aging Intensive Serum

Keunggulan serum ini semakin diperkuat dengan konsep anti penuaan ganda. Selain Retinol, serum dari rangkaian Renew You oleh Wardah juga mengandung bakuchiol. 

Dengan penggabungan kedua bahan aktif ini, serum tersebut tidak hanya mampu mengurangi garis-garis halus dan memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, tetapi juga meningkatkan elastisitas kulit.

Tidak hanya itu, keistimewaan serum ini terletak pada formulanya yang mengandung Apple Phytocell Extract dengan konsentrasi antioksidan yang tinggi. Untuk harganya sekitar Rp 98.000.

7 dari 16 halaman

6. Olay Regenerist Retinol24 Night Serum

Kombinasi niacinamide dan retinol kompleks pada produk ini dapat terserap dengan baik ke dalam lapisan kulit, memberikan nutrisi dari dalam. Kulit akan terasa terhidrasi dan tetap lembap hingga 24 jam, sehingga memberikan sensasi kelembutan, kekenyalan, dan kecerahan yang menyegarkan. Produk ini menawarkan harganya sekitar Rp 300.000.

8 dari 16 halaman

7. ElsheSkin Retinol Rejuvenating Night Serum

Serum Malam Regeneratif Retinol ElsheSkin mengandung retinol tingkat lanjut yang telah terbukti secara klinis dapat mengembalikan kecerahan kulit. Dirancang dengan retinol 2% yang terenkapsulasi secara mikro untuk menyuplai nutrisi dengan lembut ke kulit, serta kandungan niacinamide 5%, kompleks multi-peptida 6%, dan 3X essential ceramides. Penggunaan produk ini di malam hari dapat menghasilkan kulit yang lebih kenyal hanya dalam satu malam.

Tak hanya itu, serum ini juga membantu mengurangi masalah jerawat dan komedo, memudarkan bintik hitam, serta merangsang produksi kolagen. Harga produk ini sekitar Rp 139.000.

9 dari 16 halaman

8. SOMETHINC 1% Pure Retinol + Squalane

Serum retinol dari SOMETHINC memiliki kandungan squalane yang berfungsi sebagai faktor pelembap alami (NMF). Keunggulannya adalah menjaga kekenyalan kulit serta sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. 

Dengan tambahan Boswellia serrata gum, serum ini dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini, terutama di sekitar area mata. Untuk harganya sekitar Rp 296.000.

10 dari 16 halaman

9. Pratista Retinol Renewal Serum

Pratista Retinol Renewal Serum diformulasikan khusus untuk menangani jerawat dan komedo dengan efektif. Dengan kandungan retinol 0,5%, serum ini bekerja secara efisien membersihkan pori-pori secara menyeluruh. 

Hasilnya, kulit menjadi lebih sehat tanpa adanya masalah komedo atau jerawat. Dengan penggunaan rutin, kulit akan terasa lebih lembut, pori-pori mengecil, dan wajah bersinar lebih cerah. Harga produk ini sekitar Rp 75.000.

11 dari 16 halaman

10. Retinol Cica Moisture Recovery Serum Innisfree

Untuk mengatasi kulit yang kemerahan atau berjerawat, serum dengan retinol 0,015% ini dapat menjadi solusi yang efektif. Menurut hasil uji laboratorium, sebanyak 86% pengguna melaporkan penurunan kemerahan pada kulit wajah setelah menggunakan serum ini.

Dengan kandungan Centella asiatica, serum ini tidak hanya membantu mengatasi jerawat, tetapi juga membantu menghilangkan sel kulit mati dan noda hitam di wajah. 

Tidak hanya itu, penggunaan serum ini juga dapat memperkuat skin barrier, meningkatkan kesehatan kulit, dan membantu menghilangkan jerawat. Produk ini menawarkan harganya sekitar Rp 165.000.

12 dari 16 halaman

Kandungan Apa yang Cocok dengan Retinol?

Retinol dan niacinamide bekerja dengan baik bersama-sama, karena niacinamide dapat mengurangi efek samping yang sering terjadi akibat penggunaan retinol. Niacinamide dapat mengurangi rasa kering dan mencegah iritasi kulit yang sering kali muncul saat menggunakan retinol.

13 dari 16 halaman

Pengganti Retinol Apa?

Bakuchiol, sebagai alternatif retinol, terbukti efektif dalam mengatasi tanda-tanda penuaan kulit serta memiliki kemampuan untuk meningkatkan kecerahan kulit.

14 dari 16 halaman

Setelah Pakai Retinol Sebaiknya Pakai Apa?

Setelah menggunakan serum retinol atau toner retinol, disarankan untuk mengikuti dengan penggunaan pelembap yang lebih kaya atau mampu memberikan kelembapan maksimal pada kulit. Anda juga dapat menggunakan serum asam hialuronat atau minyak wajah yang melembapkan setelah menggunakan produk apa pun yang mengandung retinol.

15 dari 16 halaman

Retinol Bagus untuk Kulit Apa?

Zat retinol, yang berasal dari vitamin A, adalah bahan aktif yang memiliki sejumlah manfaat yang luas. Ini termasuk mengurangi garis-garis halus dan kerutan, mengatasi masalah kulit berminyak dan jerawat, memperbaiki tekstur kulit, menyamarkan pori-pori, dan memiliki banyak manfaat lainnya.

16 dari 16 halaman

Retinol Fungsinya untuk Apa?

Retinol, sebuah zat yang berasal dari vitamin A, seringkali diterapkan dalam produk perawatan kulit. Komponen ini memiliki beragam manfaat, seperti mengurangi jerawat, meningkatkan kehalusan kulit, bahkan diyakini dapat efektif dalam menghambat proses penuaan dini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.