Sukses

9 Cara Sederhana untuk Mengusir Kesepian, Bisa Bikin Hidup Lebih Semangat

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sepi, termasuk cara sederhana yang dapat dilakukan siapa saja dengan mudah. Berikut 9 cara sederhana yang bisa kamu lakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Kehidupan umumnya diisi dengan fase yang naik-turun. Ada keadaan ketika seseorang merasa bahagia dengan hidupnya, namun ada kalanya juga seseorang merasakan kesepian.

Rasa sepi adalah perasaan kesendirian ketika seseorang merasa terputus dari hubungan sosial atau kurangnya rasa bermakna dalam hidup. Oleh sebab itu, tidak jarang perasaan ini kerap kali menjadi beban bagi mereka yang merasakannya. 

Apabila terus dibiarkan, emosi ini dapat membawa ke permasalahan yang lebih serius seperti stres, kecemasan, hingga depresi. Meskipun perasaan sepi sangat umum, alangkah baiknya untuk mencari cara sehat dan produktif untuk mengatasinya.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sepi, termasuk cara sederhana yang dapat dilakukan siapa saja dengan mudah.

Bagi kamu yang ingin menghilangkan rasa kesepian, berikut beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan.

1. Hubungi Seseorang

Cara pertama yang dapat kamu lakukan yaitu menjalin komunikasi sederhana dengan orang terdekat kamu. Tidak harus bertemu secara langsung, kamu juga dapat melakukannya melalui ponsel.

Cobalah untuk membuka komunikasi sederhana atau saling berbagi informasi tentang kehidupan sehari-hari dengan teman atau sahabatmu. Kamu bisa saling berkirim pesan maupun bertelepon.

Dengan begitu, kamu tidak akan merasa benar-benar kesepian karena ada orang lain yang berbicara denganmu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Meet Up dengan Teman atau Pasangan

Bagi kamu yang masih memiliki orang terdekat, tidak ada salahnya untuk mengajak mereka menghabiskan waktu bersama. Kamu bisa mengajak mereka mengunjungi tempat wisata, mencoba kuliner baru, atau sekedar minum kopi bersama. Hal ini merupakan salah satu obat terbaik untuk melawan kesepian.

3. Bergabung dengan Komunitas

Apabila kamu tidak memiliki teman yang dekat, tidak ada salahnya membuka relasi atau pertemanan baru. Salah satu hal yang dapat kamu lakukan yaitu bergabung dengan komunitas.

Kamu bisa bergabung dengan klub yang sejalan dengan minatmu. Dengan demikian, kamu juga akan dipertemukan dengan orang-orang baru dengan kesukaan yang sama. 

Hal ini akan membukakan lebih banyak kesempatan untuk dirimu dalam membentuk relasi baru serta melakukan hal yang kamu sukai. Kamu pun akan lupa dengan perasaan kesepian itu.

3 dari 5 halaman

4. Temukan Hobi Sederhana di Rumah

Jika kamu tidak begitu menyukai aktivitas sosial yang melelahkan, kamu bisa memulai hal-hal sederhana hanya dari rumah. Banyak hal bermanfaat dan menyenangkan yang dapat dilakukan dari rumah.

Kamu bisa mulai memanfaatkan internet untuk mempelajari skill baru, belajar memasak, membaca lebih banyak buku, hingga mendekorasi rumahmu agar menjadi lebih segar. Selain yang telah disebutkan, banyak sekali aktivitas lain yang bisa kamu coba.

5. Bepergian di Sekitar Rumah

Menghirup udara segar juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi rasa kesepian dalam diri. Kamu bisa mulai berjalan-jalan atau jogging, berkendara, hingga berbelanja di sekitar rumahmu.

Selain tidak memerlukan biaya yang mahal, berada di sekitar banyak orang juga bisa membantumu lupa akan rasa sepi.

4 dari 5 halaman

6. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga merupakan aktivitas yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh maupun pikiran. Kamu bisa mulai membangun habit olahraga secara teratur, seperti lari pagi, lari sore, hingga melakukan workout sederhana di dalam rumah. Hal ini tentu akan membantu untuk menjaga semangat dalam diri kamu. 

7. Menjadi Sukarelawan (Volunteer)

Berbagi maupun bermanfaat bagi sesama tidak jarang menghasilkan perasaan bahagia tersendiri. Tidak harus dalam bentuk uang, berbagi juga bisa dilakukan dengan mengikutsertakan diri untuk terjun langsung dalam kegiatan sukarelawan.

Selain kamu dapat mendapatkan teman baru, kamu juga bisa menyumbangkan keterampilan yang kamu miliki ataupun mendapatkan pengalaman baru. Kamu bisa mendaftarkan diri pada program-program yang membutuhkan para relawan.

5 dari 5 halaman

8. Berpikir Positif

Berpikir positif sangat membantu untuk mengatasi tantangan apapun dalam hidup. Kamu bisa merenung serta memberikan penanaman dalam dirimu bahwa pengalaman sulit ini akan menjadikan dirimu pribadi yang lebih baik daripada sebelumnya.

9. Cari Bantuan Profesional

Jika perasaan sepi yang kamu rasakan sudah di luar batas wajar dan membuatmu sangat putus asa, sebaiknya kamu segera menghubungi profesional seperti psikolog atau psikiater. Dengan begitu, mereka dapat memberikan evaluasi terhadap kondisi dirimu sepenuhnya.

Dengan diagnosis yang tepat, maka kamu juga akan mendapatkan penanganan yang sesuai agar kondisimu dapat membaik. Dengan begitu, hal ini juga tidak akan menganggu dan kamu dapat menjalani kehidupan seperti biasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.