Sukses

Cuma Tambah 2 Bahan, Begini Cara Bikin Kue Nastar Jadi Lebih Cerah dan Anti Retak

Kuning telur saja tidak cukup, tambahkan 2 bahan ini agar kue nastar jadi cerah dan dan tidak mudah retak. Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Di antara kue-kue kering lain, nastar menjadi salah satu kue yang paling sering disajikan saat momen khusus seperti lebaran.

Nastar sering kali dijadikan oleh-oleh atau disajikan di rumah bagi tamu yang datang bersilaturahmi ke rumah.

Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang membeli kue ini menjelang lebaran. Namun, tentu kue nastar akan terasa lebih spesial jika dibuat sendiri.

Kue nastar biasanya dibuat menggunakan kuning telur. Walaupun begitu, sebaiknya jangan gunakan kuning telur saja karena nanti kue nastar jadi kurang cerah dan mudah retak.

Agar kue nastar bisa tambah cerah dan tidak mudah retak bisa dengan menambahkan 2 bahan, seperti yang dilakukan oleh Warganet TikTok @qstyyy.

Lantas, bahan apa sajakah itu? Ditulis pada Sabtu (13/04/2024), temukan jawabannya berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Gunakan Telur Omega

Penyebab nastar jadi tidak cerah adalah penggunaan telur yang kurang tepat. Jenis telur yang paling bagus untuk hal ini adalah telur omega. Telur omega sendiri berwarna oren pekat, sehingga saat dibakar juga akan lebih cerah.

Cukup gunakan sekitar 3 butir telur saja, lalu pecahkan dalam wadah kecil. Dengan 3 butir telur omega sudah cukup untuk mengoles 1 loyang besar nastar.

3 dari 10 halaman

Tambahkan Minyak Goreng dan Susu Kental Manis

Agar nastar bisa semakin glowing, jangan lupa tambahkan minyak goreng dan susu kental manis ke dalam wadah yang berisi telur.

Takaran yang digunakan adalah 3:1:1, atau 3 butir telur, 1 sdm minyak goreng dan 1 sdm susu kental manis.

4 dari 10 halaman

Oles Nastar

Aduk campuran telur omega, minyak goreng dan susu kental manis tadi. Jika sudah, maka nastar bisa langsung dioles.

Namun, TikToker satu ini menyarankan untuk memanggang nastar terlebih dahulu sampai setengah matang agar tidak mudah retak.

Selain itu, ia mengakui harus mengoles nastar sebanyak 2-3 kali. Jika olesan pertama sudah kering, baru nastar bisa dioles lagi.

5 dari 10 halaman

Panggang Nastar

Jika semua nastar sudah dioles, maka nastar bisa langsung dipanggang dalam oven dengan suhu 130 derajat. Semisal nastar sudah dipanggang setengah matang sebelumnya, maka untuk memanggang nastar hingga matang kira-kira memakan waktu 20 menit.

6 dari 10 halaman

Kenapa Nastar Retak Setelah Dioles Kuning Telur?

Jika lapisan kuning telur terlalu tebal, ini berpotensi membuat nastar menjadi keras dan mudah pecah saat dimasak.

7 dari 10 halaman

Kenapa Tekstur Nastar Keras?

Jika kita memasak selai nanas sebagai isian nastar di atas api yang besar, ada kemungkinan gula akan mengkristal dan menjadi keras. Cara yang tepat adalah memasak selai nanas sebagai isian nastar dengan menggunakan api kecil dalam jangka waktu yang cukup lama. Selain itu, selai nanas juga dapat menjadi terlalu kering jika dimasak terlalu lama.

8 dari 10 halaman

Apa Manfaat Tepung Maizena pada Kue Nastar?

Menurut Arief Maulana Ikhsan, Kepala Koki Pastry Beau Bakery, tepung maizena digunakan untuk meningkatkan kekenyalan kue kering.

9 dari 10 halaman

Apa yang Membuat Nastar Cepat Berjamur?

Jumlah air yang tinggi karena kurangnya pendinginan uap nastar dapat mengakibatkan nastar berjamur dalam waktu kurang dari sebulan. Jika diperlukan, Anda dapat memasukkan silica gel food grade untuk menjaga kelembaban nastar dalam toples.

10 dari 10 halaman

Berapa Lama Mengocok Adonan Nastar?

Titik leleh butter akan terpengaruh oleh durasi pengocokan adonan yang berlebihan. Saat adonan kue nastar dikocok terlalu lama, gesekan antara mixer dan adonan dapat menyebabkan butter dalam adonan cepat meleleh. Proses pengocokan adonan nastar umumnya hanya memakan waktu sekitar empat menit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini