Sukses

Doa Berkendara, Bisa Diamalkan Saat Perjalanan Mudik Lebaran

Setiap muslim sangat dianjurkan untuk mengamalkan doa dari Rasulullah SAW saat melakukan perjalanan mudik lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Menjelang lebaran, masyarakat Tanah Air tak pernah absen dari tradisi mudik atau pulang ke kampung halaman. 

Saat di perjalanan mudik, tentu tidak ada yang bisa menjamin keselamatan. Hanya Allah yang dapat memberikan jaminan itu. Setiap muslim sangat dianjurkan untuk mengamalkan doa dari Rasulullah SAW saat melakukan perjalanan, seperti melansir dari Nu Online, Sabtu (11/4/2023).

Rasulullah SAW bersabda,

رسول الله صلى الله عليه وسلم ثلاث دعوات مستجابات لا شك فيهن دعوة المظلوم، ودعوة المسافر، ودعوة الوالد على ولده

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda, “Ada tiga doa mustajabah yang tidak disangsikan lagi: doa orang teraniaya, doa orang beperjalanan, dan doa orangtua untuk anaknya,” (HR Abu Dawud, At-Tirmiżi, dan Ibnu Majah).

Doa Berkendara

للَّهُمَّ بِكَ أَسْتَعِيْنُ، وَعَلَيْكَ أَتَوَكَّلُ، اَللَّهُمَّ ذَلِّلْ لِي صُعُوْبَةَ أَمْرِيْ، وَسَهِّلْ عَلَيَّ مَشَقَّةَ سَفَرِيْ، وَارْزُقْنِيْ مِنَ الخَيْرِ أَكْثَرَ مِمَّا أَطْلُبُ، وَاصْرِفْ عَنِّي كُلَّ شَرٍّ، رَبِّ اشْرَحْ لِيِ صَدْرِيْ، وَيَسِّرْ لِيْ أَمْرِيْ

Allāhumma bika asta‘īnu, wa ‘alaika atawakkalu. Allāhumma żallil lī ṣu‘ūbata amrī, wa sahhil ‘alayya masyaqqata safarī, warzuqnī minal khairi mim mā aṭlubu, waṣrif ‘annī kulla ṣyarr, rabbiṣraḥlī ṣadrī wa yassir lī amrī.

Artinya,

“Ya Allah, kepada-Mu aku memohon pertolongan dan kepada-Mu aku berpasrah. Ya Allah, ringankan kesulitan pada urusanku, mudahkanlah kendala perjalananku, karuniakanlah kebaikan bagiku melebihi apa yang kuminta, palingkanlah segala keburukan dariku. Tuhanku, lapangkanlah hatiku dan mudahkanlah urusanku.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Doa lainnya

Berikut doa lainnya yang bisa diamalkan saat perjalanan mudik:

اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هٰذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هٰذَا، وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ، وَالْخَلِيفَةُ فِي الْأَهْلِ، اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ، وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ

Allâhumma innâ nas’aluka fî safarinâ hâdzâ al-birra wat taqwâ wa minal ‘amali mâ tardlâ. Allâhumma hawwin ‘alainâ safaranâ hâdzâ, wa-thwi ‘annâ bu‘dahu. Allâhumma antash shâḫibu fis safari, wal khalîfatu fil ahli. Allâhumma innî a‘ûdzubika min wa‘tsâ-is safari wa ka-âbatil mandhari wa sû-il munqalabi fil mâli wal ahli.

Artinya,

Ya Allah kami memohon kebaikan dan ketakwaan dalam perjalanan kami dan keridhaan dalam amalan kami. Ya Allah mudahkanlah perjalanan kami ini. Dekatkanlah jauhnya jarak perjalanan ini. Ya Allah Engkaulah yang menyertai kami dalam perjalanan ini, dan pengganti yang menjaga keluarga kami. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari perjalanan yang sulit lagi melelahkan, dari pemandangan yang menyedihkan, serta dari tempat kembali yang buruk, baik dalam harta maupun keluarga.

3 dari 4 halaman

Tips Mudik Lebaran 2024 yang Aman dan Nyaman

melakukan perjalanan mudik yang aman dan nyaman adalah keinginan setiap pemudik. Meskipun tidak bisa memprediksi keadaan di jalan nanti akan seperti apa, terdapat hal-hal yang harus dipersiapkan masing-masing pemudik agar perjalanan dapat terasa lebih nyaman.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan menjelang mudik lebaran 2024:

1. Siapkan Akomodasi dari Jauh Hari

Bagi kamu yang mudik menggunakan kendaraan pribadi, penting untuk memeriksa kondisi kendaraan sebelum mulai melakukan perjalanan mudik. Apabila menggunakan mobil, maka kamu harus memeriksa kondisi mesin, oli, rem, AC, kaca, hingga tekanan ban. Selain itu, tidak lupa sediakan cadangan ban atau komponen tambahan lainnya.

Sedangkan untuk kamu yang menggunakan kendaraan umum, upayakan kamu telah mengecek ketersediaan tiket dari jauh-jauh hari, baik itu tiket berangkat maupun tiket pulang. 

Hal ini demi menghindari insiden kehabisan tiket karena tingginya animo masyarakat untuk melakukan mudik lebaran.

2. Siapkan Alokasi Biaya yang Cukup

Biaya merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam melaksanakan mudik. Kamu bisa mengatur pengeluaran biaya mudik selama ongkos di jalan maupun untuk menyediakan THR bagi orang-orang di desa. 

Selain itu, menyiapkan dana cadangan untuk keperluan tak terduga juga menjadi tidak boleh ketinggalan. Meskipun dari awal sudah mengira-ngira pengeluaran, hal-hal tidak terduga bisa saja terjadi. Dengan memiliki dana cadangan maka kamu akan merasa lebih tenang.

4 dari 4 halaman

3. Buat Daftar Bekal dan Barang Bawaan

Persiapan yang tidak kalah penting untuk dilakukan yaitu membuat daftar bekal maupun barang yang akan dibawa. Sebagai individu yang tidak luput dari kelupaan, membuat daftar ini sangat bermanfaat karena dapat memastikan barang yang dibawa telah lengkap dan tidak ada yang tertinggal.

Kamu juga bisa menambahkan kategori barang dari yang sangat penting, kurang penting, hingga tidak penting. Dengan begini, kamu mengetahui prioritas barang yang akan kamu bawa dan tidak memaksa membawa barang yang tidak perlu.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.