Sukses

6 Hal yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Tidur Tanpa Bantal

Meninggalkan bantal favoritmu memang sulit, tapi tidur tanpa batal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Bantal menjadi salah satu benda wajib yang digunakan individu saat tidur. Namun nyatanya, tidur dengan bantal bukan cara terbaik untuk beristirahat karena bisa memengaruhi tubuh dan suasana hatimu.

Meninggalkan bantal favoritmu memang sulit, tapi tidur tanpa batal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Oleh karena itu, ketahui apa yang akan terjadi pada tubuh jika Anda tidur tanpa bantal, seperti melansir dari Bright Side, Rabu (3/4/2024).

1. Mencegah sakit punggung 

Banyak bantal yang bisa menyebabkan posisi tidur tidak alami dan dukungan yang diberikan tidak bertahan lama. Meskipun bantal itu sendiri tidak menyebabkan punggungmu sakit, namun bisa memperburuk banyak gejala yang mendasarinya. 

Saat Anda tidur tanpa bantal, tulang belakangmu bisa beristirahat dan tubuhmu berada pada posisi alaminya.

2. Membantu mengatasi sakit leher 

Kebanyakan bantal tidak bisa membantumu tidur dengan posisi yang tepat, bahkan bisa memperburuk posisi tidur. Membengkokkan leher dengan waktu lama akan membuatmu tidak nyaman dan bantal yang terlalu keras atau terlalu empuk bisa menyebabkan nyeri leher.

3. Mengatasi sakit kepala

Jika Anda terbangun dengan sakit kepala atau merasa pusing, bantalmu yang menjadi penyebabnya. Bantal yang terlalu tinggi menyebabkan kepala dan lehermu membulat ke depan dan menambah ketegangan pada otot leher.

Hal ini mungkin membuatmu sakit kepala di pagi hari setelah Anda bangun dari tempat tidur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Bisa mengurangi stres

Jika bantak membuatmu tidak nyaman di malam hari, Anda mungkin akan terombang-ambing saat tidur. 

Semakin banyak gangguan tidur yang Anda alami, semakin sedikit waktu yang dimiliki tubuhmu untuk berbagi fungsi penting yang terjadi selama tidur. 

Kurang tidur terus-menerus bisa memengaruhi suasana hati dan kemampuan berpikirmu, serta menyebabkan tubuhmu melepaskan lebih banyak hormon stres di siang hari.

5. Mencegh jerawat di wajah

Kulitmu akan berterima kasih karena Anda telah menyingkirkan bantalmu. Wajahmu biasanya menempel pada bantal hampir sepanjang malam.

Anda mungkin tidak mencuci sarung bantal setiap hari karena kotoran, minyak dan debu di rumah akan terkumpul di dalamnya. Semua ini bisa menyebabkan timbulnya jerawat, peradangan dan kerutan dini.

 

3 dari 3 halaman

6. Baik untuk rambutmu

Jika Anda bangun di pagi hari dengan rambut kering dan kusut, sebaiknya lupakan bantal demi menjaga rambutmu. Saat Anda bolak-balik di malam hari, rambutmu bergesekan dengan sarung bantal sehingga menyebabkannya patah.

Sarung bantal juga bisa menyerap minyak dari rambut sehingga membuatnya kering dan rapuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.