Sukses

10 Rekomendasi Model Atasan Batik untuk Wanita, Cocok untuk Kondangan dan Beragam Acara di Tahun 2024

Kini, baju batik bukan hanya sekedar pakaian tradisional, namun sudah menjadi trend dalam dunia fashion dengan berbagai model pakaian modern. Simak rekomendasi atasan batik wanita berikut yang cocok untuk kondangan!

Liputan6.com, Jakarta Menggunakan kain batik seolah menjadi tradisi yang tak pernah pudar di Indonesia. Terutama bagi para wanita, batik telah menjadi simbol keanggunan dan keindahan yang tidak lekang oleh waktu. 

Dengan mendekati momen spesial seperti kondangan atau hari-hari besar, pilihan atasan batik menjadi semakin penting. Di tahun 2024, tren mode batik untuk wanita terus berkembang, menawarkan beragam desain yang memikat dan gaya yang sesuai dengan kebutuhan modern. 

Berikut 10 rekomendasi atasan batik wanita yang telah dirangkum dari berbagai sumber pada Rabu (19/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 16 halaman

1. Blouse Batik Agnia

Atasan batik wanita dari Nayara ini memiliki desain yang mampu memberikan kesan visual lengan yang lebih panjang berkat potongan lengan 3/4-nya. Hal ini membuat produk ini sangat cocok digunakan oleh mereka yang memiliki lengan pendek, sehingga penampilan terlihat lebih seimbang secara proporsional. 

Selain itu, produk ini juga tersedia dalam beragam pilihan corak yang menarik, memberikan lebih banyak opsi untuk memilih sesuai dengan selera Kamu. Produk dari Nayara ini menawarkan harga sekitar Rp 420.000.

3 dari 16 halaman

2. Blouse Haruka

Jika Kamu menyukai penampilan yang berbeda dalam gaya berpakaian, maka 

produk ini layak dipertimbangkan. Atasan batik kimono ini menyatukan unsur-unsur tradisional dengan sentuhan unik yang sesuai untuk berbagai kesempatan, baik formal maupun santai. 

Bahkan bagi Kamu yang memiliki tubuh berisi, atasan ini akan memberikan kenyamanan karena memiliki ukuran lingkar dada sebesar 115 cm. Harga atasan batik ini sekitar Rp 420.000.

4 dari 16 halaman

3. Seragam Batik PNS Wanita KORPRI

Inilah koleksi atasan batik yang ditujukan khusus bagi Kamu yang bekerja sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Produk ini merupakan bagian dari seragam wanita KORPRI yang dirancang dengan potongan slim fit untuk memberikan kesan tubuh yang lebih proporsional. 

Selain terbuat dari bahan berkualitas tinggi yang lembut, penggunaan furing yang adem juga menambah kenyamanan saat Kamu mengenakannya sepanjang hari saat bekerja. Harga seragam batik wanita PNS ini sekitar Rp 270.000.

5 dari 16 halaman

4. Clarine Shirt

Jika Kamu menyukai gaya yang sederhana pasti tidak akan melewatkan atasan batik ini. Bhatara Batik menampilkan kemeja batik dengan dominasi warna putih yang memberikan kesan minimalis. 

Detail motif batik yang kontras di bagian lengan dan sebelah depan menghindarkan kesan yang membosankan dan menjadikan penampilan lebih menarik. Dengan budget sekitar Rp 220.000 Kamu sudah bisa mendapatkan produk ini.

6 dari 16 halaman

5. Blouse Denia New

Dengan mengenakan Blouse Denia New dari Rianty Batik, penampilan Kamu akan terlihat memesona. Atasan batik wanita ini memiliki paduan warna dark tone yang memberikan kesan lebih formal. 

Kamu tidak perlu khawatir tentang kesulitan menyusui anak karena atasan ini dilengkapi dengan kancing tersembunyi di bagian depan. Produk ini menawarkan harganya sekitar Rp 470.000.

7 dari 16 halaman

6. Baju Batik Couple Katun Motif New Peplum

Brawee menawarkan koleksi atasan batik wanita yang menawan yang bisa Kamu pertimbangkan. Produk ini tersedia dalam berbagai pilihan ukuran jumbo, sehingga Kamu tidak perlu khawatir akan kenyamanannya.

Atasan wanita ini juga menggabungkan motif batik dengan sentuhan polos yang akan menambah kesan modis pada penampilan. Dengan harga yang terjangkau yaitu sekitar Rp 98.000 Kamu bisa memiliki produk ini.

8 dari 16 halaman

7. Atasan Batik Wanita Kembang Seno

Jika Kamu menyukai busana dengan sentuhan warna pastel, produk dari Kanthil adalah pilihan yang tepat. Atasan Batik Wanita Kantor Kembang Seno ini menampilkan dua kombinasi warna lembut yang menarik perhatian. 

Desain batik dengan motif bunga juga memberikan kesan anggun pada atasan ini ketika dipakai. Cocok untuk dipakai dalam berbagai kesempatan, baik itu untuk ke kantor maupun ke kampus. Dengan desain yang menarik harga baju batik ini cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 90.000.

9 dari 16 halaman

8. Sleeveless Polyester Print Blouse|17/006B

Jika Kamu merasa jenuh dengan pola dan warna batik yang klise, Kamu bisa mempertimbangkan produk dari Bateeq ini. Desainnya menampilkan motif dan warna batik yang segar dan ceria, cocok untuk menonjolkan sisi muda Kamu. 

Atasan batik model sleeveless ini sangat sesuai bagi mereka yang menginginkan penampilan chic. Tidak perlu ragu untuk mengkombinasikannya dengan rok sepanjang lutut atau celana jeans untuk menciptakan gaya yang lebih menarik dan berbeda. Harga produk ini sekitar Rp 430.000.

10 dari 16 halaman

9. Batik Kerja Jumputan Hitam

Bagi pecinta busana dengan sentuhan warna hitam dan cokelat muda, atasan batik ini layak dijadikan sebagai pilihan favorit dalam koleksi Kamu. Dengan harga yang sangat terjangkau yaitu sekitar Rp 89.000 Kamu sudah bisa mendapatkan baju batik ini.

Desainnya memadukan warna hitam dengan motif cokelat muda yang menghasilkan kesan elegan dan menawan. Dengan panjang yang mencapai bagian bokong, atasan ini sangat sesuai untuk para hijaber yang menginginkan penutupan yang tepat.

11 dari 16 halaman

10. Sekar Vira Couple Atasan Batik

Batik Sekar Vira dari Revany ID tidak hanya menyediakan blus untuk wanita, tetapi juga kemeja untuk pria dengan motif yang serupa. Kamu dapat memilih antara kemeja dengan lengan panjang atau pendek sesuai keinginan. 

Dengan desain motif yang elegan harga atasan batik ini sangat terjangkau yaitu hanya sekitar Rp 70.000.

12 dari 16 halaman

Jenis Batik Apakah yang Paling Mahal?

Batik Tiga Negeri merupakan jenis batik yang berasal dari Lasem, Palembang. Batik ini dikenal sebagai salah satu batik yang memiliki harga paling tinggi di dunia. Menurut informasi dari detikcom di sebuah toko online, harga batik ini bisa mencapai Rp 10 juta.

13 dari 16 halaman

Batik Buatan Negara Apa?

UNESCO telah mengakui batik sebagai bagian dari warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia. Menurut Notty, hal ini disebabkan oleh teknik membatik yang menggunakan malam dan canting yang hanya ditemukan di Indonesia.

14 dari 16 halaman

Apa Nama Motif Batik yang Tertua di Indonesia?

Merupakan salah satu motif batik tertua di Indonesia yang telah ada sejak zaman Keraton Mataram, motif Parang menjadi salah satu corak batik yang cukup terkenal. Parang menggambarkan pola ombak di sepanjang pesisir laut selatan Yogyakarta yang memukul tebing karang.

15 dari 16 halaman

Mengapa Harga Batik Tulis Lebih Mahal?

Umumnya, batik tulis seringkali memiliki harga yang lebih tinggi daripada batik cap dan printing. Perbedaan ini disebabkan oleh proses pembuatan batik tulis yang lebih kompleks dan memakan waktu berbulan-bulan untuk menyelesaikan satu lembar kain batik.

16 dari 16 halaman

Berapa Macam Batik yang Ada di Indonesia?

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Bandung Fe Institute dan Sobat Budaya pada tahun 2015 mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki sekitar 5.849 ragam motif batik yang tersebar luas mulai dari Aceh hingga Papua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini