Sukses

Tanpa Presto atau Daun Nangka, Ini Cara Mengempukkan Daging dengan Cuka Apel

Jika biasanya daging diempukkan dengan presto atau daun nangka, ternyata daging sapi juga bisa diempukkan dengan cuka apel. Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Guna menyambut lebaran yang akan datang nanti, tidak ada salahnya untuk mencoba belajar masak olahan daging sapi seperti rendang atau dendeng balado.

Sebelum belajar cara memasak makanan-makanan tersebut, ada baiknya untuk mempelajari terlebih dahulu cara mengempukkan daging.

Banyak faktor yang menyebabkan daging jadi alot seperti cara memotong daging yang salah, kualitas daging yang kurang baik, atau cara merebus yang salah.

Lalu, ada juga yang bilang bahwa kualitas daging sapi di Indonesia memang tidak sebaik daging impor seperti hanwoo atau wagyu.

Meski begitu, ada banyak cara untuk mengakali agar daging sapi bisa empuk seperti menggunakan daun nangka atau dengan dipresto.

Namun, ada cara lain yang tidak kalah efektif dan mudah, yaitu dengan cuka apel. Kandungan asam pada cuka apel akan meluruhkan serat pada daging, sehingga daging jadi lebih empuk dan kaya rasa.

Dirangkum pada Rabu (27/03/2024), berikut adalah cara mengempukkan daging dengan cuka apel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Potong Daging Agak Besar

Salah satu kesalahan yang banyak tidak disadari adalah memotong daging terlalu kecil. Padahal hal itu turut menyebabkan daging menjadi alot.

Karena itu, potong daging minimal sebesar 2-3 ruas jari. Selain itu, usahakan untuk memotong daging dengan arah berlawanan dari serat daging.

Jangan lupa untuk mencuci bersih daging sapi terlebih dahulu sebelum dipotong-potong.

3 dari 10 halaman

Lumuri dengan Cuka Apel

Campurkan bumbu marinasi pada mangkuk kecil, lalu tambahkan cuka apel ke dalamnya. Oleskan campuran bumbu marinasi tersebut daging sapi.

Perlu dicatat, cuka apel yang digunakan jangan banyak-banyak, cukup 1-2 sendok makan saja. Kandungan asam yang sangat kuat pada apel dikhawatirkan akan membuat daging jadi seperti bubur jika digunakan terlalu banyak.

4 dari 10 halaman

Ambil Bagian Has

Selain dengan menggunakan cuka dan teknik memotong yang tepat, usahakan untuk memilih bagian daging sapi yang tepat agar bisa empuk.

Bagian daging sapi yang paling empuk adalah tenderloin atau has yang berasal dari bagian belakang sapi. Bagian has tidak memiliki jaringan otot yang menahan beban, sehingga lebih empuk.

5 dari 10 halaman

Gunakan Takaran Santan yang Tepat

Banyak sekali olahan daging sapi di Indonesia yang memanfaatkan santan. Oleh karena itu, takaran santan yang digunakan saat mengempukkan daging sapi juga harus tepat.

Idealnya, perbandingan daging sapi dan santan yang digunakan adalah 1:3. Jadi untuk setiap 1 kg daging sapi, gunakan santan dari 3 kelapa. Selain itu, santan kelapa tua diketahui juga lebih bagus untuk mengempukkan daging.

6 dari 10 halaman

Supaya Daging Cepat Empuk Pakai Apa?

Gunakanlah bahan-bahan alami seperti daun pepaya, daun nangka, dan parutan nanas untuk mempercepat proses empuknya daging sapi yang direbus. Langkahnya sangatlah sederhana, cukup tambahkan daun pepaya, daun nangka, atau parutan nanas ke dalam kaldu daging dan rebus bersamaan.

7 dari 10 halaman

Apakah Cuka Apel Bisa untuk Memasak?

Cuka apel sering dimanfaatkan sebagai tambahan rasa dalam proses memasak. Namun, tak hanya sebagai penyedap, cuka apel ternyata memiliki manfaat yang bervariasi bagi kesehatan tubuh.

8 dari 10 halaman

Apakah Air Rebusan Daging yang Pertama Harus Dibuang?

Demi meningkatkan cita rasa sop daging sapi, langkah awal yang dianjurkan adalah membuang air rebusan pertama dari daging. Tindakan ini tidak hanya penting untuk menjaga kesegaran rasa kaldu daging, tetapi juga untuk memastikan kebersihan dan kesehatan. Air rebusan awal sering kali mengandung sisa darah dan kotoran dari daging, sehingga penting untuk dibuang.

9 dari 10 halaman

Berapa Lama Merebus Daging Sapi Hingga Empuk?

Panaskan air dalam panci sampai mendidih kemudian tambahkan potongan daging ke dalamnya. Biarkan daging mendidih selama 17 menit. Setelah itu, matikan api dan biarkan selama lima menit tanpa membuka tutup panci. Setelah lima menit berlalu, nyalakan kembali api.

10 dari 10 halaman

Apakah Baking Powder Bisa Membuat Daging Empuk?

Tidak hanya berperan dalam pembuatan kue, baking powder juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah daging menjadi keras saat dimasak. Cara penggunaannya pun tergolong sederhana. Taburkan baking powder secara merata ke permukaan daging dan biarkan mengendap semalaman sebelum dimasak pada hari berikutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.