Sukses

Cuma 12 Menit, Ini Cara Bikin Daging Empuk Tanpa Presto

Selain nikmat dan bernutrisi, ternyata masak daging sapi yang empuk juga sangat cepat lho. Begini tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta Daging sapi sering kali dijadikan salah satu bahan utama dalam suatu hidangan. Banyak sekali olahan khas Indonesia yang menggunakan daging sapi seperti rendang, gulai semur, rica-rica, rawon, dendeng balado, dan masih banyak lagi.

Dibalik kenikmatan dan manfaat yang dimiliki, sayangnya memasak olahan daging sapi tidak semudah yang dibayangkan.

Jika ada sedikit saja kesalahan pada proses atau bahan, maka kemungkinan besar daging tidak akan empuk. Salah satu cara termudah agar daging bisa empuk tentu dengan menggunakan presto.

Namun, apakah Anda tahu jika daging tetap bisa empuk walaupun tanpa presto? Bahkan prosesnya hanya memakan waktu 12 menit saja.

Melansir dari kanal YouTube Glentina Pasaribu pada Rabu (28/02/2024), berikut ini adalah caranya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Siapkan Panci, Daging, dan Air

SIapkan panci lalu tuang air secukupnya untuk dipanaskan beberapa saat. Setelah itu, masukkan daging sapi untuk direndam dalam air. Tunggu sampai mendidih hingga kotorannya keluar, lalu buang kotorannya.

3 dari 11 halaman

Masak Selama 5 Menit

Setelah kotorannya dibuang, maka proses masak bisa dimulai. Tutup rapat panci dan tunggu hingga 5 menit.

Pastikan panci benar-benar ditutup rapat, bahkan jika perlu sumbat juga lubang udaranya. Hal ini sangat penting karena udara yang masuk dapat memengaruhi tekstur daging setelah matang

4 dari 11 halaman

Diamkan Hingga 30 Menit

Setelah dimasak selama 5 menit, segera matikan kompor dan diamkan selama kurang lebih 30 menit, dan jangan sekalipun dibuka kompornya.

Bagi yang khawatir pada tahap ini tenang saja, karena daging akan mengalami proses pematangan selama didiamkan

5 dari 11 halaman

Masak Kembali Selama 7 Menit

Setelah didiamkan selama setengah jam, nyalakan kompor kembali dan tunggu selama 7 menit sampai uap panasnya hilang. Pastikan apinya cukup besar dan kompor ditutup rapat.

Jika sudah 7 menit, matikan kompor lalu tiriskan daging untuk ditaruh ke piring atau mangkok. Nah, sekarang daging sapi yang empuk sudah jadi dan siap diracik dengan berbagai bumbu masakan.

Jika dihitung-hitung, waktu memasaknya hanya sekitar 12 menit saja lho, jadi sangat hemat gas bukan?

6 dari 11 halaman

Jangan Buang Air Rebusan

7 dari 11 halaman

Cara Merebus Daging Supaya Cepat Empuk Dikasih Apa?

Selain menggunakan daun pepaya, Anda juga dapat menggunakan nanas sebagai alternatif untuk memasak daging sapi agar menjadi empuk. Seperti halnya daun pepaya, nanas juga memiliki enzim alami yang dapat mempercepat proses memperlembutkan daging merah. Perbedaannya terletak pada cara penggunaannya; jika daun pepaya hanya perlu dibungkuskan pada daging, nanas perlu dihaluskan atau dijus terlebih dahulu.

8 dari 11 halaman

Berapa Lama Memasak Daging Sapi Tanpa Presto?

Potong-potonglah daging sapi melawan seratnya untuk menghindari kekakuan. Kemudian, rebus daging dalam air mendidih selama tujuh menit. Setelah itu, matikan api dan tutup panci erat. Biarkan panci tersebut selama lima menit.

9 dari 11 halaman

Apakah Daging Dikukus Bisa Empuk?

Dengan memperhatikan pemilihan potongan daging yang sesuai, menerapkan bumbu perendam yang tepat, serta memperhatikan waktu memasak yang akurat, kita dapat menciptakan hidangan daging sapi yang lezat dan empuk." Menurut Halodoc di Jakarta, mengukus daging sapi merupakan salah satu metode memasak yang populer untuk menjaga kelembutan dan keempukan daging.

10 dari 11 halaman

Apakah Daging Sapi Harus Dicuci Dulu Sebelum Dimasak?

Sebelum memulai proses memasak daging kurban, daging harus dicuci dengan cermat terlebih dahulu untuk mengurangi risiko pertumbuhan bakteri di dalamnya.

11 dari 11 halaman

Apa yang Membuat Daging Alot?

Mengingat bentuknya yang tipis, membuat beef slice cepat matang saat dimasak. Meski begitu, nyatanya masih banyak orang mendapati olahan beef slicenya terasa alot saat dimakan, lho. Usut punya usut hal ini terjadi karena beef slice terlalu lama dimasak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini