Sukses

Pengertian Gamis Pria beserta Jenis dan Cara Memilihnya

Gamis adalah busana muslim yang cukup populer di kalangan pria. Untuk Kamu yang ingin lebih mengenal apa itu baju gamis, jenis-jenisnya, dan bagaimana cara memilihnya, yuk simak artikel berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta Gamis adalah busana muslim yang cukup populer di kalangan pria. Untuk Kamu yang ingin lebih mengenal apa itu baju gamis, jenis-jenisnya, dan bagaimana cara memilihnya, yuk simak artikel berikut ini!

Gamis, busana tradisional yang identik dengan kenyamanan dan gaya, telah menjadi pilihan populer bagi banyak pria di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia dengan negara umat muslim terbanyak. 

Namun, dengan banyaknya variasi desain dan bahan yang tersedia, memilih gamis yang tepat bisa menjadi tugas yang menantang. Apalagi dalam waktu yang dekat ini, umat muslim akan merayakan Lebaran.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi pengertian gamis pria, meninjau berbagai jenisnya, dan memberikan tips berguna dalam memilih gamis yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya Kamu.

Yuk simak dan ikuti artikel berikut tentang gamis pria, yang telah dirangkum dari berbagai sumber pada Jumat (22/03/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

Pengertian Gamis

Ketika disebutkan kata "gamis", mungkin yang terlintas dalam pikiran kebanyakan orang adalah busana khas yang umumnya dipakai oleh wanita. Namun, tidak banyak yang menyadari bahwa gamis, yang berakar dari budaya Timur Tengah, juga memiliki desain yang diperuntukkan bagi pria. Terutama di Timur Tengah sendiri, gamis warna putih sering kali menjadi pilihan utama sebagai pakaian sehari-hari bagi para pria.

3 dari 13 halaman

Jenis Gamis Pria

Berbagai model gamis pria yang umum dikenakan di negara-negara Timur Tengah mencakup jubah, jellabiya, dan kondura. Umumnya, ketiga model tersebut memiliki potongan yang longgar dan panjangnya mencapai betis atau bahkan mata kaki.

Di Indonesia, variasi model dan motif gamis pria sangatlah beragam, mulai dari warna-warna dasar yang tenang hingga warna-warna cerah yang mencolok. Desain yang ditawarkan juga mengikuti perkembangan terkini dengan sentuhan nuansa Arab modern yang khas.

Penggunaan gamis tidak hanya terbatas pada acara-acara keagamaan seperti salat atau kajian, tetapi juga sering digunakan dalam kegiatan umrah. Tidak jarang, beberapa tokoh agama pun memilih gamis sebagai busana dalam berbagai kesempatan di berbagai tempat.

4 dari 13 halaman

Cara Memilih Gamis Pria

Sebelum Kamu membeli gamis untuk pria, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan. Pertama, pastikan Kamu memperhatikan jenis bahan yang digunakan, kemudian perhatikan juga ukuran lengan serta detail produknya. Penting untuk memilih dengan cermat agar sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Kamu.    

5 dari 13 halaman

1. Pertimbangkan Jenis Bahan Gamis

Ada beberapa varian bahan katun yang nyaman dipakai, seperti katun toyobo dan spun poly, yang merupakan campuran katun dan poliester. Walaupun terdapat beragam jenisnya, namun karakteristiknya hampir serupa, yaitu nyaman, mudah menyerap keringat, dan lembut saat digunakan.

Gamis yang terbuat dari bahan satin biasanya memiliki kilauan yang khas. Berkat sifatnya yang mengalir dan halus, gamis dengan bahan satin memiliki penampilan yang lebih elegan dan menawan.

Selain bahan katun dan satin, kami juga merekomendasikan bahan dri-fit. Bahan dri-fit memiliki kemampuan cepat kering, elastis, dan memberikan kesan sejuk meskipun dalam cuaca panas. 

Bagi mereka yang rentan berkeringat berlebihan, gamis dengan bahan dri-fit bisa menjadi solusi yang ideal. Hal ini dikarenakan bahan ini memiliki pori-pori yang cukup besar, memungkinkan keringat untuk menguap dengan cepat dan efisien.

6 dari 13 halaman

2. Pilih Gamis Berdasarkan Panjang Lengan

Apabila Kamu ingin tampil lebih formal, disarankan untuk memilih gamis dengan lengan panjang. Terdapat beragam produk yang menawarkan sentuhan tambahan pada kerah untuk meningkatkan kesan formalitas secara maksimal. 

Selain itu, dengan memilih gamis lengan panjang, Kamu juga dapat melindungi diri dari paparan sinar matahari saat berada di luar ruangan. Keuntungan lainnya adalah Kamu akan merasa lebih hangat saat berada di ruangan ber-AC atau di udara malam yang dingin.

Gamis pria dengan lengan pendek adalah alternatif yang ideal untuk menciptakan suasana yang santai atau kasual. Beberapa produk yang tersedia menampilkan kombinasi warna dan desain yang modern, sehingga Kamu dapat menampilkan gaya yang lebih trendy. 

Penggunaan gamis dengan lengan pendek juga memberikan kenyamanan dalam ruang gerak tangan yang lebih leluasa dan mencegah rasa gerah saat digunakan.

7 dari 13 halaman

3. Pilih Ukuran Gamis yang Sesuai

Memilih ukuran yang pas saat membeli gamis adalah tahap penting yang tidak boleh diabaikan. Terkadang, kesalahan dalam menentukan ukuran gamis bisa mengakibatkan gamis terlalu besar, terlalu kecil, terlalu panjang, atau bahkan terlalu pendek.

Selain berpotensi merusak tampilan keseluruhan, pemilihan ukuran gamis yang tidak tepat juga dapat mengurangi kenyamanan saat mengenakannya. Sebelum membeli, Kamu bisa mengukur tubuh dengan teliti menggunakan alat pengukur untuk mendapatkan ukuran yang akurat.

8 dari 13 halaman

4. Perhatikan Detail dan Desain Gamis

Memperhatikan detail pada gamis pria merupakan hal yang sangat penting. Beberapa elemen detail dapat meningkatkan penampilan gamis menjadi lebih menarik. Sebagai contoh, penambahan detail hoodie dapat memberikan kesan maskulin dan modern pada gamis. Selain itu, penggunaan aksen songket pada gamis juga dapat meningkatkan kesan elegan dan memikat.

Tetapi, sebelum memilih detail yang akan ditambahkan, Kamu harus mempertimbangkan gaya pribadi. Pemilihan detail yang sesuai dengan gaya akan membantu meningkatkan penampilan secara keseluruhan. Dengan memperhatikan hal ini, Kamu akan mampu tampil dengan lebih percaya diri dalam balutan gamis yang tidak hanya islami tetapi juga modis!

9 dari 13 halaman

Apa Itu Gamis Laki-laki?

Gamis pria merupakan busana Muslim yang umum dipakai di wilayah Timur Tengah. Biasanya, pakaian ini dipilih untuk acara-acara yang bersifat keagamaan. Gamis pria dikenal dengan desainnya yang sederhana dan tampilannya yang khas.

10 dari 13 halaman

Jelaskan Apa yang Dimaksud dengan Busana Gamis?

Busana muslimah atau gamis merupakan pakaian yang digunakan oleh perempuan Muslim sesuai dengan ajaran agama Islam. Busana ini dirancang untuk menutupi seluruh aurat wanita Muslim, yang mencakup dari ujung rambut hingga ujung kaki, kecuali telapak tangan dan wajah, serta tidak menampilkan lekuk tubuh. Hal ini sesuai dengan ketentuan syariat Islam yang mengatur tata cara berpakaian bagi perempuan Muslimah.

11 dari 13 halaman

Apa Ciri-ciri Gamis?

Gamis memiliki karakteristik khasnya sendiri, yaitu panjangnya yang sampai menutupi pergelangan kaki dan memiliki lengan yang panjang. Umumnya, gamis terbuat dari bahan yang longgar dan nyaman seperti katun atau rayon. Pakaian ini seringkali diperkaya dengan berbagai desain dan ornamen yang dapat disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan pemakainya.

12 dari 13 halaman

Darimana Gamis Berasal?

Meskipun asal usul gamis berasal dari Arab, perbedaannya terletak pada penggunaan fungsionalnya. Sementara di Arab gamis digunakan sebagai pakaian sehari-hari, di Indonesia, penggunaannya lebih terbatas pada acara-acara keagamaan saja. Dalam konteks ini, terdapat penyesuaian atau pengurangan dalam fungsi aslinya.

13 dari 13 halaman

Gamis Laki-laki Arab Namanya Apa?

Gamis panjang berwarna putih ini dikenal dengan sebutan thawb atau thobe, merupakan pakaian tradisional yang populer di sejumlah negara di Timur Tengah, seperti Arab Saudi, Maroko, hingga Oman. Istilah untuk menyebutnya dapat bervariasi di setiap negara, meskipun merujuk pada busana serupa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.