Sukses

8 Urutan Skincare Routine Ala Korea yang Benar, Jangan Sampai Terbalik!

Mengetahui urutan pemakaian skincare merupakan hal yang sangat penting. Apabila salah urutan dalam mengaplikasikannya, bisa jadi skincare itu tidak akan bekerja secara maksimal.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki wajah yang cerah dan bersih dari jerawat seperti orang Korea merupakan impian setiap orang. Oleh sebab itu, peran skincare dalam hal ini sangat penting. Saat ini hampir seluruh orang sudah menyadari pentingnya penggunaan skincare.

Bukan hanya bermanfaat dalam jangka pendek, skincare dapat memberikan efek untuk jangka panjang. Dengan skincare, seseorang bisa mengatasi berbagai permasalahan di wajah mulai dari jerawat, minyak berlebih, kusam, hingga penuaan dini. Penampilan yang baik juga akan mempengaruhi kondisi mental yang baik pula.

Namun, hasil tersebut tidak bisa dicapai dalam semalam. Seseorang harus membangun kebiasaan menggunakan skincare yang baik serta menggunakan produk-produk yang telah tersertifikasi.

Selain memilih produk yang baik, mengetahui urutan pemakaian skincare juga menjadi hal yang sangat penting. Skincare memiliki banyak jenis dan manfaat masing-masing. Apabila kamu salah urutan dalam mengaplikasikannya, bisa jadi skincare itu tidak akan bekerja secara maksimal.

Oleh sebab itu, berikut 8 urutan skincare routine ala Korea yang tepat.

1. Mencuci Muka

Wajah merupakan bagian tubuh yang sangat penting dalam hal penampilan. Namun, wajah juga bagian yang terus terpapar keadaan sekitar, seperti sinar UV maupun polusi di jalan. Hal ini dapat menyebabkan banyak permasalahan pada wajah apabila tidak dibersihkan.

Langkah paling dasar untuk membersihkan adalah mencuci muka. Carilah produk sabun muka yang sesuai dengan tipe kulitmu. Jangan lupa perhatikan kandung spesifik yang mungkin bisa membantu permasalahan lain pada wajahmu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Eksfoliasi

Hilangkan kotoran dan sel-sel mati pada kulit dengan melakukan proses eksfoliasi yang efektif. Proses ini dapat dilakukan dengan eksfoliasi fisik (physical exfoliation) ataupun eksfoliasi kimia (chemical exfoliation). 

Manfaat lain eksfoliasi yaitu mengecilkan pori-pori, menghilangkan kerutan, meratakan warna wajah, hingga hiperpigmentasi.

Eksfoliasi hanya dilakukan sebanyak dua kali seminggu. Selain itu, jika kamu memilih eksfoliasi kimia, penting untuk memperhatikan besarnya kandungan bahan aktif dalam produk pilihanmu. Pilihlah dosis yang pas dan sesuaikan juga dengan kondisi kulitmu.

3. Masker Wajah

Pilih produk masker wajah yang sesuai dengan manfaat yang kamu inginkan, seperti melembabkan, menenangkan, atau mencerahkan. Jika masker digunakan perlu dibilas, maka harus digunakan sebelum toner.

3 dari 5 halaman

4. Toner

Toner merupakan produk skincare yang berbahan dasar utama air. Fungsinya untuk menghilangkan kotoran, minyak, hingga sisa makeup yang masih menempel pada kulit. Umumnya, toner mengandung bahan aktif yang memiliki kegunaan tersendiri.

Berdasarkan kandungan dan fungsinya, toner terbagi menjadi dua, yaitu hydrating toner dan exfoliating toner. Kamu memilih di antara keduanya tergantung dari permasalahan kulit yang kamu hadapi.

5. Serum

Serum merupakan produk yang cukup esensial dalam rangkaian perawatan wajah. Cairan serum terdapat banyak konsentrat yang sangat bermanfaat untuk menutrisi serta melembabkan kulit.

Biasanya, dalam serum juga terdapat formula pendukung yang dapat meresap hingga ke lapisan terdalam kulit. Molekul ini merupakan partikel kecil yang cara kerjanya jauh lebih tinggi dari skincare lain. Oleh sebab itu, tidak heran bila relatif mahal.

4 dari 5 halaman

6. Eye Cream

Jika kamu memiliki kantung mata besar, kamu mungkin memerlukan perawatan skincare yang satu ini. Area sekitar mata memiliki kulit yang lebih tipis dan lembut, sehingga perlu produk khusus untuk melembabkannya, yaitu eye cream.

7. Moisturizer

Moisturizer atau pelembab merupakan salah satu bagian dari basic skincare, yang berarti hal ini sangat penting. Tidak peduli apa pun jenis kulitmu, kamu tetap harus menggunakan skincare yang satu ini, sekalipun jika kulitmu tipe berminyak.

Penggunaan rutin pelembab dapat meningkatkan elastisitas kulit, mencegah penuaan dini, serta membuat kulit menjadi sehat dan bersinar. Kamu hanya perlu memilih jenis moisturizer yang sesuai dengan jenis kulitmu.

5 dari 5 halaman

8. Sunscreen

Bersama dengan moisturizer, sunscreen juga menjadi skincare yang tidak boleh dilewatkan. Ini merupakan rangkaian terakhir skincare routine yang hanya dilakukan di pagi dan siang hari.

Sunscreen bertujuan untuk meminimalisir bahaya dari paparan sinar matahari saat kamu beraktivitas di pagi maupun siang hari. Baik saat di dalam ruangan maupun di luar ruangan, sunscreen tetap harus digunakan.

Setelahnya, kamu bisa lanjut menggunakan makeup setelah tahapan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.