Sukses

Bukan Pakai Jeruk Nipis, Ini Cara Bersihkan Lendir dan Rasa Asam dari Kolang-kaling

Lendir pada kolang kaling dapat dibersihkan hingga rasanya tidak lagi asam meski tidak menggunakan jeruk nipis. Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Kolang-kaling merupakan buah dari pohon aren yang sering diolah menjadi berbagai camilan atau manisan. Tidak jarang pula kolang-kaling dijadikan pelengkap rasa pada kolak pisang.

Belum lagi dengan tekstur yang kenyal, kolang-kaling jadi sangat nikmat sehingga cocok dijadikan teman berbuka puasa.

Namun, buah kolang-kaling yang baru dibeli cenderung masih berlendir dan mengeluarkan bau asam yang tidak sedap. Oleh karena itu kolang-kaling harus dicuci terlebih dahulu, yang biasanya orang menggunakan jeruk nipis untuk mencuci kolang-kaling.

Meskipun begitu, masih ada cara mudah lain untuk mencuci kolang-kaling seperti yang dilakukan pemilik kanal YouTube Abah Ambu. Pada video tutorial yang diunggah, ia menggunakan satu bahan alternatif untuk menggantikan jeruk nipis.

Lantas, bahan apakah yang dipakai? Ditulis pada Kamis (21/03/2024), berikut adalah langkah-langkahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Cuci dengan Air Mengalir

Tahap paling pertama yang harus dilakukan adalah mencuci kolang kaling pada mangkuk dengan air mengalir. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan lendir yang ada pada kolang-kaling.

3 dari 10 halaman

Rendam pada Air Cucian Beras

Selanjutnya, rendam kolang-kaling yang sudah dicuci dalam air cucian beras atau air tajin selama 1-2 jam.

Setelah menunggu selama 1-2 jam, bilas kolang-kaling pada cucian air beras dengan tangan sampai agak kesat. Sesudahnya, tiriskan kolang-kaling untuk direbus.

 

4 dari 10 halaman

Rebus dengan Daun Pandan

Ambil panci atau teflon untuk merebus air hingga mendidih, lalu masukkan semua kolang-kaling ke dalam rebusan tersebut.

Tambahkan daun aromatik seperti daun pandan atau daun jeruk ke dalam rebusan tersebut. Diketahui daun pandan memang berfungsi dalam menetralisir aroma tak sedap pada makanan.

5 dari 10 halaman

Kolang-kaling Sudah Bebas Lendir dan Tidak Berbau

Jika tekstur kolang-kaling sudah mulai kenyal dan empuk saat direbus, segera matikan kompor lalu tiriskan.

Sekarang, kolang-kaling sudah bebas dari lendir serta bau yang tak sedap dan siap diolah menjadi berbagai hidangan takjil.

6 dari 10 halaman

Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Asam pada Kolang-kaling?

Ada opsi untuk mengurangi rasa asam dan lendir pada kolang-kaling dengan merebusnya menggunakan air biasa. Namun, jika metode tersebut tidak berhasil, alternatif lainnya adalah merebusnya dengan air yang telah ditambah gula. Dengan begitu, selain menghilangkan rasa asam, kolang-kaling akan memiliki rasa yang lebih manis.

7 dari 10 halaman

Apa yang Menyebabkan Kolang-kaling Asam?

Asam dan aroma tak sedap pada kolang kaling berasal dari proses perendaman yang berkepanjangan. Biasanya, kolang kaling direndam dalam air agar dapat bertahan lebih lama ketika dijual. Tetapi, semakin lama direndam, kolang kaling akan semakin asam dan baunya menjadi tidak sedap.

8 dari 10 halaman

Kenapa Kolang-kaling Harus Direndam dengan Air Cucian Beras?

Gunakan air cucian beras (tajin) sebagai perendam kolang kaling selama 1-2 jam untuk mengurangi aroma tak sedap dan lendir.

9 dari 10 halaman

Berapa Lama Waktu untuk Merebus Kolang-kaling?

Berapa Lama Waktu untuk Merebus Kolang-kaling?

10 dari 10 halaman

Berapa Lama Kolang-kaling Bertahan dalam Kulkas?

Kolang-kaling dapat dibungkus dan disimpan dalam kulkas dengan vakum untuk menjaga kesegarannya, dapat bertahan selama satu minggu hingga 10 hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.