Sukses

Normalnya Rambut Rontok Saat di Kamar Mandi, Berapa Kira-kira?

Semua orang pasti mengenal dan pernah mengalami istilah rambut rontok, terutama saat di kamar mandi. Sebagian orang merasa khawatir dan takut saat mengetahui rambutnya rontok, terlebih saat jumlahnya banyak. Yuk, simak berapa banyak kira-kira normalnya rambut rontok, khususnya saat di kamar mandi!

Liputan6.com, Jakarta Secara umum, kehilangan rambut adalah hal yang wajar dan sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa orang mungkin menemukan rambut yang rontok di sisir mereka atau bahkan melihatnya terbuang ke saluran pembuangan di kamar mandi. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa ada juga orang-orang yang merasa cemas ketika mengalami kerontokan rambut. Hal ini mungkin disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kondisi medis seperti alopecia areata, kekurangan vitamin tertentu, atau sedang menjalani terapi kanker. Oleh karena itu, penting untuk dapat membedakan antara kerontokan rambut yang normal dan yang patut diperhatikan.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai rambut rontok dan jumlah normalnya dikutip dari Health.com (05/03/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Rambut Rontok yang Normal dan Tidak Normal

Pada dasarnya, kehilangan sebagian kecil rambut karena kerontokan adalah hal yang normal dan alami. Ini terjadi karena tubuh membutuhkan siklus kerontokan rambut lama untuk memperbarui dengan yang baru. Selain itu, kerontokan rambut juga merupakan bagian dari proses penuaan yang alami, yang kadang-kadang disebut sebagai androgenetic alopecia.

Apakah kerontokan rambut dianggap normal atau tidak tergantung pada tingkat keparahannya. Jika seseorang mengalami kerontokan rambut namun masih memiliki pertumbuhan rambut yang cukup untuk menutupi kulit kepala, maka itu dianggap normal. Namun, menurut Dr. Schwartz, ada beberapa tanda yang bisa menunjukkan bahwa kerontokan rambut mungkin disebabkan oleh masalah kesehatan. Tanda-tanda tersebut bisa berupa gumpalan rambut yang rontok secara bersamaan, bintik botak yang muncul dan berkembang dengan cepat, atau rambut yang menjadi lebih tipis secara signifikan.

3 dari 9 halaman

Apakah Seseorang Akan Kehilangan Lebih Banyak Rambut Saat Mandi?

Banyak orang mengira bahwa rambut lebih rentan rontok saat mandi, terutama jika mencuci rambut terlalu sering. Namun, menurut Dr. Schwartz, kebiasaan mandi atau mencuci rambut tampaknya tidak begitu berpengaruh terhadap kerontokan rambut. Mencuci rambut hanya dapat meningkatkan kemungkinan seseorang melihat rambutnya rontok. Ini disebabkan karena saat mencuci rambut, orang sering menggerakkan tangannya di rambut, yang bisa membuat rambut yang sudah rontok dari kulit kepala berjatuhan.

4 dari 9 halaman

Cara Mengatasi Permasalahan Rambut Rontok

Pada dasarnya, tidak ada cara spesifik yang dapat sepenuhnya mencegah kerontokan rambut. Setiap individu memiliki faktor-faktor yang berbeda dan di luar kendalinya sendiri yang dapat berkontribusi pada kerontokan rambut, seperti proses penuaan, kondisi medis, atau faktor genetik. Meskipun demikian, Dr. Schwartz menyarankan beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut:

1. Memperhatikan pola makan yang seimbang dengan asupan karbohidrat, lemak, dan protein yang cukup. Tambahkan pula buah-buahan dan sayuran untuk memperoleh manfaat vitamin dan mineral penting

2. Mengonsumsi suplemen yang dapat membantu menjaga kesehatan rambut, seperti zat besi, vitamin A, dan vitamin D.

3. Menambahkan produk-produk yang mengandung minyak esensial ke dalam rutinitas perawatan rambut Anda.

4. Memperhatikan kesehatan kulit kepala, karena kesehatan kulit kepala yang baik juga berhubungan dengan kesehatan rambut secara keseluruhan.

5 dari 9 halaman

Berapa banyak rambut rontok saat keramas?

Saat keramas, mungkin saja seseorang akan kehilangan 150 hingga 200 helai rambut. Jumlah rambut yang rontok juga bisa lebih banyak lagi kalau kamu jarang keramas.

 

6 dari 9 halaman

Berapa helai kerontokan rambut normal?

Menurut penelitian di situs kesehatan WebMD, rata-rata orang dewasa memiliki 10.000 hingga 15.000 helai rambut. Sekitar 50-100 helai rambut tersebut akan rontok setiap hari. Jadi, kerontokan rambutmu masih dinilai normal jika jumlah helaian yang rontok masih di antara angka tersebut.

7 dari 9 halaman

Apakah normal rambut rontok setiap hari?

Kehilangan berhelai-helai rambut setiap hari adalah hal yang normal. Tapi Anda perlu waspada jika rambut rontok lebih dari 100 helai per hari.

 

8 dari 9 halaman

Berapa helai rambut tumbuh dalam sehari?

Sebagian besar perempuan dan laki-laki sehat memiliki sekitar 80.000 sampai 120.000 helai rambut terminal (rambut yang lebih tebal) di bagian kulit kepala. Rambut manusia tumbuh sekitar 0,35 milimeter per hari dan mengalami kerontokan sekitar 100 helai setiap hari.

9 dari 9 halaman

Apakah rambut rontok 100 helai per hari?

Menurut American Academy of Dermatology Association (AAD), rambut rontok 50-100 helai per hari masih dikategorikan normal. Meski begitu, apabila kerontokan rambut lebih dari 100 helai per hari, Anda perlu khawatir. Sebab, hal tersebut bisa jadi tanda adanya masalah kesehatan tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.