Sukses

Minum Air Lemon Jadi Cara untuk Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Air lemon telah menjadi salah satu minuman yang populer, khususnya dalam hal diet. Banyak orang baik dari kalangan selebriti maupun pengguna media sosial yang menyebarkan bahwa air lemon dapat membantu proses penurunan berat badan. Yuk, cek kebenarannya.

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini, semakin banyak individu, khususnya di dunia maya, memilih air lemon sebagai minuman favorit mereka pada waktu pagi. Di berbagai platform media sosial seperti TikTok, air lemon telah menjadi tren sebagai minuman yang diyakini dapat membantu mengatasi masalah jerawat, melakukan proses detoksifikasi, serta membantu menurunkan berat badan.

Dukungan yang diberikan oleh beberapa selebriti melalui media sosial semakin menaikkan popularitas air lemon sebagai minuman yang penting bagi mereka yang tengah berupaya menurunkan berat badan. Namun, pertanyaannya adalah, apakah klaim tersebut merupakan fakta yang didukung oleh bukti ilmiah, atau hanya sekadar tren yang sedang berlangsung?

Dikutip dari health.com (05/03/2024), ini penjelasan lengkap mengenai kebenaran air lemon untuk diet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Tren Minum Air Lemon

Menurut Melissa Mitri, seorang ahli diet dan penulis nutrisi di Connecticut, asal usul tren yang menggemari minum air lemon di pagi hari belum sepenuhnya jelas. Namun, penggunaan air lemon sebagai pengobatan tradisional telah ada sejak lama dan berkembang seiring waktu.

Pada tahun 2008, sebuah penelitian di Jepang menemukan hubungan antara antioksidan dalam lemon dengan proses penurunan berat badan pada tikus. Sejak itu, minat masyarakat terhadap praktik ini mulai meningkat. Beberapa orang percaya bahwa asam dalam lemon dapat membantu memecah sel-sel lemak dalam tubuh, tetapi bukti yang mendukung klaim ini masih terbatas.

3 dari 9 halaman

Air lemon dan Proses Penurunan Berat Badan Menurut Penelitian

Konsumsi air lemon dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan hidrasi tubuh sehari-hari. Lemon juga kaya akan vitamin C, antioksidan, vitamin B6, riboflavin, sedikit magnesium, dan berbagai nutrisi lainnya. Meskipun kandungan yang terdapat dalam lemon sangat beragam, ahli sepakat bahwa minuman air lemon tidak selalu efektif dalam membantu semua orang menurunkan berat badan.

Menurut Samantha Turner, MPH, RDN, seorang ahli diet terdaftar dan pemilik OakStone Health and Nutrition, air lemon tidak selalu lebih baik daripada air putih biasa dalam upaya mengatur berat badan seseorang.

4 dari 9 halaman

Haruskah Kita Menambahkan Air Lemon ke dalam Rutinitas Sehari-hari?

Sampai sekarang, data yang meyakinkan tentang kemampuan air lemon dalam membantu penurunan berat badan masih kurang. Namun, mengikuti tren minum air lemon tidak salah. Secara umum, air lemon aman dan memiliki manfaat bagi kesehatan. Namun, jika menggunakan air lemon untuk tujuan menurunkan berat badan, penting untuk melengkapi dengan gaya hidup sehat lainnya, seperti berolahraga secara teratur.

5 dari 9 halaman

Bagaimana cara membuat air lemon untuk diet?

Kamu dapat menambahkan satu sendok teh madu dalam proses membuat air lemon untuk diet. Kemudian masukkan irisan lemon dan satu sendok teh madu secara bersamaan. Aduk dan minum dalam keadaan masih hangat. Langkah ini menjadi salah satu cara membuat air lemon untuk diet yang efektif menurunkan berat badan.

6 dari 9 halaman

Apa benar minum air lemon bisa menurunkan berat badan?

Mengkonsumsi segelas air hangat yang telah dicampur dengan perasan jeruk lemon setiap pagi hari dapat menghindarkan tubuh dari obesitas atau kelebihan berat badan.

 

7 dari 9 halaman

Apakah minum air lemon bisa mengecilkan perut buncit?

Perasan air lemon yang dicampurkan dengan air putih bisa Bunda konsumsi secara rutin untuk mengecilkan perut buncit. Air lemon ini cocok dinikmati di pagi hari. Bagus untuk menjaga kesehatan tubuh karena mengandung antioksidan tinggi dan vitamin C, yang bagus untuk daya tahan tubuh

8 dari 9 halaman

Kapan waktu yang tepat untuk minum air lemon?

Air lemon bisa menjadi salah satu minuman yang populer dan banyak dikonsumsi di pagi hari, selain teh dan kopi. 

 

9 dari 9 halaman

Berapa takaran minum air lemon untuk diet?

Campurkan satu buah lemon ke dalam delapan gelas air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.