Sukses

Hiperpigmentasi: Penjelasan dan Cara Mencegah yang Efektif

Beragam permasalahan kulit wajah hadir dengan penyebab dan pencegahan yang berbeda-beda. Salah satu masalah umum yang dapat menimbulkan kekhawatiran adalah Hiperpigmentasi. Ayo, simak informasi mengenai Hiperpigmentasi beserta cara mencegahnya!

Liputan6.com, Jakarta Hiperpigmentasi adalah istilah umum yang merujuk pada berbagai perubahan warna pada kulit. Hal ini terjadi ketika sel-sel yang menghasilkan pigmen kulit, dikenal sebagai melanin, terstimulasi untuk menghasilkan pigmen secara berlebihan, menyebabkan kulit menjadi lebih gelap.

Ada berbagai faktor yang dapat menjadi pemicu, termasuk paparan sinar matahari langsung, faktor genetika, perubahan hormon, peradangan kulit, kondisi kesehatan tertentu, dan beberapa jenis obat. Di antara faktor-faktor tersebut, paparan sinar matahari seringkali menjadi pemicu utama, meskipun sering diabaikan. Setelah memahami penyebab Hiperpigmentasi, langkah pencegahan terhadap masalah kulit ini dapat diambil dengan menyesuaikan faktor pemicunya.

Berikut ini beberapa cara untuk mencegah Hiperpigmentasi pada kulit dikutip dari Health.com (26/2).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Ultraviolet (UV)

Sinar matahari menjadi faktor yang paling sering memicu Hiperpigmentasi. Salah satu langkah yang paling sederhana dan efektif untuk mencegah hiperpigmentasi adalah dengan menggunakan tabir surya, yang umumnya dikenal sebagai sunscreen. Sunscreen merupakan bagian penting dari rutinitas perawatan kulit pagi hari dan tidak boleh diabaikan. Ini karena peran krusialnya dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Selain menggunakan sunscreen, memakai topi atau membawa payung saat beraktivitas di luar ruangan pada siang hari juga dapat memberikan perlindungan tambahan.

3 dari 12 halaman

Gunakan Produk Perawatan Kulit (skincare) yang Lembut

Skincare merupakan produk yang berinteraksi langsung dengan kulit, sehingga memiliki peran penting dalam mencegah hiperpigmentasi. Namun, pemilihan produk skincare juga mempengaruhi hasil akhirnya. Untuk pencegahan hiperpigmentasi, memilih produk perawatan kulit yang lembut dan bebas pewangi adalah pilihan yang bijaksana. Produk dengan efek samping seperti sensasi panas atau perih saat digunakan dapat menyebabkan peradangan kulit. Seperti yang diketahui, peradangan kulit merupakan salah satu faktor yang menyebabkan hiperpigmentasi.

4 dari 12 halaman

Gunakan Riasan Wajah (Make Up) Sesuai Kebutuhan

Langkah ini pada dasarnya lebih mengarah untuk kondisi kulit yang telah mendapatkan perawatan Hiperpigmentasi dan mulai berhasil. Penggunaan riasan wajah memang memiliki dampak signifikan pada harga diri seseorang. Banyak orang memilih menggunakan riasan untuk menyembunyikan hiperpigmentasi pada kulit wajah mereka. Namun, disarankan untuk menggunakan riasan yang sesuai dengan kebutuhan dan tidak terlalu memberatkan kulit wajah.

5 dari 12 halaman

Terapkan Urutan Pemakaian Produk Perawatan Kulit yang Efektif

Dalam mengatasi hiperpigmentasi, cara mengaplikasikan produk perawatan kulit memiliki dampak signifikan pada hasil akhirnya. Para ahli menyarankan untuk menggunakan obat topikal atau resep dokter sebagai langkah pertama. Setelah itu, penggunaan tabir surya menjadi langkah berikutnya. Jika diinginkan, penggunaan riasan dapat menjadi lapisan terakhir.

6 dari 12 halaman

Pertahankan Pola Makan yang Sehat

Studi telah menunjukkan bahwa pola makan dapat menjadi pemicu beberapa kondisi atau masalah kulit. Meskipun belum ada solusi instan dalam hal diet, mengonsumsi makanan kaya nutrisi seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan lemak sehat dapat mendukung fungsi tubuh secara keseluruhan, termasuk kesehatan kulit.

7 dari 12 halaman

Hindari Pemicu Stress

Stress juga menjadi salah satu faktor yang paling mudah dan sering memicu terganggunya kesehatan kulit. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa stres dapat memperburuk kondisi kulit, seperti jerawat dan hiperpigmentasi. Oleh karena itu, menghindari stres yang tidak perlu dapat membantu mencegah dan mengatasi hiperpigmentasi.

8 dari 12 halaman

Bagaimana Cara Mencegah Hiperpigmentasi?

Hiperpigmentasi dapat dicegah dengan kebiasaan menggunakan tabir surya atau sunscreen dengan SPF minimal 30.

9 dari 12 halaman

Apa yang Menyebabkan Terjadinya Hiperpigmentasi?

Hiperpigmentasi terjadi ketika sel kulit memproduksi terlalu banyak melanin yang merupakan zat pemberi warna pada kulit.

10 dari 12 halaman

Apakah Hiperpigmentasi Bisa Hilang?

Meski beberapa bentuk hiperpigmentasi bersifat permanen, namun masih banyak pula yang dapat memudar seiring berjalannya waktu.

11 dari 12 halaman

Hiperpigmentasi Kulit Itu Apa?

Hiperpigmentasi pada kulit merupakan kondisi menggelapnya kulit di area tertentu karena produksi melanin yang berlebihan.

12 dari 12 halaman

Bagaimana Cara Mengurangi Pigmen Melanin Pada Kulit?

Cara yang cukup efektif untuk mengurangi melanin pada kulit adalah melakukan perawatan kulit wajah menggunakan produk dengan kandungan bahan aktif yang tepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.