Sukses

Tanpa Jeruk Nipis, Begini Cara Cuci Daging Ayam yang Bersih dan Tidak Bau Amis

Bau amis seringkali menjadi permasalahan saat mengolah daging ayam. Ternyata, kuncinya ada di cara mencuci dagingnya loh. Begini penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Tingginya kandungan protein dan rasanya yang enak, membuat daging ayam seringkali dijadikan opsi untuk lauk-pauk. Olahannya yang beragam juga membuat daging unggas yang satu ini banyak diminati hampir oleh semua kalangan.

Namun demikian, satu permasalahan yang sering ditemui ketika mengelola sumber protein yang satu ini adalah bau amis. Oleh karena itu, tak sedikit orang yang menggunakan jeruk nipis untuk mencuci daging ayam karena air saja dianggap tidak cukup untuk menghilangkan bau amisnya. 

Namun ternyata, ada cara lain untuk menghilangkan amis pada ayam selain menggunakan jeruk nipis loh! Berikut cara yang dibagikan oleh Arya Cahya dalam akun TikTok pribadinya, dirangkum dari berbagai sumber, pada Selasa (28/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Cuci dengan Air Mengalir

Cara pertama yang perlu dilakukan saat membersihkan daging ayam tentu mencucinya dengan air mengalir. Jangan lupa sambil digosok-gosok pelan agar kotoran maupun sisa darah yang menempel pada daging ayam bisa hilang.

3 dari 11 halaman

2. Menggunakan Tepung Terigu

Balurkan beberapa sendok makan tepung terigu dan garam hingga seluruh permukaan daging ayamnya terkena tepung terigu. Hal ini berfungsi untuk menghilangkan bau amis pada ayam sebagaimana dilansir dari stale.ru bahwa tepung dapat menyerap bau amis dari daging ayam.

4 dari 11 halaman

3. Bersihkan Baluran Tepung

Setelah memastikan seluruh daging ayam terbaluri dengan terigu secara merata, cuci kembali daging ayam menggunakan air mengalir. Pastikan seluruh permukaan daging benar-benar bersih dari tepung. 

5 dari 11 halaman

4. Keringkan dengan Tisu

Setelah ayam bersih, tiriskan dan keringkan menggunakan tisu, lebih baik menggunakan tisu masak agar tisu tidak menempel ke daging ayam. Perlu diingat untuk memastikan daging benar-benar kering agar bisa awet jika ingin disimpan ke dalam kulkas.

6 dari 11 halaman

5. Marinasi Daging Ayam

Untuk mempermudah dan menyingkat waktu ketika ingin mengolahnya, daging ayam yang sudah bersih tadi bisa dimarinasi lalu disimpan ke dalam kulkas. Bumbu marinasi bisa disesuaikan dengan olahan ayam apa yang akan dibuat. 

Dalam videonya, Arya Cahya membagikan bumbu marinasi untuk olahan ayam yang digoreng. Adapun bumbunya terdiri dari bawang putih cincang, bumbu bubuk instan, saus tiram, kecap, serta tepung bawang putih cincang, bumbu bubuk instan, saus tiram, kecap, dan tepung.

7 dari 11 halaman

Bagaimana Menghilangkan Bau Amis?

Selain kaya zat gizi, jeruk nipis dan beberapa bahan makanan yang asam bisa digunakan sebagai cara untuk menghilangkan bau amis pada ikan, seperti lemon, cuka makan, dan tomat. Pasalnya, bahan-bahan asam ini bisa membuat senyawa TMA mengikat air lebih banyak.

8 dari 11 halaman

Apakah Jahe Bisa Menghilangkan Bau Amis Ayam?

Selain punya segudang manfaat buat kesehatan, ternyata jahe juga bisa menghilangkan bau amis pada ayam. Kamu cukup memarut jahe kurang lebih 5 cm, kemudian balurkan parutan jahe tersebut ke ayam. Pastikan ayam terbalur jahe sampai merata kemudian diamkan selama 30 menit.

9 dari 11 halaman

Apakah Kunyit Bisa Menghilangkan Bau Amis?

Tidak perlu khawatir tentang rasa ikan, karena kunyit adalah bahan yang baik untuk menyingkirkan bau amis ikan dengan efektif.

10 dari 11 halaman

Apakah Ayam Mentah Harus Dicuci?

Ternyata mencuci unggas mentah berpotensi memercikkan bakteri berbahaya ke dapur. Pilihan terbaik adalah memasak ayam sampai matang adalah tanpa dicuci. Memasak dengan cara ini juga sangat aman untuk dimakan.

11 dari 11 halaman

Apakah Ayam Boleh Direndam Air?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, daging ayam tidak boleh didiamkan lama dalam suhu ruang karena bakteri akan berkembang biak dengan sangat cepat. Yang lebih parah, daging ayam tidak boleh direndam air sama sekali karena air adalah makanan bakteri di dalam daging ayam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini