Sukses

7 Trik Masak Telur Dadar ala Rumah Makan Padang, Simpel dan Enak untuk Ramadan 2024

Ramadhan sudah sangat dekat, tentu berbagai resep menu buka puasa yang simpel namun enak mulai banyak dicari. Ini salah satunya.

Liputan6.com, Jakarta Telur dadar sudah menjadi pilihan menu yang tak pernah membosankan. Selain proses pembuatannya yang simple dan tidak memerlukan banyak bahan, menu satu ini seringkali menjadi comfort food masyarakat Indonesia. 

Meski demikian, nyatanya hal tersebut tak berlaku untuk proses pembuatan telur dadar versi masakan padang. Menu masakan padang yang satu ini nyatanya memiliki metode tersendiri dalam proses pembuatannya. 

Berikut beberapa trik yang bisa diterapkan agar proses pembuatan telur dadar ala padang berhasil. Dirangkum dari beberapa sumber, pada Rabu (28/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

1. Gunakan Telur Ayam dan Telur Bebek

Kesalahan yang sering membuat telur ala padang jadi gagal salah satunya adalah tidak menggunakan telur bebek. Padahal, telur bebek berguna untuk membantu tekstur telur dadar nantinya menjadi lebih padat dan tebal. Adapun untuk takaran telur ayam dan telur bebek tersebut bisa menggunakan perbandingan 2:1.

3 dari 13 halaman

2. Gunakan Tepung Beras dan Tepung Terigu

Tepung beras dan Terigu perlu ditambahkan ke dalam adonan telur ayam dan telur bebek yang sudah tercampur. Gunanya adalah untuk membuat hasil telur dadar nantinya menjadi lebih padat. Jangan lupa juga untuk menambahkan garam, merica, dan kaldu bubuk agar tidak hambar.

4 dari 13 halaman

3. Tambahkan Bumbu Halus

Bumbu halus di sini terdiri dari cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, garam, dan minyak goreng secukupnya yang blender jadi satu. Tambahkan bumbu halus ini ke dalam adonan telur guna menambah cita rasanya. Jika ingin hasil telur dadar dengan warna kuning cerah bisa juga ditambahkan kunyit bubuk.

5 dari 13 halaman

4. Tambahkan Bahan Iris

Bahan iris ini terdiri dari bawang merah, daun bawang, dan seledri ataupun sayur jika suka. Adapun penambahan bahan iris ini adalah untuk memberi tekstur dan menambah ketebalan telur dadar. 

6 dari 13 halaman

5. Aduk Adonan Telur dengan Tepat

Teknik mengaduk adonan telur dadar padang yang benar adalah dengan memastikan lapisan dari irisan bawang merah yang ditambahkan tadi terpisah satu sama lain. Hal ini berfungsi untuk menghilangkan rasa amis yang timbul dari penggunaan telur bebek.

7 dari 13 halaman

6. Gunakan Api Paling Kecil saat Menggoreng

Teknik menggoreng telur dadar ala padang menjadi salah satu yang harus diperhatikan. Karena diameternya yang cukup tebal, penggunaan api yang tidak tepat membuat telur tidak matang merata. Untuk itu, pastikan menggoreng telur dadar ala padang menggunakan nyala api paling kecil agar telur bisa matang luar dalam.

8 dari 13 halaman

7. Goreng di Teflon dengan Ukuran Sedang

Penggunaan teflon yang terlalu besar akan mengurangi tingkat ketebalan telur. Sedangkan, jika teflon terlalu kecil, telur akan sulit dibalik saat proses penggorengan. Untuk itu, gunakan teflon berukuran sedang agar ketebalan telur terjaga dan telur tidak hancur saat dibalik.

9 dari 13 halaman

Bagaimana Cara Menggoreng Telur?

Panaskan wajan yang telah diberi sedikit minyak, tuang telur ke dalam wajan. Masak dengan api kecil ke sedang agar telur dadar tidak mudah gosong. Balik telur jika bagian bawahnya telah matang dan masak hingga semua bagian telur matang. Angkat telur dadar yang telah matang, sajikan selagi masih hangat.

10 dari 13 halaman

Kenapa Dibilang Telur Dadar?

Kenapa Disebut Telur Dadar? Asal-usul istilah 'dadar' konon berasal dari kata lebar atau diperluas. Dengan kata lain, telur dikocok terlebih dahulu sebelum digoreng hingga melebar.

11 dari 13 halaman

Berapa Lama Proses Memasak Telur?

Beda jenis kematangan, beda pula waktu merebusnya. Waktu merebus telur yang umum dijadikan pedoman terbagi menjadi empat, yakni 6 menit dan 8 menit untuk soft boiled eggs, serta 10 menit dan 12 menit untuk hard boiled eggs.

12 dari 13 halaman

Apa Perbedaan Omelet dan Telur Dadar?

Telur dadar dan omelet sebenarnya hanya memiliki sedikit perbedaan dimana tekstur omelet lebih lembut dan empuk dibandingkan dengan telur dadar. Telur dadar adalah salah satu hidangan yang banyak dipilih sebagai salah satu menu andalan untuk sarapan sebab kemudahan dalam proses pembuatannya.

13 dari 13 halaman

Apakah Menggoreng Telur Pakai Minyak?

Saat menggoreng telur, pastikan juga menggunakan minyak yang sehat. Beberapa minyak goreng sehat yang bisa kamu gunakan adalah minyak zaitun atau minyak kanola.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini