Sukses

Go Internasional, 11 Aktris dan Aktor Korea yang Pernah Membintangi Proyek Hollywood

Tidak hanya sukses dalam drakor, beberapa aktor dan aktris Kpop ini juga pernah debut di Hollywood, lho. Ada siapa saja mereka?

Liputan6.com, Jakarta - Industri KPop tidak hanya didominasi oleh idol dan musik yang mendunia, tapi juga industri aktingnya yang mumpuni dan menciptakan karya yang luar biasa. Maka tidak mengherankan bila banyak drama Korea (drakor) dan film Korea yang berhasil menarik perhatian para penikmat film dan drama di dunia internasional. 

Bahkan, industri akting ini juga 'mengantarkan' aktor dan aktris Korea dengan skill akting yang tidak bisa dianggap remeh ke industri Hollywood, lho. Mereka memulai karier dengan membintangi beberapa drama Korea populer hingga melebarkan sayap untuk membintangi film berskala internasional.

Dihimpun dari beberapa sumber, Selasa (20/2/2024), berikut ini daftar deretan aktor dan aktis Korea yang pernah masuk ke Hollywood. Ada siapa saja mereka? Yuk, cek bersama!

1. Jennie BLACKPINK

Sebelum berita casting The White Lotus 3 Lisa Blackpink menguak, Jennie Blackpink adalah anggota Blackpink pertama yang terjun ke Hollywood saat dia melakukan debut aktingnya di The Idol, yang dibintangi bersama Lily-Rose Depp dan The Weeknd alias Abel Tesfaye. Meskipun serial musikal ini mendapat tanggapan yang beragam, penampilan Jennie mendapat apresiasi.

2. Youn Yuh Jung

Youn Yuh Jung membuat sejarah ketika ia menjadi aktris Korea pertama yang memenangkan Oscar, BAFTA, SAG, dan penghargaan Independent Spirit atas penampilannya yang mencuri perhatian di Minari.

Aktris veteran ini membintangi film drama keluarga Lee Isaac Chung bersama Steven Yeun, Han Ye Ri, Alan Kim, Noel Kate Cho dan Will Patton. Yu Jung juga membintangi serial drama multibahasa Soo Hugh, Pachinko, bersama Kim Min Ha, Soji Arai, Jin Ha, Lee Min Ho, Noh Sang Hyun dan banyak lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Park Seo Joon

Park Seo Joon adalah salah satu aktor dalam daftar orang Korea yang memutuskan untuk mengambil beberapa peran Hollywood. Apalagi dia dianggap sebagai salah satu aktor K-drama terbesar di industri ini.

Ketika akhirnya dipastikan bahwa Park Seo Joon akan bergabung dengan Marvel Universe, para penggemar sangat gembira. Dia sendiri membintangi sekuel “Captain Marvel” di tahun lalu.

4. Taecyeon

Anda kemungkinan besar mengenal anggota 2PM, Taecyeon, dari akting antagonisnya di Vincenzo. Aktor nominasi Baeksang ini menjadi bintang tamu kejutan dalam serial spin-off rom-com To All the Boys berjudul XO, Kitty bersama Anna Cathcart, Choi Min Young, Sang Heon Lee, Gia Kim dan Anthony Keyvan.

5. Bae Doona

Memulai kariernya sebagai model, Bae Doona dengan cepat beralih ke dunia akting setelah lulus dari universitas. Tidak perlu dikatakan lagi, karier aktingnya melejit dengan cepat.

Dia segera membintangi “Barking Dogs Never Bite” karya Bong Joon Ho dan telah membintangi banyak film. Maka tidak mengherankan juga jika ia berperan sebagai Sonmi di film “Cloud Atlas.” Setelah membintangi beberapa film Hollywood lainnya, Bae Doona telah menjadi terkenal di industri ini.

3 dari 4 halaman

6. Teo Yoo

Lahir di Jerman dan fasih dalam beberapa bahasa memberi kesempatan bagi Yoo Teo untuk memperluas wawasan aktingnya. Dia sendiri memikat penggemar K-drama dalam Love to Hate You.

Kemudian untuk film debutnya di Hollywood, dia membintangi Past Lives yang juga dibintangi Greta Lee, dan mendapat sambutan hangat secara global. Film drama romantis ini baru-baru ini menerima dua nominasi Oscar. Teo sendiri telah dinominasikan untuk Aktor Terbaik di BAFTA Awards atas penampilannya di Past Lives.

7. Han Hyo Joo

Han Hyo Joo dikenal karena kecantikan dan bakatnya sebagai aktris. Debutnya di Hollywood datang dalam bentuk serial spin-off Jason Bourne berjudul “Treadstone.”

Dia mampu menampilkan pesona alaminya, bahasa Inggrisnya, dan adegan aksinya, yang dia kerjakan dengan sangat keras. Transformasinya sungguh menakjubkan, dan tidak ada keraguan bahwa dia memberikan segalanya!

8. Ma Dong Seok

Banyak yang akan terkejut saat mengetahui bahwa aktor terkenal “Train to Busan” itu sebenarnya tinggal di Ohio dan memiliki kewarganegaraan Amerika.

Meskipun pindah ke Korea Selatan untuk fokus mengembangkan karier aktingnya, Ma Dong Seok kembali ke Amerika Serikat, bergabung dengan Marvel Cinematic Universe dalam “Eternals” sebagai Gilgamesh.

4 dari 4 halaman

9. Son Suk Ku

Son Suk Ku langsung menjadi bintang Hallyu berkat penampilannya yang memukau di My Liberation Notes. Namun, Suk Ku telah melakukan debut Hollywood-nya jauh lebih awal dengan Sense8.

Aktor nominasi Baeksang ini muncul di Seaspn 2 serial drama fiksi ilmiah bersama Bae Doona, seorang aktris populer Korea Selatan yang merupakan salah satu pemeran utama Sense8.​

10. Jung Ho Yeon

Kesuksesan global Squid Game yang sangat besar mengangkat karier Jung Ho Yeon ke tingkat yang lebih tinggi. Aktris pemenang SAG ini debut di Hollywood dan membintangi film serta serial.

Ho Yeon berperan dalam The Governesses karya Joe Talbot bersama Lily-Rose Depp dan Renate Reinsv. Supermodel yang berubah menjadi aktris ini juga akan terlihat dalam serial thriller psikologis Disclaimer karya Alfonso Cuarón bersama Cate Blanchett, Kevin Kline, Sacha Baron Cohen, dan Kodi Smit-McPhee.

11. Lee Byung Hun

Latar belakang dan kemampuan bahasa Lee Byung Hun yang beragam akan membuat banyak orang terkesan. Aktor Korea Selatan ini tidak hanya fasih berbahasa Inggris, tapi dia juga fasih berbahasa Prancis!

Dia menunggu peran yang sempurna dan akhirnya diterima untuk berperan sebagai Storm Shadow di G.I. Joe franchise. Namun, dia tidak berhenti di sini.

Dia kemudian membintangi Terminator Genisys, Misconduct, The Magnificent Seven, The Fortress, dan Keys to the Heart. Jelas sekali bahwa karier Lee Byung Hun di Hollywood sedang berkembang pesat!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.