Sukses

6 Cara Menghilangkan Bekas Tinta Pemilu 2024

Berikut cara menghilangkan bekas tinta pemilu 2024

Liputan6.com, Jakarta Pada hari ini, Rabu (14/02/2024), masyarakat Indonesia kembali menentukan nasib bangsanya melalui pemilihan umum. Dalam Pemilu 2024, rakyat Indonesia akan memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR, DPD, DPRD provinsi dan DPRD RI.

Di Tempat Pemilihan Umum (TPU), para pemilih akan mencoblos kemudian mencelupkan jarinya ke dalam tinta sebagai tanda sudah memberikan suaranya.

Sejarah menggunakan tinta pemilu sebagai tanda sudah memberikan suara pada saat pemilu bermula dari India pada tahun 1962. Saat itu, India menghadapi masalah kecurangan dan pencurian identitas pemilih. Oleh karena itu, pemerintah India bekerja sama dengan perusahaan Mysore Paints and Varnishes Ltd. untuk membuat tinta khusus yang tidak mudah terhapus dari kulit.

Setelah India, banyak negara lain yang mengikuti penggunaan tinta pemilu, termasuk Indonesia. Indonesia pertama kali menggunakan tinta pemilu pada tahun 1995 di masa Orde Baru. Tinta pemilu di Indonesia memiliki warna ungu atau biru tua dan terbuat dari bahan sintetis dan alami, seperti perak nitrat, gambir, kunyit, dan inai. Tinta pemilu juga memiliki sertifikat halal dari MUI dan ramah lingkungan.

Tinta pemilu berfungsi untuk mencegah pemilih menggunakan hak suaranya lebih dari satu kali. Tinta pemilu juga menjadi simbol partisipasi dan demokrasi bagi rakyat Indonesia. Selain itu, tinta pemilu juga sering membawa berkah bagi pemilih, karena banyak tempat yang memberikan diskon atau fasilitas gratis bagi yang memiliki noda tinta di jari.

Untuk diketahui, tinta ungu yang digunakan pada Pemilu 2024 memang sulit dihapus dari kulit. Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan noda tinta tersebut dengan cepat dan mudah. Berikut adalah beberapa tips untuk menghapus bekas tinta pemilu yang dihimpun dari berbagai sumber:

1. Gunakan pembersih cat kuku atau aseton

Teteskan sedikit pada kapas atau tisu, lalu usapkan pada jari yang terkena tinta hingga bersih.

2. Pasta gigi

Gunakan pasta gigi. Oleskan pasta gigi pada jari, lalu gosok dengan sikat gigi atau tangan. Bilas dengan air bersih.

3. Sabun

Gunakan sabun dan air hangat. Cuci tangan dengan sabun dan air hangat secara menyeluruh. Gosoklah bagian yang terkena tinta dengan lembut namun menyeluruh.

4. Alkohol

Gunakan alkohol, seperti alkohol isopropil atau alkohol medis, untuk membersihkan tinta. Basahi kapas atau tisu dengan alkohol, lalu usapkan pada jari.

5. Losion

Gunakan losion tubuh atau losion antinyamuk. Oleskan losion pada jari dan gosok hingga bersih. Selain membersihkan tinta, losion ini juga memberikan keharuman dan membuat kulit Anda terjaga.

6. Hand sanitizer

Cairan pembersih tangan juga dapat membersihkan sisa tinta sehabis Pemilu. Cukup gosokkan cairan hand sanitizer di tangan. Beri perhatian ekstra pada jari yang memiliki sisa noda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pilpres 2024, Warganet Ngakak Lihat Foto Komeng di Surat Suara Anggota DPD Jabar

Momen Pemilu 2024 dirayakan oleh masyarakat Indonesia, termasuk di media sosial. Pada Pemilu 2024, masyarakat Indonesia tak hanya memilih Presiden dan Wakil Presiden tetapi juga anggota legislatif, dan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Bicara soal Pemilu 2024, ada hal yang membuat warganet salah fokus saat memilih anggota DPD, terutama mereka yang berada di daerah pemilihan Jawa Barat.

Para pemilih di dapil tersebut salah fokus dengan foto calon anggota DPD yakni komedian Alfiansyah Bustami alias Komeng yang menggunakan dinilai berbeda dengan calon anggota DPD lainnya.

Warganet menilai pose Komeng yang dicetak di surat suara itu kocak. Hal ini pun menjadi perbincangan warganet di media sosial terutama Twitter.

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

Gaya Nagita Slavina Saat Datang ke TPS, Tenteng Goyard Anjou Mini Bag Rp42 Juta

Pemilu 2024 bukan hanya momen bagi kandidat pasangan capres dan cawapres peserta pemilu, tapi juga masyarakat pendukung. Tak terkecuali Nagita Slavina yang pada tahun ini kerap ikut berkampanye dan menjadi pendukung salah satu capres.

Pada hari pencoblosan, wanita yang akrab disapa Gigi ini datang bersama suaminya, Raffi Ahmad. Melalui Instagram pribadinya pasangan selebritas itu mengunggah potret saat sudah mencoblos.

"Gw udah nyoblos," tulis keduanya di keterangan foto tersebut diunggah pada Rabu (14/2/2024).

Sementara momen bagaimana mereka mengantre saat datang ke TPS dibagikan melalui fitur Instagram Story. Tampak Raffi memegang kamera merekam dirinya yang membetulkan tatanan rambut, di sebelahnya ada Nagita yang tengah sibuk dengan ponselnya sedang duduk.

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

Usai Nyoblos, Megawati Pamer Pose 'Salam Metal'

Presiden RI ke-5 sekaligus Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri memamerkan pose ‘salam metal’ usai menggunakan hak pilih Pemilu 2024 di TPS 053, Kebagusan, Jakarta Selatan. Diketahui salam metal adalah gaya yang sering dia pamerkan yang artinya menang total.

Pantauan di lokasi, Megawati tidak datang sendiri. Tampak putrinya, Puan Maharani dan putranya, Prananda Prabowo turut mendampingi. Hadir juga Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan kader PDIP Eriko Satorduga.

Pada momentum hari ini, Megawati dan keluarga, tampak kompak dengan menggunakan setelan putih-putih berselendang merah. Kepada masyarakat yang hadir, Megawati tampak menyapa mereka dengan ramah.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.