Sukses

Tingkatkan Kesadaran Masyarakat, Tirta Medical Centre Gelar Talkshow Pentingnya Skrining Penyakit dan Infeksi Sejak Dini

Tirta Medical Centre mengadakan talkshow membahas pentingnya skrining penyakit

Liputan6.com, Jakarta Penting untuk mendeteksi adanya gangguan kesehatan atau faktor risiko yang dapat menyebabkan penyakit sebelum timbulnya gejala atau komplikasi lewat skrining. Dengan skrining penyakit, Anda dapat meningkatkan peluang kesembuhan dengan memulai pengobatan lebih cepat, mengindentifikasi faktor risiko penyakit yang dapat dimodifikasi dengan perubahan gaya hidup atau intervensi medis, hingga memilih pasien yang memerlukan pemeriksaan lanjutan atau rujukan ke fasilitas kesehatan tingkat lanjut. 

Untuk itu, Tirta Medical Centre sebagai pusat pelayanan kesehatan yang mengutamakan inovasi dan teknologi berkualitas tinggi menyelenggarakan talkshow dengan tema "Pentingnya Skrining Penyakit Kronik & Infeksi Sejak Dini." 

Acara yang dibuka untuk umum ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya pemeriksaan genomik dalam pemeliharaan kesehatan personal. Talkshow itu sendiri dengan nara sumber dr. Marsen Isbayuputra, SP. Ok Dokter Spesialis Okupasi; dr. Catherine Tjahyadi, FINEM, CMT Genomic Expert; serta influencer Sarah Kiehl.

Menurut dr. Catherine, pemeriksaan genomik dapat menjadi dasar dari pemeriksaan atau bahkan medical check up yang akan diambil seseorang. Dengan demikian, hasil dari pemeriksaan genomik dan MCU dapat bermanfaat dengan pola hidup yang harus dijalani oleh seseorang.

"Kalau sudah periksa genomik, tidak akan salah dengan tindakan yang harus diambil," ungkap dia saat acara talk show di Jakarta, pada Jumat (2/2/2024).

Tak jauh berbeda dengan pernyataan dr. Catherine, dr. Marsen mengemukakan bahwa kebanyakan orang hanya peduli pada tahap pengobatan penyakit. Padahal langkah health promotion dan spesifik protection juga tak kalah penting.

"Dengan melakukan spesifik protection, misalnya vaksinasi, seseorang akan lebih mudah untuk memantau produktivitasnya. Saat sakit, produktivitas akan menurun. Diharapkan dengan adanya vaksin, orangnya bisa tetap sehat, pekerja bisa tetap sehat, anaknya sehat, tidak ada beban pikiran sehingga produktivitas meningkat," ungkapnya panjang lebar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pentingnya pemeriksaan pra nikah

Hal ini kemudian diamini oleh Sarah Kiehl. Ia mengaku, sebelum menikah sempat melakukan pemeriksaan pra nikah.

"Aku bukan expert, ini dari kacamata aku sebagai pasien. Waktu nikah, itu ada beberapa hal yang harus diketahui dari awal."

Ia melanjutkan bahwa pasangan wajib mengetahui adakah penyakit dari masing-masing pihak yang harus diwaspadai.

"Jadi setidaknya tahu basic penyakit pasangan kita. Waktu pra nikah itu kan ada cek-cek penyakit, jadi bisa lebih open dan percaya," akunya.

Lebih lanjut, Sarah Kiehl menyatakan bahwa ia mempercayakan pemeriksaan pra nikahnya di Tirta Medical Centre karena lengkapnya pemeriksaan genomik yang disediakan.

"Aku sempat nyobain. Hospitality-nya bagus di sini, bahkan untuk yang awam. Dokternya benar-benar menjelaskan secara detail. Jadi untuk orang awam, bisa tahu semuanya." 

 

3 dari 3 halaman

Layanan pemeriksaan genomik di Tirta Medical Centre

Hal yang sama disampaikan oleh dr. Catherine. Menurut dia, Tirta Medical Centre menyediakan layanan pemeriksaan genomik terdepan yang dapat memberikan wawasan penting mengenai kesehatan genetik.

"Seperti kita ketahui, pemeriksaan genomik sendiri merupakan langkah revolusioner dalam dunia kesehatan yang memungkinkan identifikasi potensi risiko genetik, diagnosis dini penyakit, dan penyesuaian perawatan yang lebih personal," pungkas dr. Catherine.

Pada sesi talkshow itu, peserta yang hadir juga dapat merasakan langsung manfaat pemeriksaan di Tirta Medical Center dengan promo menarik: di antaranya promo pemeriksaan genomik, medical check up, dan laboratorium.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.