Sukses

Profil, Agama dan Potret Gibran Rakabuming Raka Kini Jadi Calon Wakil Presiden Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Berikut deretan potret dan ulasan profil sosok Gibran Rakabuming Raka yang kini sebagai Calon Wakil Presiden di Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta Putra sulung Presiden RI Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, telah mengumumkan dirinya sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024.

Sebelumnya, Gibran telah menjabat sebagai Walikota di Surakarta atau Solo, saat itu ia merupakan Walikota termuda dalam sejarah kota tersebut.

Dengan komitmen yang teguh, Gibran telah berhasil meraih berbagai pencapaian melalui program pembangunan yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat serta meningkatkan kesejahteraan penduduk Kota Solo.

Pada Pilpres 2024, Prabowo telah memilih Gibran sebagai pasangannya untuk menjadi Cawapres.

Berikut ulasan profil singkat tentang sosok Gibran Rakabuming Raka Cawapres Pilpres 2024, yang dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis, (01/02/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Biodata Gibran Rakabuming

Nama Lengkap: Gibran Rakabuming Raka

Nama Panggilan: Gibran atau Mas Gibran

Tempat dan Tanggal Lahir: Surakarta, 1 Oktober 1987

Agama: Islam

Zodiak: Libra

Pasangan: Selvi Ananda

Nama Anak: Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah

Nama Ayah: Joko Widodo

Nama Ibu: Iriana

Saudara: Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep

Pendidikan: Insearch di University of Technology Sydney Insearch, Sydney, Australia (2010)

Instagram: @gibran_rakabuming

Twitter: @gibran_tweet

3 dari 9 halaman

Awal Perjalanan Karir Sebagai Walikota Surakarta atau Solo

Dilansir dari sumber lain, Setelah ditetapkan secara resmi pada tanggal 26 Februari 2021, Gibran Rakabuming Raka menjabat sebagai Wali Kota Surakarta untuk masa jabatan 2021-2026.

Gibran, yang berusia 33 tahun, menjadi wali kota termuda yang pernah memimpin Kota Surakarta.

4 dari 9 halaman

Jenjang Pendidikan

Gibran Rakabuming Raka telah menetap di Solo sejak kecil. Namun, ketika ia memasuki Sekolah Menengah Pertama (SMP), ia memutuskan untuk pindah ke Singapura.

Kemudian, Gibran melanjutkan pendidikannya di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Orchid Park Secondary School, Singapura.

Pada tahun 2007, setelah lulus dari Management Development Institute of Singapore, Gibran Rakabuming Raka meneruskan studinya ke program Insearch di University of Technology Sydney Insearch, yang terletak di Sydney, Australia. Ia berhasil menyelesaikan program tersebut pada tahun 2010.

5 dari 9 halaman

Latar Belakang Keluarga

Gibran Rakabuming Raka lahir di Surakarta pada tanggal 1 Oktober 1987. Bersama dengan dua saudaranya, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep.

Gibran telah menjabat sebagai Wali Kota Solo setelah menikah dengan Selvi Ananda. Dari pernikahannya itu, ia diberkahi dengan dua orang anak, yaitu Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah.

6 dari 9 halaman

Menjadi Cawapres Pilpres 2024

Saat ini, Gibran telah menempatkan dirinya sebagai Cawapres berpasangan dengan Prabowo Subianto yang menjadi calon presiden dalam Pilpres 2024.

7 dari 9 halaman

Gibran Rakabuming Raka Beragama Apa?

Gibran seorang Muslim, menganut agama Islam.

8 dari 9 halaman

Gibran Lahir Tahun Berapa?

Diketahui Gibran lahir pada tahun 1987.

9 dari 9 halaman

Istri Gibran Agama Apa Dulu?

Diketahui istri Gibran, Selvi Ananda sebelumnya menganut agama katolik sejak lahir dan setelah menikah dengan Gibran, ia berpindah menjadi Islam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini