Sukses

Viral Berkat TikTok, Saudara Kembar yang Terpisah Sejak Lahir Bersatu Kembali 19 Tahun Kemudian

TikTok mempertemukan kembali saudara kembar yang terpisah 19 tahun kemudian

Liputan6.com, Jakarta Saudara kembar identik, Amy Khvitia dan Ano Sartania, yang dipisahkan saat lahir dan dijual dalam jaringan adopsi ilegal, telah dipertemukan kembali setelah 19 tahun. Reuni terjadi ketika salah satu dari mereka melihat yang lain di TikTok.

Amy pertama kali melihat saudara perempuannya di 'Georgia's Got Talent' ketika dia berusia 12 tahun dan memperhatikan seorang gadis yang mirip dengannya. Bertahun-tahun kemudian, Ano menerima video TikTok tentang seorang wanita berambut biru yang tampak identik dengannya - wanita itu adalah saudara kembarnya, Amy.

Kakak beradik ini tumbuh terpisah dengan jarak bermil-mil, dengan Ano di Tbilisi, dan Amy di Zugdidi. Mereka bahkan berpartisipasi dalam kontes tari yang sama pada usia 11 tahun, di mana orang-orang menyadari kemiripan mereka yang luar biasa.

Video TikTok menjadi inspirasi dan reuni yang mengejutkan bagi Ano dan Amy. Namun ketika mereka menggali lebih dalam masa lalu mereka, mereka menemukan bahwa mereka termasuk di antara ribuan bayi yang diambil dari rumah sakit di Georgia dan dijual, beberapa di antaranya terjadi pada tahun 2005.

Menurut BBC, kedua gadis tersebut bertemu dua tahun lalu di Jembatan Rustaveli di ibu kota Georgia, Tbilisi – tempat pertemuan pertama mereka sejak berpisah hampir dua dekade sebelumnya. Setelah saling bertemu, Amy ingin mencari ibu kandungnya, namun Ano tidak yakin. Namun, Amy memposting kisah mereka di grup Facebook untuk keluarga di Georgia yang mengira anak-anak mereka diambil dan dijual.

Grup Facebook tersebut bernama Vedzeb, yang berarti "Saya sedang mencari" dalam bahasa Georgia. Para ibu yang diberi tahu bayinya meninggal dan anak-anak yang mencari orang tua kandungnya menggunakannya. Grup ini memiliki lebih dari 230.000 anggota dan membantu menunjukkan bagian menyedihkan dari masa lalu Georgia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berkat bantuan reporter

Tamuna Museridze, seorang reporter, membuat grup tersebut pada tahun 2021 setelah mengetahui bahwa dia diadopsi. Dia menemukan akta kelahirannya sendiri dengan informasi yang salah ketika ibu angkatnya meninggal.

Dia memulai kelompoknya untuk mencari keluarganya sendiri, namun akhirnya terungkap skandal perdagangan bayi besar-besaran yang berdampak pada puluhan ribu orang selama bertahun-tahun. Meski telah membantu ratusan keluarga bersatu kembali, dia masih mencari keluarganya sendiri.

Setelah Amy dan Ano membagikan kisah mereka di grup, seorang wanita di Jerman melihat postingan tersebut. Ibunya melahirkan anak kembar pada tahun 2002 di sebuah rumah sakit di Georgia dan diberitahu bahwa mereka meninggal. Sekarang dia mengira mereka mungkin masih hidup.

 

3 dari 3 halaman

Mengunjungi ibu kandung

Tes DNA menunjukkan dia adalah saudara perempuan mereka, dan mereka semua memiliki ibu kandung yang sama, Aza, di Jerman. Hal ini diyakini ketika ibu kandung si kembar, Aza Shoni, mengalami koma saat melahirkan pada tahun 2002. Suaminya, Gocha Gakharia, membuat pilihan sulit untuk menjual Ano dan Amy ke keluarga berbeda. Setelah mengetahui kebenaran tentang ibu mereka, Amy sangat bersemangat untuk bertemu Aza, tapi Ano khawatir.

"Inilah orang yang bisa saja menjualmu, dia tidak akan mengatakan yang sebenarnya padamu," kata Ano. Tapi dia pergi bersama Amy ke Jerman untuk mendukungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.