Sukses

6 Cara Menghidupkan Kembali Hubungan yang Retak dan Membosankan

Jika hubunganmu berada di ambang kehancuran, penting untuk mengatasi masalah tersebut dan mengambil langkah proaktif untuk menghidupkan kembali hubungan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda memperhatikan bahwa setelah percikan awal antara Anda dan pasangan memudar, hubunganmu tampak semakin membosankan dan stagnan dari hari ke hari?

Ya, hubungan, seperti aspek lain dalam kehidupan kita, juga mengalami pasang surut. Jika hubunganmu berada di ambang kehancuran, penting untuk mengatasi masalah tersebut dan mengambil langkah proaktif untuk menghidupkan kembali hubungan tersebut.

Oleh karena itu, ketahui beberapa cara untuk memperbaiki dan menghidupkan kembali hubungan retak dan membosankan, seperti melansir dari Times of India, Selasa (16/1/2024).

1. Komunikasi terbuka

Setelah Anda mengetahui adanya masalah dalam hubunganmu, langkah selanjutnya adalah membicarakannya secara terbuka dan jujur dengan pasanganmu. 

Ingatlah bahwa komunikasi adalah kunci dalam hubungan apa pun. Jika suatu hubungan sedang bermasalah, hal ini seringkali mengindikasikan terputusnya komunikasi.

Jadi, cobalah untuk terhubung kembali dengan pasanganmu dengan melakukan percakapan dari hati ke hati. Ciptakan ruang yang aman bagi mereka untuk terbuka kepadamu dan mendengarkan kebutuhan serta kekhawatiran mereka. 

Hindari saling menyalahkan dan mengkritik, dan sebaliknya fokuslah untuk memahami satu sama lain dengan lebih baik.

2. Identifikasi masalah mendasar dalam hubunganmu dan berusahalah memperbaikinya

Apakah karena kurangnya waktu berkualitas yang dihabiskan bersama atau kebencian karena harapan yang tidak terpenuhi yang menyebabkan rusaknya hubunganmu? 

Cari tahu akar penyebab masalah dalam hubungan cintamu dan cobalah menemukan solusi efektif bersama-sama.

3. Temukan kembali minat yang sama

Renungkan aktivitas yang awalnya mempertemukan Anda berdua, dan cobalah untuk menemukan kembali aktivitas tersebut bersama-sama.

Minat yang sama atau memiliki hobi baru bersama akan membantumu melakukan aktivitas yang Anda berdua sukai. Hal ini bisa membantu menghidupkan kembali persahabatanmu dan menciptakan pengalaman bersama yang positif.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Ungkapkan rasa terima kasih dan apresiasimu kepada pasangan

Dalam kesibukan yang kita jalani, seringkali kita lupa mengungkapkan rasa terima kasih dan menghargai pasangan kita. 

Jadi berhentilah sejenak dan berusahalah secara sadar untuk menunjukkan penghargaanmu atas upaya dan kualitas pasanganmu—yang pada awalnya Anda sukai.

Tindakan kecil yang penuh kebaikan dan penghargaan bisa sangat membantu dalam membangun kembali hubungan. 

5. Maafkan dan lepaskan

Terkadang, rasa benci dan dendam bisa meracuni hubungan yang baik. Jika itu yang terjadi dalam hubunganmu dengan pasangan, praktikkan pengampunan atas kesalahan masa lalunya, lepaskan rasa dendam, dan fokuslah pada masa kini dan masa depanmu bersama. 

Ingat, pengampunan adalah alat yang ampuh untuk penyembuhan—tidak hanya untuk pasanganmu, tapi juga untukmu. Menciptakan lingkungan yang positif untuk hubungan akan membantu berkembangnya hubungan tersebut.

 

3 dari 3 halaman

6. Carilah bantuan profesional

Jika tidak ada yang membantu, tidak masalah jika Anda mencari bantuan terapis atau konselor untuk memulihkan hubungan tersebut. 

Pihak ketiga yang netral bisa memberikan wawasan, alat komunikasi dan strategi untuk mengatasi masalah rumit dalam hubunganmu.

Bantuan profesional bisa menawarkan lingkungan yang terstruktur dan mendukung bagi kedua pasangan untuk menyampaikan kekhawatiran mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.