Sukses

7 Bahasa Tubuh yang Menandakan Seseorang Tidak Dapat Dipercaya

Berikut ini deretan bahasa tubuh yang menandakan seseorang mungkin tidak dapat kalian percaya.

Liputan6.com, Jakarta Apapun percakapannya, orang tidak selalu bisa mengontrol pesan yang disampaikan tubuhnya. Memahami dasar-dasar bahasa tubuh dapat membantu Anda mengidentifikasi tanda-tanda bahaya perilaku yang signifikan sebelum meluangkan waktu dan upaya dalam interaksi sosial. Dilansir dari Brightside, berikut ini deretan bahasa tubuh yang menandakan seseorang mungkin tidak dapat kalian percaya. 

1. Mereka menghindari kontak mata 

Menghindari kontak mata tidak selalu merupakan tanda seseorang berbohong. Namun jika Anda melihat orang tersebut terus-menerus mengalihkan pandangan dari Anda (seringkali ke sudut kiri atau kanan atas matanya), dia mungkin berbohong. Namun, jangan bingung melihat ke bawah dengan melihat ke samping. 

Orang biasanya melihat ke bawah ketika mencoba mengingat sesuatu. Anda dapat mengajukan pertanyaan lanjutan dan meminta mereka membalikkan ceritanya untuk mengetahui apakah mereka berbohong.

Kebanyakan orang mengetahui teknik ini dan berusaha menghindari kontak mata. Kontak mata yang sehat secara berkala mengembara ke arah yang berbeda selama percakapan, bersamaan dengan ekspresi untuk menanggapi informasi.

2. Mereka selalu fokus pada ponsel untuk menghindari konfrontasi

Jika Anda melihat mata seseorang terpaku pada layar ponselnya sepanjang hari, ini mungkin menunjukkan bahwa dia takut akan konfrontasi atau khawatir pesan teks dari orang lain akan muncul kapan saja. Ini bisa mengkhawatirkan jika pasangan atau teman Anda tiba-tiba membentuk kebiasaan ini. 

Misalnya, jika mereka kesulitan melakukan percakapan selama waktu makan dan menghabiskan waktunya terus-menerus mencari notifikasi, cobalah untuk mengawasi apa yang mereka lakukan dan hadapi mereka jika diperlukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Mereka cenderung menjauhi Anda selama percakapan

Secara umum, orang atau pasangan cenderung condong ke arah satu sama lain melalui tubuh, kaki, atau kepala selama percakapan. Jika Anda melihat perubahan pada gerak tubuh mereka dan cara mereka merespons pertanyaan Anda, itu mungkin tanda bahwa mereka menyembunyikan sesuatu. Terkadang kecondongan ini juga bisa bersifat virtual, di mana Anda harus menunggu lebih dari 6 jam untuk mendapatkan balasan dari mereka. Orang mungkin menggunakan teknik ini untuk menjauhkan diri dari Anda.

Ini juga bisa berarti bahwa seseorang tidak terlalu tertarik dengan percakapan tersebut dan lebih memilih berada di tempat lain. Dalam situasi ini, cobalah untuk tidak memaksakan percakapan terlalu keras padanya dan terimalah bahwa orang tersebut tidak sepadan dengan waktu Anda.

4. Berkedip cepat mungkin menunjukkan ketidaknyamanannya

Berkedip itu wajar. Namun perhatikan kedipan yang tidak normal, yaitu saat seseorang berkedip terlalu banyak atau terlalu sedikit. Berkedip jarang menunjukkan orang tersebut mencoba berpura-pura menjadi seseorang yang bukan dirinya. Baik itu minat palsu pada percakapan atau berbohong, waspadai perilaku ini saat Anda berbicara dengan orang lain. Misalnya, pesulap berpengalaman mungkin berkedip lebih lambat dari biasanya untuk berpura-pura bersikap natural pada trik sulap berikutnya.

3 dari 4 halaman

5. Tangan dan kaki mereka disilangkan untuk mengalihkan perhatian

55% percakapan kita bersifat nonverbal, dan lengan serta kaki merupakan bagian terbesarnya. Menyilangkan tangan dapat menandakan sikap defensif atau perlindungan diri, sedangkan menyilangkan kaki dapat menandakan ketidaknyamanan pada seseorang. Tanda-tanda halus seperti lengan yang terlalu melebar juga bisa membuat seseorang terlihat lebih manipulatif dan memerintah.

Orang sering kali secara tidak sengaja menggunakan bahasa tubuh ini untuk mengalihkan perhatian dari dirinya sendiri. Sedangkan untuk kontak verbal, mereka menghindari pembicaraan tentang diri mereka sendiri dan berhasil membalikkan setiap pertanyaan kembali ke Anda.

6. Mereka memberi isyarat berlebihan dengan tangan mereka

Menggunakan gerakan tangan bagus saat Anda berbicara dengan orang lain. Ini membantu orang menekankan poin-poin penting mereka dan membuat orang lain tetap terlibat dalam percakapan. Namun, seperti hal lainnya, gerakan tangan tidak masalah jika dilakukan dalam jumlah sedang. 

Faktanya, penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 mengungkapkan bahwa orang yang memberi isyarat menggunakan kedua tangan kemungkinan besar adalah pembohong. Terlalu sering menggunakan isyarat tangan membuat seseorang menjadi kurang bisa dipercaya dan panik. Hal ini juga berlaku jika gerak tubuh mereka tidak sejalan dengan kata-kata mereka dan mungkin memberikan kesan bahwa mereka tidak tahu apa yang mereka katakan.

Anda bisa mendeteksi gerak tubuh yang normal dengan memperhatikan posisi tangannya. Idealnya, tangan mereka harus setinggi pinggang dan digunakan pada momen yang terkendali. Gerakan tangan juga melambat ketika orang berhenti sejenak selama percakapan.

4 dari 4 halaman

7. Suaranya serak saat berbicara dengan Anda

Perhatikan perubahan suara selama percakapan. Pembohong sering kali beralih antara suara normal ke nada yang lebih tinggi dibandingkan orang jujur. Meskipun nada tinggi atau suara berderak tidak menjamin dia berbohong, suara bernada tinggi ditambah dengan tanda bahaya bahasa tubuh lainnya dapat membantu Anda memutuskan apakah Anda harus memercayai seseorang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.