Sukses

Daftar Video Anak-anak Terpopuler, Raih Top YouTube Sepanjang Masa

YouTube, yang diperkenalkan pada tahun 2005, telah meraih ketenaran secara global sebagai sarana untuk membagikan video. Perubahan dalam minat penonton terlihat sejak 18 tahun lalu ketika platform ini pertama kali diluncurkan, dengan video lagu dan edukasi anak menjadi sangat dominan.

Liputan6.com, Jakarta Aplikasi YouTube yang sangat populer tentu tidak asing bagi mayoritas masyarakat di dunia. Sebagai platform berbagi video yang sangat diminati, YouTube telah mencapai kesuksesan yang luar biasa sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2005.

YouTube menyajikan berbagai fitur menarik untuk penggunanya. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa banyak orang memanfaatkan YouTube untuk membagikan berbagai jenis video, mulai dari video sehari-hari, video edukatif, video musik, hingga video komedi.

Menariknya, minat penonton terus berkembang sejak 18 tahun yang lalu ketika platform ini pertama kali diperkenalkan. Video lagu anak dan video pendidikan anak menjadi dominan dalam preferensi pengguna. Menurut laporan Visual Capitalist, dari 20 video YouTube yang paling populer, 9 di antaranya dikategorikan sebagai konten yang ditujukan untuk anak-anak.

Berikut ini adalah video anak-anak terpopuler dan raih top YouTube sepanjang masa, telah dirangkum dari berbagai sumber, pada Selasa (9/1/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Johny Johny Yes Papa (LooLoo Kids)

Pertama, terdapat lagu yang berjudul ‘Johny Johny Yes Papa’ dari LooLoo Kids yang dirilis pada tahun 2016. Lagu ini mengisahkan upaya seorang anak untuk memakan gula dan memberikan kebohongan kepada ayahnya.

Lirik lagu ini dirancang dengan kata-kata yang mudah diingat oleh anak-anak, seperti gula (sugar), ya (yes), tidak (no), papa, dan bohong (lies). Jumlah penayangan 'Johny Johny Yes Papa' di YouTube mencapai 6,8 miliar kali.

3 dari 12 halaman

Bath Song (Cocomelon)

Berikutnya lagu yang berjudul 'Bath Song' dari Cocomelon menjadi opsi bagi anak-anak untuk merasa nyaman selama mandi. Lewat lagu ini, mereka dapat belajar tata cara mandi guna menjaga kebersihan tubuh.

Sungguh gembira sang anak ketika mandi sambil menyanyikan lagu ini bersama orang tuanya. Lagu 'Bath Song' yang diunggah pada tahun 2018, telah dilihat lebih dari 6,5 miliar kali oleh pengguna YouTube.

4 dari 12 halaman

Learning Colors - Colorful Eggs on a Farm (Miroshka TV)

Selanjutnya, terdapat video musik yang sesuai untuk anak-anak yang ingin belajar mengenai warna. Miroshka TV, sebuah kanal asal Rusia, mengunggah video berjudul 'Learning Colors - Colorful Eggs on a Farm' pada tahun 2018.

Ketika menonton video ini, anak-anak akan diajak untuk mengenal karakter telur diiringi oleh alunan musik yang menghibur. Dalam video ini, anak-anak akan diajarkan mengenai enam warna, termasuk hitam, coklat, pink, putih, merah, dan biru. Video musik yang memiliki unsur edukatif ini sudah ditonton sebanyak 5 miliar kali.

5 dari 12 halaman

Wheels on the Bus (Cocomelon)

Lagu yang ceria ini menceritakan pengalaman perjalanan menggunakan bus. Dalam lagu 'Wheels on the Bus,' anak-anak dapat memperoleh pengetahuan mengenai berbagai bagian dari bus.

Misalnya, roda bus yang berputar, bunyi klakson bus, hingga pembersih kaca bus yang bergerak. Liriknya diulang-ulang sehingga mempermudah anak-anak untuk menghafalnya. Cocomelon mengunggah lagu ini pada tahun 2018 dan telah berhasil ditonton lebih dari 5,8 miliar kali oleh pengguna YouTube.

6 dari 12 halaman

Baby Shark Dance (Pinkfong)

Lagu 'Baby Shark' yang diluncurkan pada 2015 ini sangat terkenal dengan lirik 'Baby Shark, doo doo, doo doo doo doo.' Lagu ini menggambarkan kehidupan keluarga ikan hiu, seperti ada anak hiu hingga kakek hiu.

Selain bernyanyi, anak-anak juga dapat mengikuti setiap gerakan yang disertakan dalam lagu 'Baby Shark.' Keberhasilan luar biasa dari lagu ini, yang berasal dari Pinkfong, terlihat dari jumlah penontonnya yang mencapai 13 miliar di platform YouTube.

7 dari 12 halaman

Masha and The Bear Episode 17 (Get Movies)

Kartun terkenal asal Rusia, 'Masha and The Bear,' menyuguhkan kisah yang menghibur dan menarik untuk kalangan anak-anak. Pada episode ke-17, cerita kartun ini menceritakan beruang yang membuat bubur untuk Masha.

Selanjutnya, Masha menambahkan stroberi ke dalam bubur tersebut. Kejadian lucu terjadi saat panci bubur terus meluap, membuat Masha harus mencari cara untuk mengatasi keadaan tersebut.

Episode ke-17 ini diunggah di kanal YouTube Get Movies pada tahun 2012 dan berhasil memikat perhatian penonton sebanyak 4,5 miliar.

8 dari 12 halaman

Apa Saja Lagu Anak-anak Paling Populer di Indonesia?

Tentunya ada banyak lagu anak-anak yang populer di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa lagunya, seperti Bintang Kecil, Cicak di Dinding, Pelangi, Balonku, Rasa Sayange, Gundhul Pacul, dan Soleram.

9 dari 12 halaman

Apa Fungsi dari Lagu Anak-anak?

Lagu anak-anak dapat memberikan pesan moral kepada anak dengan menyenangkan dan sederhana. Misalnya anak-anak jadi mengetahui tentang ketuhanan, diri sendiri, keluarga, dan keindahan alam.

10 dari 12 halaman

Berapa Umur Baby Shark?

Ternyata, penyanyi asli Baby Shark adalah gadis bernama Choi Bo Bae yang saat itu berusia 10 tahun. Identitasnya memang tidak diketahui untuk waktu yang lama. Baru pada tahun 2022, Choi Bo Bae memutuskan untuk tampil di hadapan publik melalui acara TV I Can See Your Voice.

11 dari 12 halaman

Dari Mana Saluran Pinkfong Berasal?

Pinkfong menjadi salah satu tayangan dari smart study yang berasal dari Korea Selatan. Pinkfong juga banyak menghasilkan Video edukasi untuk anak-anak.

12 dari 12 halaman

Masha and the Bear dari Negara Apa?

Kartun Masha and the Bear diangkat dari dongeng klasik Rusia. Animasi yang satu ini menceritakan petualangan seru Masha dan teman beruangnya yang bernama Miskha. Kartun ini diproduksi oleh perusahaan Animasi Rusia Animaccord Animation Studio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini