Sukses

Cetak Sejarah di Golden Globes 2024, Lily Gladstone Jadi Penduduk Asli Amerika Pertama Menangkan Aktris Terbaik

Lily Gladstone mencetak sejarah jadi penduduk pribumi Amerika pertama yang memenangkan aktris terbaik Golden Globes 2024

Liputan6.com, Jakarta Dalam kemenangan yang mengukir sejarah, Lily Gladstone menjadi masyarakat Pribumi atau native American pertama yang memenangkan Golden Globes 2024 untuk aktris terbaik. Demikian menurut juru bicara organisasi yang membagikan penghargaan tersebut.

Lily Gladstone berperan sebagai Mollie Burkhart, seorang wanita Osage yang anggota keluarganya dibunuh sebagai bagian dari rencana untuk mengambil kekayaan mereka, dalam film “Killers of the Flower Moon” karya Martin Scorsese. 

Seperti diwartakan oleh The New York Times, Gladstone, yang berlatar belakang Blackfeet dan Nez Perce, adalah aktris Pribumi kedua yang menerima pengakuan dari Golden Globes. Sebelumnya, Irene Bedard dinominasikan pada tahun 1995 untuk “Lakota Woman: Siege at Wounded Knee,” yang merupakan sebuah film televisi.

Setelah mendapat tepuk tangan meriah, Gladstone yang gembira mengucapkan beberapa baris kalimat dalam bahasa Blackfeet, “komunitas bangsa yang indah yang membesarkan saya, yang mendorong saya untuk terus maju, terus melakukan ini,” jelasnya dalam bahasa Inggris. 

Dia juga berterima kasih kepada sutradara dan lawan mainnya, termasuk Leonardo DiCaprio dan Robert De Niro, lalu mendedikasikan penghargaan tersebut kepada “setiap anak kecil” yang memiliki mimpi.

Masih jadi perdebatan

Meski demikian, apakah Gladstone adalah penduduk asli pertama yang memenangkan Golden Globes secara keseluruhan, masih belum jelas. Penyanyi Buffy Sainte-Marie, yang mengatakan bahwa dia dilahirkan dari seorang wanita Pribumi, memenangkan Golden Globe pada tahun 1983 untuk lagu “Up Where We Belong” dari film “An Officer and a Gentleman.” Namun garis keturunannya baru-baru ini diperdebatkan.

Ada nominasi Pribumi lain tentunya. Tahun ini, mendiang musisi Robbie Robertson, yang merupakan Mohawk dan Cayuga, dinominasikan untuk musik asli untuk “Killers of the Flower Moon” (Dia kalah dari Ludwig Göransson untuk “Oppenheimer.”) Lebih jauh ke belakang, Chief Dan George dinominasikan untuk komik western tahun 1970 “Little Big Man” dan Adam Beach untuk adaptasi televisi tahun 2007 “Bury My Heart at Wounded Knee.”

“Killers of the Flower Moon,” diangkat berdasarkan buku nonfiksi karya David Grann, disusun ulang sejak awal untuk fokus pada hubungan antara Mollie dan suaminya, Ernest (Leonardo DiCaprio), yang terlibat dalam konspirasi untuk membunuh kerabatnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar Lengkap Pemenang Golden Globe Awards 2024: Barbie Kalah, Oppenheimer Borong 5 Piala

Malam Puncak Golden Globe Awards 2024 digelar di The Beverly Hills Hilton, California, AS, Minggu (7/1/2024) atau Senin (8/1/2024) waktu Indonesia. Sejumlah kejutan tercipta di ajang Golden Globes ke-81.

Salah satunya, kekalahan Barbie di kategori utama Film Terbaik Musikal atau Komedi. Ia kalah dari Poor Things. Namun, film yang dibintangi Margot Robbie ini tidak pulang dengan tangan kosong karena menang Soundtrack Terbaik dan Penghargaan Khusus Sinematik Box Office.

Kejutan lain datang dari Leonardo DiCaprio yang dikalahkan Cillian Murphy bekat film Oppenheimer. Film yang sama mengantar Robert Downey Jr. sebagai Pemeran Pendukung Pria Terbaik, mengalahkan Ryan Gosling dalam Barbie.

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

Cillian Murphy Raih Aktor Terbaik di Golden Globe Awards 2024 Berkat Oppenheimer

Aktor Cillian Murphy saat ini berhasil meraih gelar Aktor Terbaik dalam acara penghargaan bergengsi Golden Globe Awards 2024. Melansir dari unggahan media sosial Golden Globe Awards di X (sebelumnya Twitter), Cillian meraih penghargaan tersebut dalam perannya di film Oppenheimer.

“Congratulations to Cillian Murphy in Oppenheimer on your WIN for Best Male Actor - Motion Picture - Drama!,” tulis akun @goldenglobes.

 Sebagai informasi, Cillian Murphy berperan sebagai karakter J. Robert Oppenheimer dalam film tersebut.

Ia meraih penghargaan tersebut dengan mengungguli nama-nama aktor ternama lainnya seperti Andrew Scott, Barry Keoghan, Bradley Cooper, Colman Domingo, hingga Leonardo DiCaprio.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.