Sukses

Ternyata Daun Bayam Merah Memiliki Manfaat dalam Menangkal Gula Darah dan Kolesterol

Daun bayam merah memiliki banyak manfaat, serta efektif menangkal gula darah dan kolesterol.

Liputan6.com, Jakarta Meskipun mungkin tidak sepopuler bayam hijau, bayam merah memiliki kandungan nutrisi yang kaya dan memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, termasuk dalam efektivitas menangkal gula darah dan kolesterol. Bayam merah dapat dengan mudah ditemukan dan diolah.

Daun sayuran ini umumnya berbentuk bundar dan memiliki ketebalan yang cukup. Selain itu, batang tengah bayam merah juga memiliki warna merah cerah. Kandungan cairan merah dapat ditemukan baik di daun maupun batang bayam merah, memberikan rasa manis pada bayam merah dan teksturnya terasa sangat halus.

Yuk simak informasi selengkapnya mengenai manfaat daun bayam merah yang bermanfaat untuk menangkal gula darah dan kolesterol, dikutip dari berbagai sumber pada Rabu (03/01/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Kandungan Daun Bayam Merah

Kandungan antosianin yang tinggi dapat ditemukan dalam bayam merah. Sebagai sejenis flavonoid, antosianin adalah senyawa antioksidan yang secara alami hadir dalam buah dan sayuran, memberikan warna merah, ungu, dan biru.

3 dari 11 halaman

Manfaat Daun Bayam Merah untuk Kesehatan

Walaupun tidaklah menjadi satu-satunya elemen yang memengaruhi kesehatan gula darah dan kolesterol, mengonsumsi bayam merah dapat menjadi bagian dari gaya hidup sehat untuk mendukung manajemen kedua aspek tersebut. Meskipun demikian, diyakini bahwa bayam merah dapat berkontribusi dalam upaya penyembuhan beberapa penyakit, seperti:

4 dari 11 halaman

1. Mencegah Kanker

Kandungan asam amino esensial, zat besi, magnesium, fosfor, Vitamin E, potasium, dan Vitamin C dapat ditemukan dalam bayam merah. Selain itu, sayuran ini juga kaya akan antosianin yang berperan sebagai antioksidan pencegah kanker.

Nutrisi yang terkandung dalam bayam merah berperan dalam melawan radikal bebas dalam tubuh. Mengkonsumsi bayam merah secara teratur dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit kanker.

5 dari 11 halaman

2. Menangkal Gula Darah

Laporan studi yang dimuat dalam Tropical Journal of Pharmaceutical Research menyebutkan bahwa bayam merah memiliki manfaat sebagai antidiabetes. Selain itu, terdapat kandungan tanin dan polifenol dalam bayam merah yang berperan dalam menjaga tingkat trigliserida.

Bayam merah juga mengandung vitamin B3 yang dapat membantu mengatur tingkat insulin dalam darah. Sehingga, mengkonsumsi bayam merah dapat membantu menangkal kadar gula darah.

6 dari 11 halaman

3. Turunkan Kadar Kolesterol

Manfaat serat dalam bayam merah melibatkan penurunan tingkat kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Selain itu, tocotrienol dalam vitamin E juga turut mengurangi tingkat kolesterol jahat, membantu tubuh dalam menjaga keseimbangan kadar kolesterol.

7 dari 11 halaman

Apa Perbedaan Bayam Hijau dan Bayam Merah?

Bayam hijau dan bayam merah memperlihatkan perbedaan warna daun karena adanya pigmen yang berbeda. Bayam hijau memiliki kadar klorofil dan beta-karoten yang lebih tinggi daripada bayam merah. Di sisi lain, bayam merah mengandung konsentrasi pigmen betasianin dan antosianin yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bayam hijau.

8 dari 11 halaman

Apa Manfaat Bayam Merah untuk Anak?

Bayam merah mengandung kalsium yang cukup tinggi untuk pertumbuhan anak dan bayi. Dengan kandungan kalsium tersebut, manfaat bayam merah untuk bayi dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, bayam juga bisa membantu membuat struktur tulang menjadi lebih padat dan kuat.

9 dari 11 halaman

Apakah Bayam Merah Bisa Menaikkan Trombosit?

Bayam kaya akan vitamin K yang memang dibutuhkan oleh tubuh untuk menaikkan trombosit.

10 dari 11 halaman

Apa Ciri-Ciri Bayam Merah?

Bayam merah memiliki batang dan daun berwarna merah. Tinggi batangnya berkisar 0.4-1 meter, bercabang, lemah, dan berair. Daunnya bertangkai, berbentuk bulat telur, dengan pangkal runcing yang juga berwarna merah.

11 dari 11 halaman

Bayam Merah Termasuk Tanaman Apa?

Bayam merah, yang dikenal sebagai Amaranthus tricolor-varietas Blitum rubrum, merupakan jenis tanaman pangan yang sering digunakan sebagai sayuran dan terkenal sebagai salah satu sumber zat besi yang signifikan. Bayam merah dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis berdasarkan metode pemetikannya, yaitu bayam cabut dan bayam petik (Ronoprawiro, 1993).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini