Sukses

Biar Tidak Stres, Coba Ikuti 5 Tips untuk Persiapan Bulan Madu yang Bisa Dilakukan

Anda sedang merencanakan bulan madu dengan pasangan? Artikel ini cocok untuk dibaca supaya tidak stres saat mempersiapkan hal tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Setelah keseruan hari pernikahan Anda berlalu, dan segalanya sedikit tenang, salah satu hal yang paling Anda nantikan adalah bulan madu. Hal ini juga rasanya paling ditunggu-tunggu oleh banyak pasangan yang baru saja menikah.

Apalagi setelah menghabiskan waktu berbulan-bulan dalam mempersiapkan acara pernikahan, saat ini waktu yang tepat bagi kalian berdua untuk melepas penat, bersantai sejenak, sambil mengenal lebih dalam karakteristik masing-masing. Termasuk mengambil jeda dan menikmati waktu berdua yang jauh dari kesibukan sehari-hari untuk sementara waktu.

Namun, ada kalanya persiapan acara bulan madu juga tidak kalah stres dibandingkan merencanakan pesta pernikahan, karena berbagai alasan yang melatarbelakanginya. Oleh karenanya, dirangkum dari Certainlyher, Sabtu (9/12/2023), berikut beberapa tips tentang cara mengatasi stres agar semuanya berjalan lancar. Simak ulasan selengkapnya di sini!

1. Merencanakan dari Jauh Hari

Berapa pun anggaran Anda, pernikahan akan memakan banyak biaya, dan inilah salah satu alasan mengapa Anda harus mulai merencanakan bulan madu sejak dini. Memilih tujuan, memesan hotel, dan mencari tahu segala sesuatu tentang perjalanan Anda berguna karena Anda tidak perlu khawatir tentang apa pun. Saat itulah Anda cukup menikmatinya.

Hal ini sangat penting terutama jika Anda memilih destinasi tertentu, misalnya ke luar negeri dengan iklim dan budaya yang berbeda. Dengan merencanakan segalanya sebelumnya, Anda mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan, yang merupakan langkah pertama menuju perencanaan bulan madu yang bebas stres.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Punya Anggaran Tersendiri

Tips kedua agar persiapan bulan madu berjalan dengan lancar dan bebas stres, tentunya mempersiapkan anggaran dengan sebaik-baiknya. Sebab, hal ini bisa menjadi salah satu faktor yang akan membantu Anda dalam memilih tujuan bulan madu dan faktor-faktor penentu lainnya.

Untuk itu, tetapkan anggaran sebelum perjalanan sebenarnya, sehingga Anda tahu berapa banyak uang yang harus digunakan. Jangan lupa, pikirkan juga tentang akomodasi, transportasi, makanan, tanggal makan malam, belanja, tur, dan semua aktivitas lain yang telah direncanakan.

Selanjutnya, tips lain yang bisa dicoba yaitu dengan menanyakan apakah ada diskon untuk pengantin baru, yang umumnya ditawarkan di sebagian besar tempat. Setidaknya ini akan menghemat pengeluaran Anda. Dan karena uang adalah penyebab utama stres, anggaplah ini sebagai langkah wajib dalam perencanaan.

3 dari 4 halaman

3. Buat Checklist Sebelum Packing

Bulan madu Anda adalah waktu yang tepat untuk menikmati banyak kencan romantis, petualangan seru, dan hari-hari santai di tepi pantai. Semua ini memerlukan banyak barang dan persiapan yang matang. Seperti misalnya baju yang akan dikenakan, aksesori penunjang, hingga perlengkapan untuk merekam momen indah tersebut.

Oleh karenanya, sangat penting untuk memikirkan tentang packing agar Anda terhindar dari stres saat merencanakan dan juga sesampainya di sana. Beberapa perlengkapan dasar yang Anda perlukan adalah SPF, telepon, charger, topi, pakaian renang, dan beberapa produk skincare dan makeup.

Kalau soal pakaian yang dipakai, coba saja pilih barang-barang yang dapat Anda gunakan berkali-kali, dengan pakaian berbeda. Sebagai contoh, bawalah sepatu berjalan yang nyaman, dan beberapa pakaian yang terlihat mewah, serta celana pendek dan kemeja. Ini berlaku untuk pria dan wanita.

4 dari 4 halaman

4. Tidak Memesan Terlalu Dekat dengan Hari Pernikahan

Pernikahan menyita banyak waktu dan energi Anda, dan setelah semuanya selesai, betapapun menyenangkannya, Anda hanya ingin bersantai. Selain itu, ada banyak hal yang harus dilakukan setelah pernikahan, seperti mengganti dokumen, menyortir hadiah, melunasi pembayaran vendor, dan kembali ke rutinitas.

Inilah mengapa sebaiknya hindari stres dengan tidak memesan bulan madu terlalu dekat dengan hari pernikahan. Beri diri Anda cukup waktu untuk mengatur segala sesuatunya dan berkemas tanpa ketegangan.

5. Meminta dan Membayar Agen Khusus Bulan Madu

Jika Anda merasa kewalahan, merencanakan bulan madu mungkin akan menambah stres dalam diri. Untuk itu, tidak ada salahnya meminta bantuan jika Anda membutuhkannya.

Dalam hal ini, mencari agen perjalanan bisa menjadi salah satu alternatifnya. Mereka akan mengeksplorasi opsi berdasarkan keinginan dan anggaran Anda. Temukan apa yang Anda minta, memesankan semuanya, cari tahu harganya, sehingga Anda tahu segalanya sebelum berangkat. Satu-satunya hal yang harus Anda lakukan adalah berkemas dan mulai menikmati sejak Anda naik pesawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.