Sukses

Bukan dengan Tomat, Begini Cara Alami Atasi Pori-pori Wajah Rapat Bebas Komedo

Komedo, gejala umum pada kulit berminyak, timbul karena penumpukan minyak dan sel kulit mati di pori-pori kulit. Jika tidak ditangani, hal ini bisa menyebabkan masalah kulit seperti jerawat.

Liputan6.com, Jakarta Komedo seringkali menjadi permasalahan umum pada kulit, terutama pada individu dengan tipe kulit berminyak. Mereka muncul sebagai benjolan kecil di dalam pori-pori kulit akibat akumulasi sel kulit mati dan minyak.

Minyak alami kulit, bersama dengan polusi, debu, dan sel kulit mati, menjadi penyebab terbentuknya komedo di area seperti hidung, pipi, dan dagu, yang kemudian memberikan tekstur kasar pada kulit. Jika tidak ditangani dengan baik, komedo berpotensi memunculkan masalah lain, termasuk jerawat.

Produksi minyak yang berlebihan dan pembesaran pori-pori kulit memainkan peran kunci dalam timbulnya komedo, di mana pori-pori yang melebar dapat menjadi rentan terhadap kotoran. Akumulasi kotoran dalam jumlah besar dapat menyumbat pori-pori dan membentuk komedo.

Simak informasi selengkapnya, dikutip dari Instagram @thatsoolucky pada Kamis (07/12/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Cara Alami Atasi Pori-pori Wajah Rapat Bebas Komedo

Tidak perlu cemas jika Anda menghadapi situasi ini. Sebab, terdapat berbagai bahan alami yang bisa menjadi solusi alternatif untuk menanggulangi masalah tersebut. Salah satu opsi adalah mengombinasikan bubuk daun neem dengan air mawar, seperti yang dianjurkan oleh akun Instagram @thatsoolucky.

3 dari 9 halaman

Manfaat Daun Neem

Senyawa triterpenoid, flavonoid, dan asam lemak esensial yang terdapat dalam daun neem memberikan efek antibakteri dan anti-inflamasi yang signifikan. Ini berarti bahwa daun neem mampu secara efektif mengurangi risiko penyumbatan pori-pori dan sekaligus menghilangkan bakteri dan kuman pada kulit.

Tidak hanya itu, kandungan antioksidan dalam daun neem juga berperan penting dalam membersihkan kulit dari kotoran yang dapat menyumbat pori-pori, mengurangi ukuran pori-pori, serta mengurangi kemungkinan terbentuknya komedo dan jerawat.

4 dari 9 halaman

Manfaat Air Mawar

Air yang diperoleh dari bunga mawar memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Khasiat-khasiat ini tidak hanya berperan dalam menjaga keseimbangan pH kulit, tetapi juga membantu membersihkan kulit dari kotoran yang berpotensi menyumbat pori-pori.

Air mawar juga memiliki sifat astringen yang mampu menyusutkan pori-pori, membantu mencegah produksi minyak berlebih yang dapat memperbesar rongga pori-pori. Agar dapat merasakan manfaat dari kedua bahan ini, berikut beberapa langkah yang dapat diikuti.

5 dari 9 halaman

Bahan dan Peralatan yang Diperlukan

  • Satu sendok bubuk daun neem
  • Air mawar secukupnya
  • Wadah kecil
6 dari 9 halaman

Langkah-langkah untuk Membuat Masker

  1. Ambil satu sendok makan bubuk daun neem dan letakkan dalam wadah kecil.
  2. Siapkan bubuk daun neem dengan mengeringkan daunnya dan menghaluskannya dengan menggunakan blender.
  3. Tambahkan sedikit air mawar ke dalam wadah sebagai pelarut.
  4. Aduk semua bahan hingga merata, membentuk pasta yang kental.
  5. Oleskan campuran tersebut secara merata ke seluruh wajah yang sudah dibersihkan, lalu diamkan selama 15 menit.
  6. Setelah itu, usap wajah dengan lembut selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air hingga bersih.
  7. Gunakan masker ini secara teratur, sebaiknya sekali seminggu, untuk hasil terbaik.
7 dari 9 halaman

Apa Penyebab Komedo Timbul di Wajah?

Menurut informasi dari Siloam Hospitals, penyebab timbulnya komedo di hidung berasal dari akumulasi minyak, bakteri, atau sel kulit mati. Faktor-faktor yang memicu kondisi ini melibatkan berbagai hal, mulai dari tingkat stres, perubahan hormon, hingga penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok dengan jenis kulit seseorang.

8 dari 9 halaman

Apa yang Menyebabkan Pori-pori Wajah Membesar?

Pembesaran pori-pori pada wajah dalam situasi ini adalah tanggapan kulit terhadap pengeluaran minyak yang berlebihan. Akan tetapi, kelebihan sebum, sel-sel kulit mati, dan kotoran yang terdapat pada wajah dapat terjebak di dalam pori-pori, menyebabkan penampilan pori-pori yang membesar.

9 dari 9 halaman

Apakah Gel Lidah Buaya Bisa Mengecilkan Pori-pori Wajah?

Lidah buaya merupakan tumbuhan, yang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mengecilkan pori-pori. Lidah buaya bisa dijadikan masker alami, karena memiliki kandungan yang bisa membantu mengatasi iritasi kulit, melembapkan dan mencerahkan kulit wajah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini