Sukses

Jangan Emosi, 6 Cara Menghadapi Orang yang Sangat Sensitif

Penting untuk mengetahui cara menghadapi orang sensitif dengan cara yang penuh hormat dan suportif. Berikut ini beberapa tip tentang cara melakukannya.

Liputan6.com, Jakarta - Individu yang sangat sensitif atau highly sensitive people (HSP) adalah mereka yang memiliki kepekaan tinggi terhadap berbagai rangsangan, seperti emosi, suara, cahaya, bau dan tekstur.

Jumlah mereka sekitar 15 sampai 20 persen dari populasi dan mereka memiliki banyak kekuatan, seperti empati, kreativitas dan intuisi. Namun, mereka juga menghadapi banyak tantangan, sering terjadi rangsangan yang berlebihan dan mereka sangat kewalahan dengan kritik.

Individu yang sangat sensitif seringkali merasa disalahpahami dan diasingkan oleh orang lain yang tidak memiliki kepekaan yang sama.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghadapi orang sensitif dengan cara yang penuh hormat dan suportif. Berikut ini beberapa tip tentang cara melakukannya, seperti melansir dari Times of India, Jumat (8/12/2023).

1. Hormati batasannya

HSP membutuhkan lebih banyak waktu dan ruang untuk memproses perasaan dan pikirannya dibandingkan orang lain.

Mereka juga memiliki preferensi dan kebutuhan khusus akan kenyamanan fisik dan emosional, seperti menghindari suara keras, lampu terang dan tempat ramai.

Hormati batasannya dan jangan memaksa mereka untuk melakukan sesuatu yang tidak nyaman baginya. Tanyakan apa yang mereka perlukan dan bagaimana Anda bisa membantunya.

2. Dengarkan secara aktif dan empati

HSP seringkali menjadi pendengar yang baik, namun mereka merasa tidak didengarkan atau diakui oleh orang lain. Mereka mungkin memiliki kehidupan batin yang kaya dan banyak hal untuk dibagikan, namun mereka mungkin juga ragu untuk membuka diri karena takut dihakimi atau ditolak.

Dengarkan secara aktif dan empati apa yang mereka katakan, dan tunjukkan minat dan keingintahuan yang tulus.

Hindari menyela, mengkritik, atau memberikan saran yang tidak diminta. Sebaliknya, gunakan pernyataan reflektif, seperti "Sepertinya Anda merasakan..." untuk menunjukkan bahwa Anda memahami dan menghormati perspektif mereka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Hargai kekuatan dan kontribusinya

HSP seringkali sangat kreatif, berwawasan luas dan penyayang. Mereka bisa memberikan banyak nilai dan inovasi ke berbagai bidang dan domain.

Mereka seniman dan kreatif. Mereka juga bisa menjadi orang-orang hebat karena mereka sangat setia, peduli dan suportif.

Hargai kekuatan dan kontribusinya, serta akui upaya dan pencapaiannya. Sering-seringlah mengungkapkan rasa terima kasih Anda kepada mereka dan saksikan mereka mekar seperti bunga di musim semi.

4. Bersikap lembut dan membangun dengan masukan

HSP seringkali perfeksionis dan kritis terhadap diri sendiri. Mereka akan menerima masukan negatif secara pribadi dan merasa terluka atau malu. Mereka juga terus memikirkan kesalahan dan kegagalannya serta kesulitan untuk melanjutkan hidup.

Bersikaplah lembut dan membangun dengan masukan, dan fokuslah pada aspek positif kinerja atau perilakunya. Gunakan metode sandwich, yaitu mengawali dengan pujian, kemudian memberikan saran perbaikan dan diakhiri dengan pujian lainnya.

 

3 dari 3 halaman

5. Dukung pertumbuhan dan kesejahteraannya

HSP seringkali penasaran dan ingin mempelajari hal-hal baru dan meningkatkan diri. Mereka juga mempunyai tujuan dan semangat yang kuat terhadap apa yang mereka lakukan.

Mendukung pertumbuhan dan kesejahteraannya dan mendorongnya untuk mengejar tujuan dan minatnya.

Bantu mereka menemukan sumber daya dan kesempatan yang bisa meningkatkan keterampilan dan pengetahuannya. Rayakan kesuksesan dan pencapaiannya dan hibur mereka saat emreka menghadapi tantangan atau kemunduran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.