Sukses

5 Penyebab Sakit Perut yang Tak Boleh Dianggap Sepele

Sakit perut bisa menjadi sesuatu yang misterius, tetapi seringkali muncul sebagai petunjuk. Berikut penyebab sakit perut dan apa yang diperingatkan oleh tubuhmu.

Liputan6.com, Jakarta - Kita semua pernah mengalami rasa sakit tiba-tiba di perut yang membuatmu bertanya-tanya apakah ada sesuatu yang tidak beres.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan sakit perut. Penyebab paling umum, termasuk nyeri akibat gas, gangguan pencernaan, dan otot tertarik, biasanya tidak mengancam jiwa. Namun sebelum Anda panik, mari kita pahami apa yang mungkin ingin disampaikan oleh tubuhmu.

Sakit perut bisa menjadi sesuatu yang misterius, tetapi seringkali muncul sebagai petunjuk. Berikut penyebab sakit perut yang umum dan apa yang diperingatkan oleh tubuhmu, seperti melansir dari Times of India, Kamis (7/12/2023).

1. Keracunan berlemak

Anda pernah menyantap jajanan kaki lima atau sushi yang meragukan, dan tiba-tiba perutmu mual. Keracunan makanan bisa terjadi di saat yang tidak Anda duga, disertai gejala seperti mual, diare, muntah, kram perut dan bahkan suhu tubuh tinggi.

Meskipun biasanya akan hilang dalam waktu seminggu, penting untuk tetap terhidrasi dengan meminum air dan labu. Tubuhmu akan mengirimkan sinyal SOS, dan sedikit perawatan diri akan sangat bermanfaat.

2. Radang usus buntu

Usus buntu mungkin sebuah misteri, tetapi kita ia memutuskan untuk bertindak, Anda akan mengetahuinya.

Radang usus buntu dimulai dengan rasa sakit yang singkat dan tiba-tiba di bagian tengah perut dan berangsur-angsur meningkat, seringkali menetap di sisi kanan bawah.

Menekan, batuk, atau berjalan bisa memperburuk kondisi. Jika Anda mencurigai adanya radang usus buntu, tindakan cepat sangat penting--operasi mungkin akan dilakukan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Sindrom Irritable Bowel (IBS)

Sakit perut, kembung, diare, atau sembelit---IBS membawa tantangan sendiri. Perhatikan pola makanmu, tetap aktif dan coba sertakan probiotik untuk meringankan gejalanya.

Tubuhmu meminta perhatian ekstra untuk menjaga sistem pencernaan tetap terkendali. Pertimbangkan untuk membuat catatan harian makanan untuk mengetahui pemicunya dan melakukan beberapa perubahan gaya hidup yang meningkatkan kesehatan pencernaan.

4. Batu ginjal

Batu ginjal yang kecil mungkin muncul tanpa disadari, tetapi batu ginjal yang lebih besar menyebabkan nyeri samping yang hebat, mual dan muntah.

Tetap terhidrasi untuk menghindari penghalang hambatan bebatuan ini. Tubuhmu mnegingatkanmu untuk minum dan menjaga sistem saluran kemih mengalir dengan lancar.

Jika Anda mencurigai adanya batu ginjal, segera dapatkan bantuan medis untuk menentukan tindakan terbaik. 

3 dari 3 halaman

5. Batu empedu

Batu empedu seringkali menjalankan urusannya secara diam-diam, tetapi jika menimbulkan masalah, lain ceritanya.

Sakit perut yang hebat, penyakit kuning, atau suhu tinggi mungkin menandakan komplikasi batu empedu. Dalam kasus seperti itu, kolesistektomi laparoskopi mungkin perlu dilakukan.

Tubuhmu memberitahumu untuk memperhatikan kantong empedumu. Menjalani kehidupan normal tanpa kantong empedu adalah hal yang mungkin dilakukan.

Untuk memecah makanan, hatimu akan tetap memproduksi empedu, namun bukannya menumpuk di kantong empedu, empedu akan terus mengalir ke usus kecil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.