Sukses

Jangan Dibuang, Ini 9 Cara Manfaatkan Kantong Plastik Bekas di Rumah

Ada baiknya Anda mengetahui bahwa ada deretan cara berbeda untuk menggunakan kantong plastik bekas Anda tanpa harus membuangnya.

Liputan6.com, Jakarta Meskipun kita telah berusaha semaksimal mungkin untuk beralih dari kantong plastik ke kantong belanja yang dapat digunakan kembali, mungkin sulit untuk menghilangkannya sepenuhnya di rumah.

Apalagi banyak yang lantas menyimpannya karena tidak ingin membuangnya lantaran berdampak buruk bagi lingkungan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengetahui bahwa ada deretan cara berbeda untuk menggunakan kantong plastik bekas Anda selain untuk membawa barang saja. Dilansir dari TipsandTricks.co, Minggu (3/12/2023) berikut ulasannya.

1. Gunakan untuk keperluan dapur

Jika ingin lebih mudah mengupas buah dan sayur, Anda bisa menggunakan kantong plastik. Letakkan saja satu di bawah buah dan sayuran saat Anda mengupasnya dan pastikan kulitnya masuk ke dalam kantong. Jika mau, Anda bisa membuangnya ke tempat sampah atau membuang semuanya. Dengan begitu, ini memiliki tujuan lain!

2. Tempat payung

Saat Anda menggunakan payung, akan sangat sulit menemukan tempat untuk menaruhnya saat hujan berhenti. Apalagi sekarang basah kuyup. Mengapa tidak memasukkannya ke dalam salah satu kantong plastik bekas Anda? Masukkan saja payung ke dalam tas dan ikat pegangannya. Dengan begitu, Anda bisa memasukkan payung ke dalam tas tanpa membuat semuanya basah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Alas lutut

Jika Anda suka berkebun, Anda mungkin ingin menyimpan kantong plastik. Karena saat Anda berlutut di taman, Anda memerlukan sesuatu untuk melindungi lutut Anda. Dan kantong plastik bisa melakukan hal tersebut. Ikat saja kantong plastik di sekitar lutut Anda dan ucapkan selamat tinggal pada jeans kotor.

4. Kuas cat

Kegunaan cerdas lainnya dari kantong plastik bekas adalah dengan menggunakannya untuk menutupi kuas cat Anda. Kapan pun Anda mengecat dan perlu berhenti sejenak, Anda bisa memasukkan rol dan kuas ke dalam kantong plastik. Pastikan untuk mengikatnya atau memasangkan karet gelang di sekelilingnya untuk mencegah masuknya udara. Dengan cara ini, Anda dapat melindungi kuas Anda selama sekitar satu hari.

5. Sarung tangan plastik

Kapan pun Anda harus menyentuh sesuatu yang menjijikkan, Anda memerlukan sedikit perlindungan untuk tangan Anda. Dan kantong plastik bekas bisa melakukan hal itu. Entah itu kotoran anjing atau rambut dari saluran pembuangan kamar mandi, cukup letakkan kantong plastik di sekitar tangan Anda dan ambil apapun yang perlu Anda ambil. Dengan ini Anda membersihkan tanpa mengotori tangan Anda.

3 dari 4 halaman

6. Pelindung sepatu

Jika Anda perlu berlari keluar saat hujan tetapi tidak ingin membawa lumpur ke dalam rumah atau merusak sepatu Anda, kantong plastik bisa membantu Anda. Caranya cukup ikatkan kantong plastik di pergelangan kaki Anda. Kemudian berjalan keluar dan lepaskan kantongnya sebelum Anda masuk lagi. Lumpur akan tetap menempel di kantong plastik dan sepatu Anda akan terlihat tetap bersih.

7. Topi hujan

Jika Anda ragu untuk membawa payung ke luar atau tidak, kantong plastik bisa menjadi solusinya. Jika Anda melipat kantong plastik dan membawanya, Anda dapat menggunakannya sebagai topi hujan setiap kali hujan mulai turun.

 

 

4 dari 4 halaman

8. Bungkus kado

Perlu membungkus kado tetapi tidak ada kertas kado yang ditemukan? Anda bisa menggunakan kantong plastik untuk membungkus kado Anda. Temukan saja kantong plastik yang cantik tanpa ada huruf di atasnya. Gunakan tiga tas untuk memasukkan kado, lalu ikat ketiga pegangannya menjadi satu. Potong lingkarannya dan atur ulang agar terlihat cantik. Ini merupakan cara yang menyenangkan dan ramah lingkungan untuk membungkus kado Anda.

9. Pengisi tanaman

Jika Anda membeli pot yang ukuran dan tingginya tidak sesuai dengan tanaman Anda, Anda dapat menggantinya dengan kantong plastik. Masukkan saja kantong ke dalam pot dan tambahkan tanah di ujungnya. Hal ini tidak hanya membuat tanaman Anda tampak lebih besar, tetapi juga membuat tanaman Anda lebih ringan dan mudah dibawa kemana-mana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.