Sukses

Potret Rizkisyah Putra Singarimbun atau Kiki MasterChef Indonesia yang Belakangan Viral di Media Sosial

MasterChef Indonesia Season 11 telah usai digelar, juara pertama diraih oleh Belinda usai mengalahkan Kiki di grand final. Kemenangan Belinda menimbulkan kontroversi di media sosial X dan Twitter. Kiki disebut lebih unggul dari Belinda namun menerima gelar juara kedua dari juri.

Liputan6.com, Jakarta Ajang MasterChef Indonesia Season 11 kini telah usai digelar. Nama Belinda berhasil meraih gelar juara usai mengalahkan Rizkisyah Putra Singarimbun alias Kiki di grand final MasterChef Indonesia season 11. 

Namun, kemenangan Belinda atas Kiki ini menjadi sorotan tajam netizen. Bahkan, nama keduanya mencuat sebagai trending topic di media sosial X atau Twitter. Banyak warganet yang menilai jika Kiki lebih pantas menjadi juara daripada Belinda. 

Terlepas dari apa yang terjadi di media sosial, Kiki menerima gelar yang diberikan oleh para juri MasterChef Indonesia sebagai juara kedua di kompetisi memasak bergengsi tersebut.

Dirangkum dari Liputan6.com dan akun Instagram pribadi @kiki.mci11, Jumat (01/12/2023), berikut potret Kiki MasterChef Indonesia season 11 yang belakangan viral di media sosial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Biodata Kiki

Pemilik nama lengkap Rizkisyah Putra Singarimbun atau yang biasa dikenal dengan sebutan Kiki adalah seorang pemenang juara kedua MasterChef Indonesia Season 11. Ia lahir pada 27 Desember 2000 di Bandung, Jawa Barat. 

Kiki merupakan anak pertama dari 4 bersaudara. Ia merupakan satu-satunya anak laki-laki di keluarganya. Oleh karena itu, kemenangan Kiki sebagai juara kedua MasterChef Indonesia Season 11 menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi Kiki dan keluarganya.

3 dari 12 halaman

Memiliki Keinginan Untuk Terjun ke Dunia Kuliner Sejak SMP

Sejak duduk di bangku SMP, Kiki telah menemukan passionnya di dunia kuliner sehingga ia memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya ke SMKN 08 Medan dengan mengambil Jurusan Tata Boga.

4 dari 12 halaman

Sudah Akrab di Dapur

Sebelum mengikuti ajang MasterChef Indonesia, Kiki sebelumnya memang sudah akrab dengan dunia perdapuran. Ia juga pernah ikut komunitas art carving dan menjadi juara di ajang lomba ukir buah pada 2017 lalu.

Selain itu, Kiki juga pernah bekerja sebagai kitchen helper di salah satu kafe yang berlokasi di Medan. Tak heran jika kemampuan memasaknya sudah terasah dengan baik hingga bisa jadi salah satu peserta MasterChef Indonesia.

5 dari 12 halaman

Impian Sejak Dulu

Bisa tampil di MasterChef Indonesia adalah impian Kiki sejak dulu. Ia ingin mengikuti jejak Chef Desi yang merupakan pemenang MasterChef Indonesia musim kedua. 

Meskipun memiliki ketertarikan yang mendalam pada bidang memasak, ternyata ayah Kiki yang berprofesi sebagai pengacara sempat tak mendukungnya saat ia ingin mengikuti MasterChef Indonesia. 

Menurut sang ayah, memasak adalah aktivitas yang umumnya dilakukan oleh wanita.Namun Kiki berhasil membuktikan diri pada sang ayah dan semua orang. 

Ia bahkan lolos audisi hingga mencapai babak grand final. MasterChef Indonesia menjadi wadah di mana Kiki mengalami perkembangan yang signifikan dalam keterampilan memasaknya.

6 dari 12 halaman

Dapat Pujian dari Chef Vindy Lee

Skill table manner yang ditunjukkan oleh Kiki saat menyajikan masakannya ke hadapan dewan juri tidak hanya mendapat pujian dari netizen, tetapi juga dari salah satu chef terkemuka Indonesia, Vindy Lee.

Chef Vindy Lee menyoroti teknik yang digunakan oleh Kiki, yaitu 'open hand serving,' di mana pelayan menyajikan hidangan ke meja tanpa menjulurkan tangan ke arah depan tamu.

7 dari 12 halaman

Jadi Pemenang di Hati Warganet

Meski tak berhasil keluar sebagai juara, banyak warganet yang menyebut Kiki lebih pantas menjadi juara. Kiki sudah jadi pemenang di hati warganet. Bukan tanpa alasan, warganet menilai jika kemampuan hingga hasil masakan Kiki lebih baik daripada Belinda.

8 dari 12 halaman

Siapa Pemilik MasterChef?

MasterChef adalah waralaba acara kompetisi memasak di televisi yang dibuat oleh Franc Roddam, yang bermulai dari versi Britania Rayanya pada bulan Juli 1990.

9 dari 12 halaman

MasterChef Indonesia Diadakan di Mana?

Ajang Masterchef Indonesia dimulai dari Surabaya, Jakarta, Bali, Yogyakarta dan Medan.

10 dari 12 halaman

Siapa Belinda MasterChef?

Belinda lahir di Surabaya dan menghabiskan masa kecilnya di Malang. Ia adalah anak bungsu dari enam bersaudara. Sedangkan, ayahnya merupakan seorang pendeta bernama Samuel Sianto. Belinda adalah gembala jemaat di Gereja Bethany Yestoya Pusat Malang.

11 dari 12 halaman

Juara MasterChef Indonesia Dapat Apa?

Diketahui, juara 1 MasterChef Indonesia mendapatkan uang tunai Rp100 juta, mobil, dan kitchen set. Juara 2 mendapatkan uang tunai Rp50 juta, dan mobil. Sedangkan juara 3 MasterChef Indonesia mendapatkan uang tunai Rp10 juta.

12 dari 12 halaman

Kiki MCI Marga Apa?

Kiki memiliki marga Singarimbun. Ayahnya adalah seorang mantan pengacara. Ayahnya berasal dari Medan dan Ibunya berasal dari Sunda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini