Sukses

Netizen Mengamuk Pasca Belinda Kalahkan Kiki di MCI, Chef Juna dan Renatta Dihantam 23.000 Komentar

Kontroversi menyeruak setelah pengumuman final MasterChef Indonesia (MCI) season 11. Kekalahan Kiki dianggap tidak adil meski Belinda unggul dengan skor 1867. Dari ketiga juri yang memberikan komentar dan penilaian, Chef Renata dan Chef Juna-lah yang mendapat hantaman dari netizen.

Liputan6.com, Jakarta Kontroversi sedang melanda MasterChef Indonesia (MCI) season 11 usai mengumumkan pemenang di babak final. 

Kekalahan Kiki MCI yang sebelumnya dianggap memiliki keahlian memasak dan cita rasa yang lebih unggul dibandingkan Belinda MCI menurut komentar juri, menjadi pemicu perdebatan publik.

Dari ketiga juri yang memberikan komentar dan penilaian, Chef Renatta dan Chef Juna-lah yang menjadi sorotan tajam dari netizen atas dugaan ketidakadilan yang terjadi. 

Penilaian dan komentar Chef Renatta terhadap kedua finalis dinilai tidak konsisten dengan skor yang diberikan. Melalui akun Instagramnya ia dihantam 10.000 komentar oleh netizen.

Sedangkan Chef Juna dinilai tidak jujur dalam memberikan komentar dan penilaian terhadap kedua finalis, sama seperti Chef Renatta, melalui akun instagramnya Chef Juna juga dihantam 13.000 komentar oleh netizen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Netizen Sangat Kecewa dengan Komentar Chef Renata

Dilansir dari akun instagram resmi Chef Renatta, juri wanita MCI ini menerima puluhan ribu komentar dari warganet. Namun, mayoritas komentar itu didominasi oleh kecaman publik terhadap dirinya.

“Kecewa banget sama komen Chef Renatta: Tapi yang lebih duluan juga belum tentu lebih bagus, di depan orangnya pulak! Itu bukan ngasah mental tapi bikin drop dan ngeremehin!” ujar pemilik akun Instagram @dian**** di kolom komentar.

“Apaan banget nyindir Kiki ‘Yang cepat belum tentu terbaik’ mau matahin tekad Kiki buat menang? Urusin dulu noh yang memotong daging enggak bisa-bisa,” ujar netizen dengan akun lain @vess****  ikut menyahut.

3 dari 11 halaman

Keju dan Kejujuran

Tidak hanya Chef Renatta, tetapi Chef Juna turut menjadi bulan-bulanan netizen. Tak sedikit netizen memakai jargon “jadilah pemenang di setiap tantangan” yang selama ini identik dengan Chef Juna sebagai senjata untuk menyerang balik setelah Belinda menang. Kejujuran Chef Juna pun disinggung oleh netizen.

“Jadilah pemenang di setiap tantangan! Jadilah juri Jujur di setiap tantangan,” ujar netizen  di kolom komentar Instagram Chef Juna. 

Belasan ribu komentar ini menggenangi unggahan terbaru Chef Juna yang menampilkan potret telur dadar versi Italia, 27 November 2023.

“Keju apa yg paling mahal? KEJUJURAN,” ujar akun Instagram @vir****. 

Beberapa netizen mengatakan bahwa mereka hilang respect terhadap Chef Juna sebagai Juri MCI sejak season pertama.

4 dari 11 halaman

Netizen Meminta Chef Renatta dan Chef Juna untuk Mundur dari Juri MCI Selanjutnya

Kekecewaan netizen terhadap Chef Renatta dan Chef Juna pun tidak hanya sampai disitu saja. Sejumlah warganet lainnya mengecam mereka untuk mundur dari juri MCI di season berikutnya.

“Chef Renata, udah yah Stop di MCI 11 aja,” ujar pemilik akun Instagram @erni****

“Gak pantes jadi juri MCI, silakan keluar,” ujar pemilik akun Instagram lainnya @anna**** untuk Chef Renatta.

“Keliatan usia semakin tua. Indra perasa juga udah mulai turun. Baiknya next season ganti saja jurinya,” ujar pemilik akun Instagram @vie**** untuk Chef Juna.

5 dari 11 halaman

Tidak Sinkron dalam Memberikan Komentar dan Nilai

Sebagian netizen mempertanyakan objektivitas Chef Renatta dalam memberikan penilaian terhadap masakan Kiki dan Belinda di babak final. Pada salah satu hidangan Belinda, Chef Renatta sempat mengomentari bahwa makanan buatan Belinda rasanya seperti klorofil. Namun, Belinda tetap mendapatkan nilai yang tinggi.

“Chef Renatta kalau kasih penilaian itu yang adil dong, jangan subjective. Masa iya dessert rasa klorofil lebih unggul daripada dessert rasa es teler. Dari komenan menjunjung tinggi Kiki, tapi pas kasih nilai jomplang banget dengan komenan yang bagus,” ujar seorang pemilik akun Instagram @nida****.

6 dari 11 halaman

Kiki Kalah Tipis dengan Belinda

Saat artikel ini disusun, pihak Chef Renatta maupun Chef Renatta belum memberikan tanggapan resmi terkait hasil grand final MasterChef Indonesia season 11 yang menempatkan Belinda sebagai pemenang.

Sebelumnya, melalui akun Instagram resmi MasterChef Indonesia (MCI) mengumumkan bahwa Belinda unggul dengan skor 1867 setelah mengumpulkan nilai 746 di babak pertama, 342 di babak kedua, dan 779 di babak ketiga. Sementara itu, Kiki memperoleh skor akhir 1857 dari nilai 727 di babak pertama, 355 di babak kedua, dan 775 di babak ketiga.

7 dari 11 halaman

Siapa Juara Pertama MasterChef Indonesia?

Pemenang pada season pertama MCI adalah Lucky Andreono yang berasal dari Malang.

8 dari 11 halaman

Hadiah Juara 1, 2, dan 3 MasterChef Indonesia Dapat Apa?

Diketahui, Hadiah juara 1 MasterChef Indonesia adalah uang tunai Rp100 juta, mobil, dan kitchen set. Hadiah juara 2 adalah uang tunai Rp50 juta, dan mobil. Sedangkan hadiah juara 3 MasterChef Indonesia adalah uang tunai Rp10 juta.

9 dari 11 halaman

Chef Renatta Anak ke Berapa?

Puti Renatta Ratnasari Moeloek lahir pada 17 Maret 1994 di Jakarta. Renatta adalah anak bungsu dari dua bersaudara, dari pasangan Nudie Moeloek dan Radianti Ratna Suminar. Ayahnya merupakan seorang Minangkabau, sedangkan ibunya keturunan Sunda.

10 dari 11 halaman

Siapa Pemilik MasterChef?

MasterChef adalah waralaba acara kompetisi memasak di televisi yang dibuat oleh Franc Roddam, yang bermulai dari versi Britania Rayanya pada bulan Juli 1990.

11 dari 11 halaman

Chef Juna Spesialis Masakan Apa?

Juna Rorimpandey atau yang biasa dikenal sebagai Chef Juna adalah seorang Chef profesional spesialis masakan Jepang dan Perancis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini