Sukses

Potret Zaskia Gotik Temani Anak Fashion Show di Sekolah, Pakai Baju Bodo Suku Bugis Bercorak Pink

Salah satu pedangdut Indonesia, Zaskia Gotik terlihat menemani anaknya dalam acara fashion show di sekolahnya pada Kamis (16/11/2023).

Liputan6.com, Jakarta Salah satu pedangdut Indonesia, Zaskia Gotik terlihat menemani anaknya dalam acara fashion show di sekolahnya pada Kamis (16/11/2023). Dengan menggunakan pakaian baju Bodo, Zaskia mengunggah momen bahagia bersama anaknya di akun Instagram pribadinya dengan caption rasa syukur bisa menemani anaknya.

“MasyaAllah impian jadi nyata Alhamdulilah bisa temenin anak fashion Show pertama kalinya di sekolah . Semoga Anakku jadi anak yg sholeha ,makin pintar & sehat selalu .. Aamin ❤️❤️❤️”. Tulis Zaskia pada akun Instagramnya, Kamis (16/11/2023).

Berbicara mengenai baju Bodo, baju Bodo merupakan pakaian adat dari suku Bugis, Makassar, Sulawesi Selatan. Baju Bodo dianggap sebagai salah satu pakaian adat Sulawesi Selatan yang paling pertama dikenal masyarakatnya. 

Untuk lebih mengetahui mengenai momen Zaskia Gotik bersama anaknya, yuk simak selengkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Zaskia Gotik dan Arsila Kompak Menggunakan Baju Adat Bodo

Dilihat dari postingan Instagramnya, Zaskia Gotik dan anaknya kompak mengenakan pakaian adat Suku Bugis yakni Baju Bodo.  Baju Bodo memiliki nama lain yakni Bodo Gesung. Bodo Gesung artinya adalah baju yang berlengan pendek serta menggelembung, karena pada bagian punggungnya menggelembung.

Baju Bodo dalam bahasa Makassar sendiri berarti “pendek” sesuai dengan lengan bajunya yang pendek dan baju yang berbentuk segi empat.

3 dari 11 halaman

Warna Baju Bodo

Baju Bodo memiliki warna yang berbeda-beda. Warna tersebut menjadi aturan penggunaan karena menandakan tingkatan usia bagi yang mengenakan pakaian adat ini. Adapun warna-warna tersebut di antaranya adalah : 

  • Warna jingga yang dipakai oleh perempuan berumur kurang dari sepuluh tahun
  • Jingga dan merah darah, yang dipakai oleh perempuan yang berusia 10-14 tahun
  • Merah darah, warna ini dipakai untuk perempuan yang berusia 17-25 tahun
  • Putih, warna ini khusus dipakai untuk para inang dan dukun
  • Hijau, baju bodo warna ini dipakai oleh puteri bangsawan
  • Ungu, yang dipakai oleh para janda.
4 dari 11 halaman

Menemani Anak Fashion Show Merupakan Salah Satu Impian Zaskia Gotik

Salah satu impian pedangdut Zaskia Gotik menjadi nyata. Tak muluk-muluk, impian Zaskia ternyata adalah menemani sang putri melakukan fashion show. Hal ini dituliskan Zaskia pada unggahan di Instagramnya bersama sang buah hatinya.

5 dari 11 halaman

Zaskia Gotik Memberi Semangat Anaknya saat Naik ke Panggung

Dalam video yang dibagikan pada akun Instagram pribadinya, tampak memperlihatkan anaknya yang sedikit gugup pada saat menaiki panggung. Dalam video tersebut juga menampilkan sikap Zaskia Gotik yang memberi support dan semangat kepada anaknya yang terlihat gugup.

6 dari 11 halaman

Cantik Berhijab, Zaskia Gotik Mirip Inara Rusli

Selain mengomentari momen bahagia Zaskia bersama anaknya, netizen malah dibuat salah fokus. Banyak yang menyebut paras cantik Zaskia saat berhijab terlihat mirip seperti mantan istri Virgoun, Inara Rusli.

"Kaget kirain inara ruslan [sic!]," ungkap akun @shinta***yawt. "Mirip Inara rusly [sic!]," timpal akun @anisat***sari. "Kirain tadi inara 🥹🥺🥺," balas akun @mer***sofni. "Masya allah,,makin cakep kak pakai hijab❤️ [sic!]," sanjung akun @ida_i***afitri.

7 dari 11 halaman

Baju Bodo Merupakan Baju Adat Mana?

Baju Bodo merupakan pakaian adat dari suku Bugis, Makassar, Sulawesi Selatan. Baju Bodo dianggap sebagai salah satu pakaian adat Sulawesi Selatan yang paling pertama dikenal masyarakatnya.

8 dari 11 halaman

Siapa Nama Anak Zaskia Gotik?

Zaskia Gotik dikaruniai anak pertama setelah dirinya resmi dipersunting oleh Sirajuddin Muhammad Sabang pada bulan April 2020. Putri pertama Zaskia bernama Arsila yang lahir pada 7 November 2020.

9 dari 11 halaman

Berapa Jumlah Anak Zaskia Gotik?

Zaskia Gotik telah dikaruniai dua anak dari pernikahannya dengan pengusaha bernama Sirajuddin Mahmud Sabang. Di mana anak pertamanya lahir pada 7 November 2020. Di usianya yang masih 1 tahun, Arsila Bungalia Sirkani sudah menjadi kakak untuk adiknya yang baru saja dilahirkan pada 26 September 2022.

10 dari 11 halaman

Apa Makna dari Baju Bodo?

Konsep warna 'baju bodo' memiliki makna dalam masyarakat Bugis hijau hanya untuk putri bangsawan; warna merah lombok atau merah darah untuk gadis remaja; warna merah tua untuk orang yang sudah kawin; warna ungu untuk janda; warna hitam untuk wanita yang sudah tua; warna putih untuk inang pengasuh.

11 dari 11 halaman

Apa Saja Fungsi Baju Bodo?

Pakaian adat Bodo kerap dipakai untuk acara adat seperti upacara pernikahan. Tetapi kini, baju bodo mulai direvitalisasi melalui acara lainya seperti lomba menari atau menyambut tamu agung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini