Sukses

Cara Download Sertifikat SKD CPNS 2023 di Laman sertificat.bkn.go.id

Bagi kalian yang ingin mengunduh SERTIFI-CAT, berikut langkah-langkahnya yang bisa kalian lakukan di laman sertificat.bkn.go.id.

Liputan6.com, Jakarta - Proses seleksi CASN 2023 kini telah memasuki tahap seleksi kompetensi dasar calon pegawai negeri sipil (SKD CPNS) 2023 dan Seleksi Kompetensi PPPK. Bagi peserta tes SKD CPNS 2023 dan Seleksi Kompetensi PPPK yang telah mengikuti ujian bisa mendapatkan sertifikat hasil tes miliknya. 

Sementara itu, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyediakan laman resmi untuk mencetak hasil tes SKD CPNS 2023, bernama SERTIFI-CAT. Bahkan pemberian sertifikat SERTIFI-CAT tidak hanya saat pelaksanaan Tes SKD CPNS 2023. Namun telah diberikan sejak pelaksanaan SKD Dikdin yang juga menggunakan CAT BKN.

Nantinya pada sertifikat SKD CPNS 2023 dan PPPK ini tertera nilai dari tiga tes yang diujikan, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelejensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Bagi kalian yang ingin mengunduh SERTIFI-CAT, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka laman sertificat.bkn.go.id.
  2. Selanjutnya masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Peserta.
  3. Lalu pilih tipe seleksi yang telah diikuti (Pilihan: Sekolah Kedinasan/Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja).
  4. Terakhir, klik tombol “Unduh."

Sementara itu, tes SKD CPNS 2023 telah berlangsung hingga tanggal 18 November 2023 mendatang. Tentunya untuk bisa lolos dari tes SKD CPNS 2023, peserta harus memenuhi nilai ambang batas dan masuk dalam peringkat terbaik tiga kali dari jumlah kebutuhan masing-masing jabatan.

Nah, bagi para peserta yang sudah melakukan tes SKD CPNS 2023 dan ingin mengetahui nilai hasilnya, peserta dapat melihat melalui link live skor BKN atau pada sertifikat yang bisa diunduh oleh peserta melalui laman sertficat.bkn.go.id.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Cek Nilai SKD CPNS 2023

 

Berikut beberapa titik lokasi mandiri dari instansi tersedia, seperti Kejaksaan Agung, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Berikut sejumlah link-nya:

  1. Kanal YouTube Official CAT BKN.
  2. Live score SKD CPNS di BKN Pusat.
  3. Live score SKD CPNS Kejaksaan Agung.
  4. Live score SKD CPNS Kemenkumham.
  5. Live score SKD CPNS Kemendikbud Ristek.
3 dari 3 halaman

Seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan ujian diminta mengikuti standar prosedur BKN

Plt Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto meminta seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan ujian di lapangan, termasuk panitia instansi untuk mengikuti standar prosedur BKN.

"Begitu juga dengan tim BKN yang turun ke lapangan mengawal pelaksanaan ujian, diminta untuk tetap tegak lurus terhadap ketentuan dan menegakkan aturan di lokasi ujian," kata Haryomo.

Tidak hanya itu, Ia juga mengingatkan para pelamar agar mengikuti tahapan seleksi yang disediakan pemerintah dan tidak berkompromi apalagi bertransaksi dengan oknum yang menjanjikan kelulusan lewat sejumlah uang.

"Pelamar harus lebih waspada terhadap praktik penipuan oleh oknum yang mengiming-imingi kelulusan tanpa melalui tahapan seleksi dan praktik kecurangan lainnya yang dapat merugikan peserta itu sendiri," pintanya.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.