Sukses

5 Hewan Terbesar di Dunia, Beratnya ada yang Mencapai 150 Ton

Selain Dinosaurus, ternyata ada beberapa spesies hewan terbesar di dunia yang saat ini masih ada di muka bumi. Tak tanggung-tanggung, bahkan ada seekor hewan yang beratnya bisa mencapai lebih dari 100 ton.

Liputan6.com, Jakarta Terdapat banyak sekali jenis-jenis hewan yang hidup di dunia, mulai dari ikan, serangga, hingga mamalia. Di antara hewan tersebut, ada yang mendapat predikat sebagai hewan terbesar di dunia.

Melihat hewan seperti kucing, anjing, hingga sapi mungkin sudah biasa. Namun, bagaimana jika melihat hewan berukuran besar secara langsung? Pasti akan muncul rasa kagum sekaligus ngeri karena takut dimangsa. 

Jika berbicara mengenai hewan terbesar di dunia, mungkin sebagian orang langsung membayangkan Dinosaurus, reptil purba yang kini telah punah. Namun, selain dinosaurus ternyata ada beberapa spesies hewan terbesar di dunia yang saat ini masih ada di muka bumi. Tak tanggung-tanggung, bahkan ada seekor hewan yang beratnya bisa mencapai lebih dari 100 ton.

Melansir dari berbagai sumber, Jumat (3/11/2023), terdapat 5 hewan terbesar di dunia. Penasaran ada hewan apa saja? Yuk kita simak selengkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Paus Biru

Hewan terbesar di dunia yang menempati peringkat pertama jatuh kepada paus biru (Balaenoptera musculus). Hewan ini memiliki panjang tubuh mencapai 35 meter dengan berat antara 130-150 ton. 

Selain itu, hewan ini juga mempunyai suara terkeras di bumi. Ia bisa mengeluarkan suara hingga mencapai 188 desibel, di mana lebih keras dari mesin jet yang hanya bisa mengeluarkan suara sebesar 140 desibel. 

Hewan ini hanya dapat dijumpai di alam liar dan karena jumlahnya yang sudah sangat langka. Dana Point, California, adalah destinasi terbaik untuk melihatnya, terutama saat musim panas.

3 dari 11 halaman

2. Hiu Paus

Hiu paus (Rhincodon typus) menempati peringkat kedua sebagai hewan terbesar di dunia setelah paus biru. Hewan ini memiliki panjang rata-rata 12 meter dan berat lebih dari 21 ton. Meskipun namanya menyeramkan, hiu paus adalah makhluk ramah yang makan plankton, kril, dan hewan kecil.

Habitatnya adalah di lautan tropis yang hangat, termasuk perairan Indonesia seperti Teluk Cendrawasih dan sekitar Desa Kwatisore dan Desa Botubarani di Gorontalo. Anda juga dapat menemukan mereka di berbagai lokasi lain di seluruh dunia, termasuk Meksiko, Australia, Honduras, dan lepas pantai Timur Afrika.

4 dari 11 halaman

3. Burung Unta

Burung unta (Struthio camelus) adalah hewan terbesar yang saat ini masih hidup dan menempati peringkat ketiga hewan terbesar di dunia. Burung unta jantan memiliki tinggi hingga mencapai 2,7 meter, sementara betina sekitar 1,8 meter.

Dengan berat mencapai 156 kg. Hewan ini bisa berlari cepat, mencapai 70 km/jam.

5 dari 11 halaman

4. Gajah Semak Afrika

Gajah Semak Afrika (Loxodonta africana) memegang peringkat keempat sebagai hewan terbesar di dunia. Hewan ini memiliki tinggi mencapai 3,3 meter, panjang sekitar 7,5 meter, dan berat hingga 6 ton. 

Hewan ini bisa ditemukan di berbagai taman nasional Afrika. Destinasi terbaik untuk bertemu langsung dengan hewan ini adalah Taman Nasional Chobe di Botswana, Taman Nasional Amboseli di Kenya, dan Greater Kruger Area di Afrika Selatan.

6 dari 11 halaman

5. Buaya Air Asin

Buaya Air Asin (Crocodylus porosus) menempati peringkat kelima sebagai hewan terbesar di dunia. Buaya dikenal sebagai salah satu predator buas yang cukup ditakuti. 

Hewan ini bisa tumbuh hingga 7 meter dan berat mencapai 2 ton. Mereka tersebar luas di Australia, Asia Tenggara, India, Sri Lanka, dan Bangladesh. Sedangkan di Indonesia, mereka tersebar di Pantai Ujung Genteng di Geopark Ciletuh, dan Sukabumi.

7 dari 11 halaman

Apa Hewan Terbesar di Dunia yang sudah Punah?

Mamut adalah genus gajah purba yang telah punah. Mamut memiliki ukuran tubuh lebih besar daripada gajah modern, dengan tinggi lebih dari 4 meter dan berat melebihi 6 ton.

8 dari 11 halaman

Hewan Apa yang Paling Cerdas di Laut?

Paus Orca merupakan salah satu mamalia terpintar. Hewan ini memiliki kapasitas otak terbesar kedua setelah paus sperma. Otaknya hampir empat kali lebih besar dari otak manusia, menjadikannya hewan dengan kecerdasan tinggi.

9 dari 11 halaman

Hewan Apa yang Pintar Bernyanyi?

Ini dia 5 hewan yang bisa bernyanyi dan memiliki suara indah:

  • Toadfish
  • Burung
  • Paus Bungkuk
  • Katak Pohon
  • Tupai Antelope
10 dari 11 halaman

IQ Lumba-Lumba Berapa?

Lumba-lumba adalah hewan paling cerdas di dunia setelah manusia. Mereka memiliki kemampuan belajar yang lebih baik dari lingkungannya. IQ lumba-lumba adalah 1,67 yang lebih tinggi dari anjing.

Mereka memiliki otak kompleks yang membantu dalam ekolokasi untuk berkomunikasi dan bernavigasi. Pembentukan kelompok dan berburu membutuhkan banyak perencanaan dan kerja sama. Sebagai hewan dengan ukuran otak yang hanya kedua setelah manusia, lumba-lumba juga dapat melakukan pemahaman bahasa.

11 dari 11 halaman

Hewan Apa yang Paling Penurut?

Ini dia 5 hewan paling penurut:

  • Anjing
  • Kucing
  • Kuda
  • Burung Merpati 
  • Domba

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini